Blog

Jasa Konsultan Manajemen Bisnis Pemasaran Surabaya Call 0818521172 081252982900 Wa

Tidak ada organisasi yang tidak memiliki tujuan untuk meningkatkan penjualan. Semuanya pasti ingin terus mengembangkan perusahaan dengan datangnya penjualan yang memuaskan. Disinilah pentingnya strategi penjualan.

Strategi penjualan Anda adalah rencana dan tujuan tingkat tinggi di balik taktik penjualan khusus yang digunakan tim Anda untuk terhubung dan mengonversi calon pelanggan. Dalam artikel kali ini akan kami paparkan beberapa strategi penjualan yang bisa Anda praktikkan.

1. Lakukan riset pelanggan secara mendalam

Strategi penjualan yang tidak didasarkan pada riset pelanggan yang mendalam tidak terlalu strategis.

Seluruh ide penjualan adalah untuk memahami apa yang memotivasi pembeli Anda dan tantangan apa yang mereka hadapi, dan kemudian membangun kepercayaan dengan menunjukkan kepada mereka bahwa Anda berempati dengan situasi mereka dan bahwa Anda dapat membantu mereka menyelesaikannya.

Anda hanya akan mengumpulkan informasi ini dengan berbicara dengan pembeli Anda, bukan dengan membuat generalisasi atau asumsi yang luas.

Anda memiliki 2 alat hebat untuk menangkap data ini:

Sementara wawancara, secara keseluruhan, lebih baik untuk menangkap wawasan yang mendalam, survei ideal untuk mengumpulkan informasi kuantitatif pada basis besar pelanggan yang sudah ada.

Dengan menggunakan survei, Anda dapat menggali jawaban seperti:

* Platform media sosial mana yang digunakan pelanggan Anda
* Pesaing mana yang biasanya menjadi bagian dari rangkaian pertimbangan mereka?
* Fitur produk mana yang paling mereka gunakan dan hargai

Kemudian, koordinasikan wawancara pelanggan untuk menangkap lebih banyak wawasan kualitatif.

Baca juga: persiapan penting sebelum datang ke pertemuan penjualan

Ajukan pertanyaan riset pelanggan seperti:

* Mengapa Anda memilih kami daripada pesaing kami?
* Apa dampak [fitur] pada Anda sehari-hari?
* Jelaskan saat Anda menyadari bahwa Anda [menghadapi tantangan bersama]

Tapi bukan hanya pelanggan Anda yang harus Anda ajak bicara. Anda juga harus mewawancarai bukan pelanggan Anda. Ini berguna untuk mencari tahu mengapa mereka memilih untuk tidak membeli dari Anda pada akhirnya.

Terakhir, wawancarai perwakilan penjualan Anda. Berusahalah untuk menggali informasi yang sama tetapi dari sudut pandang mereka.

Sebagai tenaga penjualan, mereka secara intuitif akan memahami tantangan umum dan apa artinya bagi pelanggan dan sering kali memiliki pengetahuan yang lebih baik daripada pelanggan itu sendiri. Bagaimanapun, mereka telah melihatnya (dan memecahkannya) ribuan kali.

2. Jalankan analisis pesaing

Strategi penjualan yang baik membedakan Anda dari pesaing Anda. Tentu, Anda akan memiliki banyak fitur dan manfaat yang tumpang tindih, tetapi jika Anda dapat menemukan hal yang membedakan Anda dari yang lain, Anda akan dapat memojokkan bagian pasar Anda.

Tinjau situs web pesaing, harga, dan proposisi nilai. Cari tumpang tindih dan hal-hal yang dikatakan orang lain.

Kemudian bandingkan milikmu. Manakah dari properti nilai dan pesan penjualan Anda yang sama? Yang mana yang berbeda? Gandakan yang terakhir.

3. Uraikan tujuan strategis Anda

Inilah saatnya untuk memahami dengan jelas tujuan organisasi Anda, khususnya tim penjualan Anda.

Beberapa contoh umum dari sasaran penjualan strategis meliputi:

* Meningkatkan penjualan berulang
* Menutup pelanggan baru
* Menjual lebih banyak ke akun yang ada
* Menumbuhkan kesadaran merek
* Memperoleh lebih banyak akun bernilai tinggi

Namun, sasaran umum saja masih belum cukup. Anda harus masuk lebih dalam dan lebih spesifik terhadap tujuan Anda.

Baca juga : 9 poin penting yang mempengarui orang dalam penjualan

Ambil tujuan tingkat tinggi “Dapatkan lebih banyak akun bernilai tinggi.” Kita perlu menjawab beberapa pertanyaan penting di sini:

* Apa sebenarnya akun bernilai tinggi itu?
* Berapa banyak lagi yang perlu kita dapatkan?
* Kapan kita membutuhkan mereka?

Tujuan yang lebih baik dan lebih spesifik akan terlihat seperti ini:

“Dapatkan 10 akun tambahan 1 M pada akhir Kuartal 3.

4. Kembangkan pesan penjualan Anda

Pesan penjualan adalah proposisi nilai yang Anda komunikasikan kepada pelanggan Anda di seluruh saluran penjualan — yang membedakan Anda dari pesaing Anda dan beresonansi dengan tantangan utama.

Itu adalah kata-kata yang Anda gunakan untuk mengatakan, “Hei, kami tahu apa masalah Anda, dan kami dapat membantu Anda memperbaikinya.”

Pesan penjualan terlibat dalam:

* Salinan situs web
* Email
* percakapan penjualan
* pesan SMS
* Demonstrasi penjualan
* Postingan media sosial

Pada dasarnya, di mana pun Anda berkomunikasi dengan pelanggan.

5. Memetakan perjalanan pelanggan

Riset pelanggan Anda harus memberi Anda wawasan tentang langkah-langkah yang diambil pelanggan Anda selama proses pembelian. Dalam dunia pemasaran, kami menyebutnya perjalanan pelanggan.

Petakan perjalanan pelanggan dengan menyusun berbagai langkah yang diambil pembeli untuk menemukan dan mempelajari tentang Anda dan kemudian menilai Anda dibandingkan pesaing. Kemudian, ambil yang paling umum (kami mencari jalur rata-rata di sini — perjalanan setiap pelanggan akan sedikit berbeda), dan memetakannya secara berurutan.

Info lanjutan silahkan klik di SINI : info lanjutan

Kesimpulan

Penelitian dan perencanaan yang mendalam adalah dasar dari strategi penjualan yang sukses. Setelah Anda memiliki strategi itu, gunakan untuk menginformasikan taktik spesifik yang akan Anda gunakan, lalu mulai lah bekerja.

Semoga artikel di atas bermanfaat bagi pembaca, apabila pembaca membutuhkan informasi lebih lanjut dan membutuhkan TRAINING PENJUALAN, MEMBANGUN TIM PENJUALAN DAN Merapikan manajemen serta bermanajemen -AUTOPILOT, silahkan hubungi kami di SINI.