Blog

10 Pengertian Observasi Menurut Para Ahli Sosiologi Kelas 10

RG Squad, misalnya kamu sedang memperhatikan anggota tubuh serangga dengan menggunakan kaca pembesar. Berarti, kegiatan apakah yang kamu lakukan? Ya, benar! Itu namanya observasi? Nah, secara akademis setidaknya ada 10 jenis pengertian observasi yang telah disampaikan oleh para ahli. Hmm… apa saja ya? Check these out!

1. Nawawi dan Martini
Nawawi dan Martini menjelaskan bahwa observasi merupakan kegiatan mengamati, yang diikuti pencatatan secara urut. Hal ini terdiri atas beberapa unsur yang muncul dalam fenomena di dalam objek yang diteliti. Hasil dari proses tersebut dilaporkan dengan laporan yang sistematis dan sesuai kaidah yang berlaku.

2. Prof. Heru
Observasi merupakan pengamatan yang sebuah studi kasus atau pembelajaran yang dilakukan dengan sengaja, terarah, urut, dan sesuai pada tujuan. Pencatatan pada kegiatan pengamatan disebut dengan hasil observasi. Hasil observasi tersebut dijelaskan dengan rinci, tepat, akurat, teliti, objektif, dan bermanfaat.

3. Hanna Djumhhana
Observasi merupakan suatu metode ilmiah yang masih menjadi acuan dalam ilmu pengetahuan empiris sebagai cara yang sering digunakan untuk mengumpulkan data.

Seorang anak sedang melakukan observasi terhadap kupu-kupu

(sumber: perpusku.com)

Baca juga: Pengertian, Ciri-ciri, dan Jenis-jenis Konsep Diferensiasi Sosial

4. Sutrisno Hadi
Observasi ialah proses yang kompleks, terdiri dari berbagai macam proses biologis maupun proses psikologis. Namun, proses yang paling penting ialah ingatan dan pengamatan.

5. Sudjana
Pengertian observasi adalah metode penelitian untuk mengukur tindakan dan proses individu dalam sebuah peristiwa yang diamati.

6. Patton
Observasi merupakan metode yang akurat dalam mengumpulkan data. Tujuannya ialah mencari informasi tentang kegiatan yang berlangsung untuk kemudian dijadikan objek kajian penelitian.

7. Karl Welek
Observasi ialah pencatatan, pemilihan, penyusunan, penandaan, penggantian dari rangkaian proses tingkah laku dan suasana yang memiliki hubungan dengan organisasi tertentu.

8. Sugiyono
Sugiyono menyatakan bahwa observasi dalam arti sempit merupakan proses penelitian mengamati situasi dan kondisi.

9. Suharsimi Arikunto
Observasi merupakan pengamatan langsung terhadap suatu objek yang ada di lingkungan yang sedang berlangsung meliputi berbagai aktivitas perhatian terhadap kajian objek dengan menggunakan pengindraan.

10. Gibson dan Mitchell
Observasi merupakan teknik untuk menyeleksi dalam penentuan keputusan dan konklusi terhadap orang lain yang diamati.

Berdasarkan beberapa pengertian observasi dari para ahli tersebut, kini kita dapat mengambil kesimpulannya. Secara umum, observasi ialah aktivitas untuk mengetahui sesuatu dari fenomena-fenomena. Aktivitas tersebut didasarkan pada pengetahuan dan gagasan yang bertujuan untuk mendapatkan informasi dari fenomena yang diteliti. Informasi yang didapat harus bersifat objektif, nyata, dan dapat dipertanggungjawabkan.

Nah, sekarang masih mau lagi belajar sosiologi dengan materi lainnya? Tonton videonya di ruangbelajar yuk, dan buatlah #BelajarJadiMudah!