Blog

Pengertian Etika Bisnis Menurut Ahli Tujuan Dan Contohnya

Kuliahpendidikan.com – Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang pengertian etika bisnis menurut para ahli, tujuan dan contohnya yang akan kita jelaskan seperti yang ada dibawah ini.

> Pengertian etika bisnis adalah pengetahuan tentang cara ideal pengeturan dan pengelolaan bisnis yang memperhatikan norma yang berlaku secara universal serta implementasi norma dan moralitas untuk menunjang maksud dan tujuan kegiatan bisnis

Etika bisnis dapat diartikan dengan suatu pengetahuan mengenai tata cara ideal dalam mengelola bisnis dan memperhatikan norma dan moralitas yang berlaku secara universal, social dan ekonomi.

Setiap perusahaan harus memperhatikan dan menjalankan etika-etika yang berlaku, misalnya taat kepada hukum dan peraturan yang berlaku. Adapun beberapa prinsip etika bisnis adalah sebagai berikut:

* Jujur dalam berkomunikasi dan bersikap
* Memiliki komitmen dan memenuhi janji
* Memiliki integritas
* Memiliki loyalitas

Dibawah ini iyalah pengertian etika bisnis menurut para ahli antara lain sebagai berikut :

Menurut Yosephus, adalah wilayah penerapan prinsip-prinsip moral umum pada wilayah tindak manusia di bidang ekonomi, khususnya bisnis. secara hakikatnya sasarannya iyalah perilaku moral pebisnis yang terlibat padaberkegiatan ekonomi.

Menurut Hill dan Jones, merupakan suatu ajaran untuk membedakan antara yang salah dan yang benar. Hal ini dapat memberikan pembekalan kepada setiap pemimpin perusahaan ketika mempertimbangkan untuk mengambil keputusan strategis yang terkait dengan masalah moral yang kompleks.

Menurut Velasques, adalah studi yang dikhususkan mengenai moral yang benar dan salah. Studi ini berfokus pada standar moral sebagaimana yang telah diterapkan dalam kebijakan, institusi, dan perilaku bisnis.

merupakan standar etika yang berhubungan secra langsung dengan tujuan dan cara pengamengambilan suatu keputusan bisnis.

Baca Juga: Etika – Pengertian Menurut Ahli dan Jenis – Jenisnya

Tujuan Etika Bisnis
untuk para pengusaha, tujuan etika dalam berbisnis digunkan untuk meningkatkan kesadaran moral serta membuat batasan – batasan untuk para pelaku bisnis serta menjalankan good business.

Para pengusaha harus memiliki pemahaman bahwa monkey business atau praktek bisnis kotor hanya akan merugikan banyak pihak, termasuk dirinya sendiri pada akhirnya.

Pemahaman dan pelaksanaan etika dalam berbisnis dengan baik akan membawa suatu perusahaan ke arah manajemen bisnis yang baik sehingga memiliki citra yang baik di mata semua orang.

Pada Intinya, bisnis yang menerapkan etika berbisnis yang baik pada umumnya tidak melanggar hukum yang berlaku, tidak akan merugikan pihak lain, dan menjaga kondisi bisnis tetap kondusif.

Contoh Etika Dalam Berbisnis
Dalam praktiknya ada beberapa contoh sederhana etika dalam berbisnis. Berikut ini adalah beberapa contoh etika dalam bisnis yang dilakukan seharo-hari:

Pada Umumnya para pengusaha yang menyebutkan nama seseorang secara lengkap pada saat bertemu dengan orang – orang baru, contohnya seperti calon partner bisnis. Ini adalah cara sederhana yang biasa dilakukan oleh pengusaha dengan memiliki etika baik.

Namun, terkadang cukup menyebutkan nama singkat saja bila memang nama orang tersebut terlalu panjang atau sulit diucapkan.

Pada umumnya, para pengusaha yang beretika baik melakukan hal ini. Dengan kita berdiri pada saat berkenalan maka seseorang akan merasa dihargai dan diperlakukan dengan baik.

Namun, bila situasi tidak memungkinkan maka dengan cara membungkuk dapat dilakukan untuk menunjukkan bahwa seseorang punya sikap positif terhadap orang lain.

Ucapan “terimakasih” merupakan kata sederhana namun memiliki dampak yang besar bagi banyak orang. Dengan mengucapkan terimakasih, maka ini menunjukkan bahwa seseorang menghargai orang lain.

Pada beberapa keadaan Tidak jarang pertemuan dengan pada rekan bisnis dilakukan di luar, misalnya mengundang rekan bisnis untuk makan siang bersama di restoran. Pihak yang mengundang atau tuan rumah sebaiknya yang membayar tagihan tersebut.

Baca Juga:

Demikianlah penjelasan tentang tentang pengertian Etika Bisnis menurut para ahli, tujuan dan contohnya yang telah dijelasakan diatas semoga dapat bermanfaat untuk teman teamn sekalian. Terima kasih