Blog

Pengertian Teknologi Informasi Menurut Para Ahli Beserta Manfaatnya

Ilustrasi – perkembangan teknologi informasi dan komunikasi (Freepik)

Editor: Tanti Malasari – Rabu, 9 Maret 2022 | 17:40 WIB

Sariagri -Zaman sekarang perkembangan teknologi semakin meningkat drastis. Hal ini membuat semakin banyak pula bidang yang ada dan perlu untuk dikembangkan. Salah satu diantaranya adalah teknologi informasi dan komunikasi. Pengertian teknologi informasi dan komunikasi atau disingkat dengan TIK adalah segala kegiatan yang terkait dengan pemrosesan, pengelolaan dan penyampaian atau pemindahan informasi antar sarana atau media.

Pengertian teknologi informasi dan teknologi komunikasi

Teknologi informasi dan komunikasi pada dasarnya terdiri dari dua aspek yaitu teknologi informasi dan teknologi komunikasi. Secara singkat pengertian dari teknologi informasi adalah suatu ilmu yang digunakan untuk mengolah informasi, atau yang yang berkaitan dengan proses manipulasi data dan pengelolaan informasi. Teknologi ini terdiri dari perangkat keras, perangkat lunak, proses dan sistem yang digunakan untuk membantu proses komunikasi. Contoh teknologi informasi adalah penggunaan komputer.

Sementara teknologi komunikasi adalah segala sesuatu yang berkaitan dengan penggunaan alat bantu untuk memproses dan memindahkan informasi dari dengan proses penyampaian atau pengiriman informasi dari pengirim ke penerima. Contoh teknologi komunikasi adalah telepon dan televisi. Setelah mengetahui pengertian dari keduanya, bisa disimpulkan bahwa kedua teknologi tersebut merupakan teknologi padanan yang tidak terpisahkan. Dalan arti, kedua teknologi ini saling berkaitan erat satu sama lain.

Pengertian teknologi informasi menurut para ahli

Pada dasarnya teknologi informasi ini merupakan bidang yang berkaitan erat dengan perkembangan teknologi. Pasalnya tanpa adanya teknologi informasi, bisa dipastikan perkembangan yang terjadi tidak akan bisa semaju ini. Untuk lebih memahami apa pengertian teknologi informasi, mari kita merujuk pada beberapa pendapat dari ahli berikut ini:

1. Haag dan Keen (1996)

Pengertian mengenai teknologi informasi menurut Haag dan Keen bahwa teknologi informasi adalah seperangkat alat yang membantu manusia dalam bekerja, dengan informasi dan melakukan tugas-tugas yang berhubungan dengan pemrosesan informasi.

2. Oxford English Dictonary (OED)

Teknologi informasi adalah hardware dan software dan bisa termasuk di dalamnya jaringan dan telekomunikasi yang biasanya dalam konteks bisnis atau usaha.

3. Williams dan Sawyer (2003)

Menurut Williams dan Sawyer, bahwa pengertian teknologi informasi adalah teknologi yang menggabungkan komputasi (komputer) dengan jalur komunikasi kecepatan tinggi yang membawa data, suara, dan video.

4. Martin (1999)

Menurut Martin, pengertian teknologi informasi merupakan teknologi yang tidak hanya pada teknologi komputer (perangkat keras dan perangkat lunak) yang akan digunakan untuk memroses dan menyimpan informasi, melainkan mencakup teknologi komunikasi untuk mengirim atau menyebarluaskan informasi.

Manfaat teknologi informasi dan komunikasi

Setelah mengetahui pengertian teknologi informasi dan komunikasi, saatnya kita mengulas manfaatnya. Ada banyak sekali manfaat TIK yang bisa kita rasakan dalam kehidupan modern saat ini, diantaranya adalah:

1. Media untuk bertukar informasi

Manfaat TIK ini dapat kita lihat dari banyaknya media yang bermunculan, baik itu media cetak maupun media online. Media-media disini dapat digunakan dengan mudah berkat perkembangan teknologi. Contoh sederhananya adalah dahulu masyarakat menggunakan media cetak, namun kini media cetak pun sudah mulai beralih menjadi media online.

2. Sarana komunikasi

Dapat dipastikan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi ini tentu akan memberikan dampak yang luar biasa pada sarana komunikasi. Seiring dengan perkembangannya, sarana komunikasi dapat berkembang menjadi lebih cepat. Bahkan saat ini, jangkauan yang dihasilkan juga mampu lebih luas. Hal ini dapat dilihat dari komunikasi yang bisa dilakukan bahkan dari satu negara ke negara lain.

3. Mempermudah pekerjaan

Manfaat TIK selanjutnya adalah mempermudah pekerjaan. Zaman dulu orang yang ingin melamar kerja harus menyiapkan berkas-berkas berupa surat lamaran atau sebuah dokumen dan harus datang ke lokasi dimana ia ingin melamar.

Namun berkat perkembangan teknologi informasi dan komunikasi, hal ini menjadi lebih mudah sebab pelamar tidak perlu datang ke lokasi untuk menyerahkan berkas. Dengan menggunakan surel, semua berkasi dapat terkirim. Begitupun dengan wawancara yang bisa dilakukan secara online melalui berbagai media yang sudah berkembang saat ini.

Baca Juga: Pengertian Teknologi Informasi Menurut Para Ahli, Beserta ManfaatnyaApa Arti Teknologi? Simak Ulasannya, Lengkap dengan Jenis dan Manfaatnya

4. Menghemat biaya

Manfaat lain dari teknologi informasi dan komunikasi, adalah menghemat biaya. Hal ini dapat dilihat dalam bidang pendidikan. Melakukan privat atau kursus secara online bisa menghemat biaya daripada dilakukan secara langsung atau offline.

5. Meningkatkan produktivitas pekerjaan

Dengan menggunakan teknologi informasi dan komunikasi, kini seseorang bisa melakukan banyak pekerjaan dengan mudah dan bersamaan. Tentu saja hal ini membuat pekerjaan tersebut menjadi lebih cepat selesai, sehingga mampu meningkatkan produktivitas seseorang dalam melakukan pekerjaannya.

Video Terkait