Blog

Pengertian Surat Menurut Para Ahli

Tampilkan Daftar Isi Artikel

Surat adalah salah satu alat komunikasi yg cara penyampainnya secara tertulis baik oleh individu maupun organisasi/intansi lain kepada pihak tertentu yang bertujuan untuk memberikan informasi, nah beberapa pengertian surat juga didefinisikan oleh beberapa ahli tentang apa itu surat.

Fungsi Surat:
1. Sebagai alat komunikasi tertulis
2. Sebagai wakil atau duta
3. Sebagai bahan bukti
4. Sebagai alat pengingat
5. Sebagai pedoman untuk mengambil keputusan lebih lanjut
6. Sebagai bukti sejarah dan kegiatan
7. Sebagai alat untuk memperpendek jarak, menghemat tenaga dan waktu

Baca juga: Apa itu NISN? Begini Cara Cek Secara Online dan Mencetaknya Berbentuk Kartu!

1). Djoko Purwanto
surat adalah sarana komunikasi yang digunakan untuk menyampaikan informasi tertulis oleh suatu pihak kepada pihak lain baik yang berkaitan dengan kegiatan bisnis maupun non bisnis.
2). Prajudi Atmosudirdjo
adalah helai kertas yang ditulis atas nama pribadi penulis atau atas nama kedudukannya dalam organsasi yang ditujukan pada alamat tertentu dan memuat bahan komunikasi.
3). Diana Nababan
adalah suatu alat komunikasi yang disajikan secara tertulis. Surat harus disajikan dengan baik karena surat secara tidak langsung memberikan gambaran tentang pribadi pengirimnya.
4). Iis Sopyan
adalah suatu model komunikasi tertulis yang memungkinkan seseorang saling memberikan informasi atau mempertukarkan ide.
5). J. Wajong
adalah pernyataan / ucapan tertulis terhadap satu atau beberapa orang yang tidak hadir.
6). Sugeng Rusmiwari
adalah alat komunikasi yang menggunakan bahasa tulisan dalam kertas yang sangat erat kaitannya dengan aktivitas manusia.
7). Agus Sugiarto
Surat sebagai suatu sarana komunikasi yang digunakan untuk menyampaikan informasi tertulis oleh suatu pihak kepada pihak lain. Dengan lebih jelasnya, Surat adalah alat komunikasi tertulis untuk menyampaikan pesan kepada pihak lain yang memiliki persyaratan khusus yaitu penggunaan kertas, penggunaan model/bentuk, penggunaan kode dan notasi, pemakaian bahasa yang khas serta pencantuman tanda tangan.
8). Ys. Mario
Surat adalah alat komunikasi tertulis atau sarana untuk menyampaikan pernyataan maupun informasi secara tertulis dari pihak satu ke pada pihak yang lain.
9). LG.Wursanto
Surat adalah suatu alat penyampaian informasi atau keterangan-keterangan (keputusan, pernyataan, pemberitahuan, permintaan, dan sebagainya) secara tertulis dari satu pihak kepada pihak lainnya.
10). Suhanda Panji
Surat adalah sehelai kertas atau lebih yang memuat suatu bahan komunikasi yang disampaikan oleh seseorang kepada orang lain baik atas nama pribadi maupun kedutaan dalam organisasi kantor.