Blog

Pengertian Seni Menurut Bahasa 10 Pendapat Para Ahli Lengkap

Tari Tombak Bali (TheJakartaPost)Ini adalah pengertian atau definisi seni menurut bahasa, kamus dan juga para ahli yang memberikan pendapatnya terkait arti seni. Salah satu bahasa yang akan memberikan pengertian seni adalah bahasa Indonesia yang sejatinya mempunyai fungsi dan kedudukan penting di dalam dunia seni itu sendiri.

Bagi Anda yang sedang mencari informasi ini, maka Anda tidak salah berada di dalam blog ini. Dan, memang ada banyak orang yang ingin cepat dalam menyelesaikan tugasnya, sehingga media internet atau Komunikasi Daring menjadi media pilihan di banding mencari informasi di perpustakaan buku.

Nah, bicara tentang pengertian seni, ada beberapa landasan untuk memahaminya secara baik dan benar. Kita harus dituntut mengetahuinya secara bahasa, kamus dan pendapat para ahli. Hal ini agar kita mengetahui dari berbagai sisi. Dan kini semua itu akan dirangkum dalam tulisan ini dari sumber beberapa media online yang berhasil Silontong kutip.

Seni berasal dari kata sani (Sanskerta) yang berarti pemujaan, persembahan dan pelayanan.

Sedangkan, Menurut Padmapusphita, kata seni berasal dari bahasa Belanda “genie” dalam bahasa Latin disebut “genius”, artinya kemampuan luar biasa yang dibawa sejak lahir , menurut kajian ilmu di eropa mengatakan “ART” yang berarti artivisual yaitu adalah suatu media yang melakukan suatu kegiatan tertentu.

Gambar Alat Musik Jepang Bon Odori via asiabookofrecords.comEveryman Encyklopedia
Menurut Everyman Encyklopedia, seni adalah segala sesuatu yang dilakukan orang, bukan atas dorongan kebutuhan pokoknya, melainkan karena kehendak kemewahan, kenikmatan, ataupun kebutuhan spiritual.

Ensiklopedi Indonesia
Di dalam Ensiklopedia Indonesia dinyatakan bahwa seni merupakan ciptaan segala hal karena keindahannya orang senang melihat atau mendengarkannya.

Setelah pengertian dari bahasa dan kamus, berikut biar lebih lengkap, pendapat dari para ahli. Silahkan dibaca.

1. Aristoteles
Seni adalah peniruan terhadap alam tetapi sifatnya harus ideal.

Lihat juga tentang arti sejarah menurut Aristoteles di postingan lain.

2. Plato dan Rousseau
Seni adalah hasil peniruan alam dengan segala seginya.

3. Ki Hajar Dewantara
Seni adalah segala perbuatan manusia yang timbul dari perasaan dan sifat indah, sehingga menggerakan jiwa perasaan manusia

4. Ahdian Karta Miharja
Seni adalah kegiatan rohani yang mereflesikan realitas dalam suatu karya yang bentuk dan isinya mempunya untuk membangkitkan pengalaman tertentu dalam rohaninya penerimanya.

5. Drs. Sudarmaji
Seni adalah segala manifestasi batin dan pengalaman estetis dengan menggunakan media bidang,garis,warna,tekstur,volume dan gelap terang.

6. Drs Popo Iskandar
Seni adalah hasil ungkapan emosi yang ingin di sampaikan kepada orang lain dalam kesadaran hidup bermasyarakat/berkelompok.

7. Prof. Drs. Suwaji Bastomi
Seni adalah aktivitas batin dengan pengalaman estetika yang menyatakan dalam bentuk agung yang mempunyai daya membangkitkan rasa takjub dan haru.

8. Schopenhauer
Seni adalah segala usaha untuk menciptakan bentuk-bentuk yang menyenangkan. Menurut tiap orang senang dengan seni musik meskipun seni musik adalah seni yang paling abstrak

9. Eric Ariyanto
Seni adalah kegiatan rohani atau aktivitas batin yang di refleksikan dalam bentuk karya yang dapat membangkitkan perasaan orang lain yang melihat atau mendengarkannya.

Ada dua pendapat ahli yang dijadikan satu, sehingga membuat nomor urutnya jadi cuma 9 saja. Padahal jika dipisahkan pendapat para ahli tersebut, maka bisa lebih dari 10.

Lihat juga: Pengertian Seni Tari Menurut Ahli

Demikian dahulu uraian informasi mengenai Pengertian Seni Menurut Bahasa, 10 Pendapat Para Ahli Lengkap. Semoga yang disampaikan ini memberikan manfaat kepada pembaca yang budiman.