Blog

Apa Itu Institusi Sosial Ini Definisinya Menurut Para Ahli

JAKARTA – Apa itu institusi sosial? Istilah institusi sosial mungkin masih terdengar asing di masyarakat. Kebanyakan masyarakat lebih mengenal institusi sosial dengan lembaga sosial. Lalu seberapa tahukah kalian mengenai apa itu institusi sosial?

Melansir dari Buku Menguasai IPS Sistem Kebut Semalam, berikut beberapa definisi institusi sosial menurut para ahli.

Pengertian Institusi Sosial Menurut Para Ahli

Leopold Von Weise dan Becker

Jaringan proses hubungan antar manusia dan antar kelompok yang berfungsi memelihara hubungan itu beserta pola-polanya yang sesuai dengan minat kepentingan individu dan kelompoknya.

Robert Mac Ivor dan C.H. Page

Prosedur atau tatacara yang telah diciptakan untuk mengatur hubungan antar manusia yang tergabung dalam suatu kelompok masyarakat.

Koentjaraningrat

Sistem tata kelakuan dan hubungan yang berpusat kepada akatifitas sosial untuk memenuhi kompleks-kompleks kebutuhan khusus dalam kehidupan masyarakat.

Soerjono Soekanto

Himpunan norma-norma dari segala tingkatan yang berkisar pada suatu kebutuhan pokok dalam kehidupan masyarakat.

Dari definisi diatas dapat disimpulkan bahwa institusi sosial adalah sistem sosial yang diciptakan melalui adat istiadat dan disesuaikan pada setiap daerah yang berfungsi untuk mengatur pola maupun serangkaian tata cara agar tercipta suatu hubungan bermasyarakat yang memiliki satu tujuan utama.

Adapun proses pertumbuhan institusi sosial yaitu sebagai berikut.

Secara Tidak Terencana

Institusi lahir secara bertahap dalam kehidupan masyarakat. Contoh: barter dianggap sudah tidak efisien dan menyulitkan, maka dibuatlah uang sebagai alat pembayaran yang diakul masyarakat, hingga muncul lembaga ekonomi seperti bank dan sebagainya.

Secara Terencana

Institusi muncul melalui suatu proses perncanaan yang matang yang diatur oleh seseorang ataul kelompok orang yang memiliki kekuasaan dan wewenang. Contohnya lembaga transmigrasi yang dibuat oleh pemerintah sebagai cara untuk mengatasi permasalahan kepadatan penduduk.

Itulah pengertian dan proses terbentuknya institusi sosial. Nah, bagaimana? Sekarang kalian sudah lebih paham kan?