Blog

Pengertian Komunitas Menurut Para Ahli

Jelaskan secara singkat pengertian komunitas menurut para ahli dan jelaskan pemahaman Anda akan hal ini. Komunitas sama maknanya dengan perkumpulan atau kumpulan orang-orang yang memiliki hobi atau keinginan yang sama.

Manusia adalah makhluk sosial, yang memerlukan saling interaksi dan komunikasi dimanapun berada dan kapan saja.

Kumpulan tersebut biasa disebut sebagai komunitas, yakni suatu kumpulan yang memiliki kesamaan tertentu.

Berdasarkan asal bahasanya maka komunitas berasal dari bahasa latin yakni komunitas yang berarti kesamaan, yang lalu turunannya ialah communis yang berarti sama, publik, dibagi sama rata secara banyak dan publik.

Kumpulan organisme yang memiliki kesamaan tertentu itulah komunitas.

Berikut ini adalah pengertian komunitas menurut para ahli.

Hillery, George Jr. (1955)
Dari hasil studinya tentang komunitas dalam psikologi rural, maka definisi komunitas menurutnya ialah sebagai suatu hal yang dibangun dengan secara fisik serta lokasi geografi dan juga berdasarkan pada kesamaan akan minat, kesukaan atau interest, ataupun kebutuhan atau needs, juga goal atau tujuan yang sama.

McMillan dan Chavis (1986)
Menurut mereka, komunitas ialah merupakan kumpulan dari para anggotanya yang mempunyai rasa saling memiliki, serta keterikatan antara satu sama lain dan juga percaya bahwa kebutuhan para anggota akan terpenuhi selama para anggota tersebut saling berkomitmen untuk secara terus bersama-sama.

George Hillery Jr.
Menurutnya komunitas ialah suatu kelompok sosial masyarakat yang tinggal di wilayah serta daerah yang sama guna melakukan hubungan sosial serta kontak sosial.

Dalam hal ini kelompok komunitas tersebut tinggal secara bersama dalam jangka waktu yang lama dan panjang dengan secara berkesinambungan dan terus menerus menetap.

Christensson dan Robinson
Definisi komunitas menurut mereka ialah sekelompok masyarakat yang tinggal di wilayah geografis yang sama guna melakukan kegiatan serta aktivitas sosial, dan ekonomi, juga kegiatan dan tindakan lainnya sesuai dengan keinginan dan juga harapan masyarakat, dengan tujuan yang sama.

Hendro Puspito
Menurut Hendro Puspito, komunitas merupakan suatu kelompok sosial ataupun kumpulan nyata, yang teratur, serta tetap dari individu-individu yang melaksanakan peran-perannya yang saling berkaitan dengan tujuan untuk mencapai tujuan bersama.

Soenarno
Menurutnya Komunitas ialah merupakan suatu identifikasi dan juga suatu interaksi sosial yang dibentuk dengan berbagai dimensi akan kebutuhan fungsional.

Kertajaya Hermawan
Komunitas ia definisikan sebagai sekelompok orang yang saling melakukan interaksi dan juga peduli satu sam lain, yang di dalamnya terjadi suatu relasi pribadi yang memiliki hubungan erat antara para anggota komunitas tersebut dikarenakan akibat adanya kesamaan interest ataupun kesamaan values.

Etienne Wenger
Komunitas ialah merupakan suatu kelompok sosial yang memiliki habitat lingkungan dan juga memiliki ketertarikan yang sama dalam suatu ruang lingkup keyakinan ataupun kepercayaan maupun jenis ruang lingkup yang lainnya.

Paul B. Horton dan Chaster L. Hunt
Menurut definisi mereka maka komunitas ialah merupakan suatu kelompok sosial ataupun suatu kumpulan manusia yang memiliki kesadaran akan keanggotaannya serta saling berinteraksi antara anggota yang satu dengan anggota yang lainnya.

Dewey, (Democracy and Education)
Ia melihat komunitas sebagai suatu bangunan yang terbentuk dari ikatan-ikatan kesamaan atau commonalities yang secara rumit lalu saling terkait melalui suatu jalinan komunikasi.

Zakapedia
Komunitas ialah suatu kumpulan dari berbagai populasi yang hidup di suatu waktu tertentu dan pada daerah tertentu yang saling berinteraksi dan juga saling mempengaruhi.

Komunitas mempunyai tingkat integrasi yang lebih kompleks jika dibandingkan dengan individu serta populasi.

Dalam masyarakat, seluruh organisme ialah merupakan bagian dari masyarakat beserta antar komponennya yang saling berhubungan dengan melalui beragam jenis interaksi.

Baca juga: Pengertian Inovasi Menurut Para Ahli.

World Health Organization – WHO (1974)
Komunitas merupakan kelompok sosial yang ditentukan oleh batas wilayah, nilai keyakinan dan minat yang sama, serta adanya saling mengenal dan interaksi antara masyarakat satu dengan yang lainnya.

Spradley (1985)
Menurutnya maka komunitas ialah merupakan sekumpulan orang yang lalu saling bertukar pengalaman yang penting di dalam hidupnya.

Koentjaraningrat (1990)
Pengertian komunitas dijelaskannya sebagai suatu kesatuan hidup manusia yang menempati suatu wilayah nyata tertentu serta yang saling berinteraksi menurut suatu sistem adat istiadat dan juga memiliki keterikatan pada suatu rasa identitas dalam komunitas tersebut.

Sounders (1991)
Menurut definisinya maka komunitas ialah merupakan tempat atau sekumpulan orang-orang atau suatu sistem sosial.

Wahit (2005)
Pengertian komunitas menurutnya ialah merupakan sekelompok individu yang sama-sama tinggal pada wilayah tertentu, dan juga mempunyai nilai-nilai keyakinan yang sama serta adanya minat yang juga relatif sama, dan adanya saling interaksi antara yang satu dengan yang lain untuk mencapai suatu tujuan bersama tertentu.

Manusia hidup tak bisa lepas dari suatu komunitas.