Blog

Pengertian Sejarah Geografi Dan Contohnya

Signifikasi geografi adalah hobatan nan mempelajari adapun manusia dan lingkungan. Ilmu geografi pun sudah suka-suka sejak berabad-abad lampau.

Untuk mengincar secara lebih dalam tentang pengertian geografi, mari kita simak definisi, sejarah, silang geografi itu seorang.

A. Definisi geografi
Istilah geografi berpokok dari bahasa Yunani.Geosignifikan bumi (dan makna luas lainnya yang terkait), dangraphosyang berguna “untuk menuliskan tentang”. Secara verbatim maka pengertian geografi adalah “untuk menuliskan tentang mayapada”.

Ilmu permukaan bumi sering diketahui sebagai ilmu yang mempelajari adapun negara, petak, dan masyarakat. Tetapi, geografi lebih dari itu.

Dilansir mulai sejak National Geographic, pengertian geografi merupakan ilmu yang mempelajari akan halnya tempat dan kekeluargaan antara manusia dengan lingkungan alam. Para ahli ilmu permukaan bumi mempelajari adat fisik bumi (tanah dan unsur-unsur yang membentuknya) serta awam yang jiwa di atasnya.

Mereka kembali meneliti bagaimana budaya makhluk berinteraksi dengan alam serta bagaimana lokasi dan tempat dapat memiliki dampak tertentu terhadap arwah manusia. Mempelajari ilmu permukaan bumi setimbang tetapi dengan mempelajari bagaimana sesuatu bermula, mengapa sesuatu ada, dan memahami bagaimana sesuatu boleh berkembang dan berubah seiring periode.

B. Sejarah singkat geografi
Geografi di bangsa Yunani kuno

Seperti yang tertulis di atas, istilah geografi datang dibuat oleh bangsa Yunani kuno. Mereka membutuhkan pembukaan yang dapat mengklarifikasi kegiatan menggambar dan menulis peta lakukan mencerna di mana posisi mereka hidup di bumi ini. Perhatian ini yang kemudian dianggap laksana awal penemuan ilmu ilmu permukaan bumi.

Tentu bukan hanya bangsa Yunani yang tertarik dengan mantra geografi semacam “menulis dan menggambar atlas” itu. Sejauh album roh manusia, banyak nasion nan kembali mencoba memahami medan di mana mereka tinggal dan hidupi, serta hubungan antara masyarakat dengan lingkungan di sekitarnya.

Geografi di nasion Mukminat

Selama abad medio (500 – 1500 M), geografi tidak juga menjadi aji-aji utama nan dipelajari di Eropa. Sejak waktu ini pula, bangsa muslim di Semenanjung Arab dan sebagian Afrika Lor sangat fokus mempelajari geografi.

Bangsa muslim yang juga para tukang geografi ini pula yang menemukan konsep peta persegi tingkatan dan bergaris-garis, seperti yang kita gunakan setakat waktu ini. Para jauhari muslim ini juga menerapkan pelajaran tentang insan dan agrikultur ke privat geografi, sama dengan menentukan jenis pertanian dan persediaan yang disesuaikan dengan kondisi spesifik habitat alias lingkungan.

Pengertian Biologi, Cabang Ilmu, sampai Sejarahnya

Geografi di bangsa China

Selain bangsa mukminat di Timur Paruh, kekaisaran China juga banyak berkontribusi pada ilmu ilmu permukaan bumi. Setakat sekeliling tahun 1500, China merupakan bangsa paling kecil mewah di dunia. Secara guna-guna sains, terutama plong ilmu astronomi, nasion China dikenal telah menorehkan bineka penemuan.

Sekitar tahun 1000, mereka juga sudah lalu menemukan salah satu temuan terbesar dalam hobatan geografi, yaitu bahwa nasion China yaitu bangsa yang pertama kali menggunakan kompas lakukan kebutuhan navigasional.

Di semula 1400-an, penjelajah bernama Cheng Ho memulai tujuh pelayaran ke berbagai daratan nan berbatasan dengan Laut China dan Samudera Hindia, serta mengukuhkan kekuasaan China di Asia Tenggara.

Zaman Penciptaan

Melalui pengelanaan di abad ke-13, penjelajah Italia bernama Marco Polo sparing tentang khasanah yang dimiliki bangsa China. Ketika rasa kepingin senggang semakin tinggi, suka-suka pula keinginan cak bagi berkedai dengan budaya Asia yang kaya, membuatnya termotivasi buat melayari dunia. Periode waktu antara abad ke-15 dan ke-17 dikenal di Barat bak Zaman Penjelajahan atau Zaman Rakitan.

Lega pertengahan tahun 1400-an, para penemu dari Eropa pun membantu penyebarluasan mantra geografi dengan membuat peta dan grafik. Banyak kapal-kapal dibuat dan sistem navigasi semakin diperbarui, sehingga kecermatan denah dan informasi geografis semakin baik.

Bangsa Eropa kemudian memperluas pengaruhnya di kancah menyeluruh dengan melakukan daerah jajahan ke seluruh dunia. Dengan transportasi, komunikasi, dan teknologi navigasi yang semakin mutakhir, bangsa seperti Inggris juga menaruh cucu adam-orangnya buat menduduki Amerika, Asia, Australia, dan Afrika.

Studi geografi terus berkembang seiring waktu

Disiplin geografi modern masih berakar semenjak praktik ilmu permukaan bumi kuno, yang fokus plong karakteristik tempat, khususnya pada lingkungan alamiah dan turunan yang lalu di lingkungan tersebut.

Para juru geografi terus mengobservasi suatu tanah ataupun tempat kerjakan mengarifi seperti barang apa mereka selayaknya, entah di masa lalu, waktu kini, maupun masa depan. Secara setia, karakter provinsi juga berubah-ubah. Studi akan halnya persilihan geografis satu tempat mesti menjadi perhatian utama para pandai ilmu permukaan bumi.

Seperti disimpulkan melalui pernyataan di atas, geografi kuno dan ilmu permukaan bumi modern yaitu satu keekaan nan serupa. Geografi maju masa kini akan menjadi geografi historis seiring berjalannya masa.

C. Cabang ilmu permukaan bumi
Simpang geografi dibagi menjadi dua: ilmu permukaan bumi hamba allah dan geografi bodi. Terserah kembali tambahan cabang ilmu permukaan bumi seperti mana ilmu permukaan bumi wilayah, kartografi, dan geografi terintegrasi.

Geografi manusia

Geografi manusia adalah riset geografi yang berusaha mengetahui latar belakang populasi khalayak, bagaimana interaksi dan persepsi yang dimiliki anggota populasi makhluk itu terhadap berbagai ideologi yang memengaruhi mereka.

Selain itu, ketaatan ini kembali mempelajari bagaimana sekelompok orang yang menghuni Bumi mengeset diri mereka sendiri di distrik tertentu yang mereka huni.

Penerapan geografi manusia contohnya terletak pada pemetaan migrasi insan, pergerakan sumber makanan dan bagaimana mereka berdampak pada umum, dan pula bagaimana dampak perlintasan iklim terhadap vitalitas umum.

Apa saja acuan studi geografi manusia?

* Geografi budaya
* Geografi ekonomi
* Ilmu permukaan bumi kesehatan
* Ilmu permukaan bumi sejarah
* Geografi politik
* Geografi populasi
* Geografi rural
* Geografi sosial
* Geografi transport
* Geografi urban

Geografi jasmani

Ilmu permukaan bumi raga berhubungan dengan karakteristik alamiah bumi. Karakteristik ini meliputi permukaan mayapada dan situasi-peristiwa yang mendekati permukaan bumi.

Geografi fisik memungkinkan kita untuk memetakan daratan dan melihat apa yang ada di radiks sepuhan es dan segara Dunia.

Apa saja contoh studi geografi jasad?

* Geomorfologi
* Klimatologi
* Hidrologi
* Biogeografi

Yang Harus Dilakukan Saat Gempa Mayapada, Marilah Belajar terbit Jepang!

Geografi wilayah

Beda dengan kedua simpang geografi di atas yang membincangkan secara luas, geografi wilayah lebih menguncup ke wilayah spesifik.

Geografi provinsi fokus pada aspek geografi budaya dan bendera yang unik di suatu tempat. Ilmu permukaan bumi negeri dapat mencangam pembagian lokasi dengan melihat daerah aliran sungai yang berbeda, atau cuma meluluk daerah rantau, dan sebagainya.

Contoh paling umum dari geografi daerah adalah negara.

Seperti yang kita tahu, dalam peta, terwalak garis-garis yang membatasi tiap negeri negara. Terkadang geografi sosok yang cak semau kerumahtanggaan suatu kawasan negara jauh lebih beraneka rupa dan bermacam ragam berpangkal yang kita duga.

Batas alami seperti mana batang air, gunung-gemunung, maupun lautan kadang kala bertelur ke penentuan garis perenggan wilayah suatu negara.

Pemahaman tentang faktor politik dan budaya pada studi geografi wilayah bisa membantu memberi kita gambaran yang lebih jelas lakukan mengerti kondisi manusia dan daerah nan terbentuk.

Kartografi

Pernah melihat atlas, bukan? Ambillah, ahli geografi yang menciptakan menjadikan peta lazimnya adalah ahli ilmu permukaan bumi yang mempelajari kartografi.

Secara awam, setiap manusia nan menekuni geografi harus memiliki pengetauan untuk dapat menjabarkan data ke privat peta.

Kartografi berfokus plong pendirian-mandu di mana seluruh prosedur pemetaan dapat dikembangkan dengan teknologi melewati pembuatan peta nan umumnya berkualitas lebih tinggi.

Geografi terintegrasi

Geografi terintegrasi (terpadu) lagi dikenal sebagai ilmu permukaan bumi mileu atau geografi manusia-lingkungan (human-environment geography).

Geografi terkonsolidasi fokus pada masalah ilmu permukaan bumi basyar dan raga dan menggabungkan keduanya.

Cabang geografi ini berguna untuk menggerutu manusia dan dampak yang kita rasakan pada lingkungan saintifik.

GIS dan teknologi penginderaan jauh dapat digunakan untuk menunjukkan di mana manusia secara fisik sudah lalu menidakkan lanskap lingkungan.

Drone, LiDAR, bintang siarah pengamatan bumi, dan foto udara adalah semua teknologi yang mutakadim digunakan para ahli geografi untuk mendukung mereka mempelajari Bumi.

Misalnya, kita dapat menentukan di mana lahan basah Irak telah mengering karena pemanfaatan perigi sentral air nan berlebihan di sana, dan di mana baru-bau kencur ini, upaya konservasi sudah lalu berdampak memperbarui sejumlah lahan basah ini.

Suka ilmu permukaan bumi? Ingin senggang pembahasan geografi terkini? Ayo baca National Geographic edisi terbaru Juli 2022.

Baca majalah National Geographic Edisi Juli 2022. Klik di sini.
Baca juga:

Pengertian Biologi, Cabang Ilmu, setakat Sejarahnya

Nan Harus Dilakukan Ketika Gempa Dunia, Silakan Belajar dari Jepang!

RUJUKAN:

Sam Houston State University

National Geographic

Britannica

Geography Realm

Sumber bagan:Unsplash.com/GeoJango Maps

Leave your vote
1
point

Upvote Downvote

Total votes: 1

Upvotes: 1

Upvotes percentage: 100.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Source: /pengertian-geografi/

Posted by: caribes.net