Blog

Pengertian Pemimpin Proses Prilaku Dan Karakteristiknya

Pengertian Pemimpin – Pemimpin secara singkat berarti orang yang memimpin suatu kumpulan seperti keluarga, komunitas masyarakat, suku, lembaga hingga negara. Setidaknya, seorang pemimpin mesti mempunyai sesuatu atau paling tidak seorang yang dipimpinnya. Misalnya dalam kehidupan pernikahan, maka suami ialah pemimpinnya.

Drs. H. Malayu S.P. Hasibuan mengatakan bahwa pemimpin ialah seseorang yang memiliki wewenang kepemimpinannya untuk menunjukkan bawahannya dalam menggarap sebagian dari pekerjaannya.

Sedangkan pemimpin menurut keterangan dari Robert Tanembaum yaitu mereka yang memakai sebuah wewenang secara formal dalam mengontrol semua bawahan yang bertanggung jawab, mengarahkan, mengorganisasikan, demi bagian kegiatan dikoordinasi dan menjangkau tujuan suatu perusahaan.

Pemimpin merupakan orang yang melaksanakan tugas dan tanggungjawab untuk memimpin dan dapat mempengaruhi orang yang dipimpinnya. Dengan menjadi seorang pemimpin berarti mesti siap guna pengayom rakyat. Artinya tidak saja memimpin tetapi pun ikut ambil unsur dalam menyejahterakan rakyat.

Pemimpin yang baik mesti dapat legowo dalam urusan apapun, berani untuk memungut resiko dan pun harus siap menerima kekalahan. Hasan Basri Agus dalam tugas kepemimpinannya, selalu mengkhususkan kesejahteraan rakyatnya. Beliau tidak jarang kali sigap ketika rakyatnya terdapat yang merasakan kesusahan dan butuh pertolongan beliau.

Memberikan perhatian dan pengobatan cuma-cuma kepada di antara rakyatnya yang menderita kanker mata adalahwujud kepedulian seoang pemimpin yang patut anda contoh. Senyum sapa dan keramahan beliau memang tak diragukan lagi. Sudah selayaknya seluruh pemimpin mengerjakan hal ini. Dengan menjadi pemimpin berarti ikut menikmati penderitaan rakyat.

Definisi pemimpin menurut keterangan dari beberapa para ahli dan dalam sejumlah kamus canggih diantaranya :

1. Ahmad Rusli (1999)
Menyatakan pemimpin merupakan individu insan yang diamanahkan memimpin subordinat (pengikutnya) ke arah menjangkau matlamat yang ditetapkan.

2. Miftha Thoha (1983 : 255)
Pemimpin yaitu seseorang yang memiliki keterampilan memimpin, dengan kata lain memiliki keterampilan untuk memprovokasi orang beda atau kumpulan tanpa mengindahkan format alasannya.

3. Kartini Kartono (1994 . 33)
Pemimpin yakni seorang individu yang memiliki kemampuan dan keunggulan khususnya kemampuan dan kclebihan disatu bidang, sampai-sampai dia dapat mempengaruhi orang-orang lain guna bersama-sama mengerjakan aktivitas-aktivitas tertentu, demi pencapaian satu atau sejumlah tujuan.

4. C. N. Cooley (1902)
Pemimpin adalah titik pusat dari sebuah kecenderungan, dan pada peluang lain, seluruh gerakan sosial kalau dicermati secara seksama akan bakal ditemukan kecenderungan yang mempunyai titik pusat.

5. Henry Pratt Faiechild (1994 : 33)
Pemimpin dalam pengertian merupakan seorang yang dengan jalan memprakarsai tingkah laku sosial dengan mengatur, mengarahkan, mengorganisir atau mengontrol usaha/upaya orang beda atau melewati prestise, dominasi dan posisi. Dalam definisi yang terbatas, pemimpin merupakan seorang yang membimbing, memimpin dengan pertolongan kualitas-kualitas persuasifnya dan akseptansi/ penerimaan secara sukarela oleh semua pengikutnya.

6. Sam Walton
Pemimpin besar akan berjuang menanamkan rasa percaya diri pada semua pendukung. Jika orang mempunyai percaya diri tinggi, maka anda akan terkejut pada hasil spektakuler yang bakal mereka raih.

7. Rosalynn Carter
Seorang pemimpin biasa membawa orang beda ke lokasi yang hendak mereka tuju. Seorang pemimpin yang spektakuler membawa semua pendukung ke lokasi yang barangkali tidak hendak mereka tuju, namun yang mesti mereka tuju.

Baca juga: Pengertian Prestasi Belajar

8. Jim Collin
Mendefinisikan pemimpin memiliki sejumlah tingkatan, terendah ialah pemimipin yang andal, lantas pemimpin yang menjadi unsur dalam tim, kemudian pemimpin yang mempunyai visi, tingkat yang sangat tinggi ialah pemimpin yang bekerja bukan menurut ego pribadi, namun untuk kebajikan organisasi dan bawahannya.

9. Modern Dictionary Of Sociology (1996)
Pemimpin (leader) merupakan seseorang yang menduduki peranan sentral atau posisi berpengaruh dan pengaruh dalam kumpulan (a person who occupies a central role or position of dominance and influence in a group).

10. C.N. Cooley dalam “ The Man Nature and the Social Order’
Pemimpin adalah titik pusat dari sebuah kecenderungan, dan sebaliknya, seluruh gerakan sosial, bila diamat-amati secara cermat, bakal ditemukan didalamnya kecenderungan-kecenderungan yang memiliki titik pusat.

11. J.I. Brown dalam “ Psychology and the Social Order”
Pemimpin tidak dapat diceraikan dengan kelompok, namun dapat di anggap sebagai sebuah posisi yang mempunyai potensi yang tinggi dibidangnya.

12. Ensiklopedia Administrasi
Pemimpin (Leader) merupakan orang yang melakukan pekerjaan atau proses memprovokasi orang beda dalam suatu kondisi tertentu, melewati proses komunikasi, yang ditunjukkan guna menjangkau tujuan/tujuan-tujuan tertentu.

Mengapa Pemimpin Diperlukan?
Seorang pemimpin dibutuhkan untuk menambah kesejahteraan, keamanaan dan kenyamanan untuk anggota atau masyarakat yang ia pimpin. Masing-masing orang memiliki keterampilan unik masing-masing, yang secara tidak sadar bisa memberikan peradaban pada masyarakat.

Nah, pemimpin tak butuh itu, ia melulu perlu memimpin dan menunjukkan orang-orang tersebut supaya berdaya guna sampai memberikan manfaat untuk organisasi dan semua anggotanya. Pun begitu dengan suatu negara. Negara adalah wilayah yang mempunyai sumber daya alam dan sumber daya manusia. Bayangkan andai negara tidak mempunyai pemimpin, dapat jadi seluruh akan kacau melulu karena setiap orang berusaha untuk makan.

Sebaliknya, jika ada pemimpin, ia dapat mengatur semua itu dengan hukum yang berlaku sampai-sampai semua patuh dan mengekor aturan dan negara dapat menjalankan kegunaannya untuk menambah taraf hidup masyarakat.

Baca juga: Pengertian Kalimat

Proses Terbentuknya Pemimpin
Berikut merupakan proses terbentuknya seorang pemimpin.

1. Dengan Sistem Demokrasi
Pemimpin dari sistem demokrasi bermunculan dari opsi anggota. Jadi guna menilai pemimpin baru seringkali sebuah organisasi/negara menciptakan acara pemilihan yang dilaksanakan oleh semua rakyatnya. Pemilihan ini dapat dengan langsung yakni seluruh anggota/warga menyerahkan suaranya, adapula yang melewati perwakilan atau parlemen.

2. Dengan Garis Keturunan
Ini seringkali berlaku dalam kerajaan. Ketika raja meninggal maka ia bakal digantikan oleh anaknya atau adiknya. Ini pun berlaku di sejumlah perusahaan, yayasan ataupun organisasi. Karena perusahaan atau yayasan itu dirasakan aset, sampai-sampai kekuasaan mesti tetap berada pada garis keturunan keluarga.

3. Dengan Kekerasan
Jangan berfikir pemimpin itu terbentuk sebab hal yang damai-damai saja. Pemimpin juga dapat muncul dengan paksaan dan kekerasan. Misalnya dalam masa penjajahan, penjajah datang menguasai wilayah jajahannya dan memaksa rakyatnya tunduk dan mengakui kepemimpinan mereka. Biasanya kepemimpinan seperti tersebut diterima sebab warganya tidak berdaya dan tidak mempunyai kekuatan apapun guna melawan.

Perilaku Ideal Seorang Pemimpin
* Pemimpin mesti merawat sikap baik
* Pemimpin dapat memberi perintah yang jelas, tegas, menyeluruh dan pantas
* Siap menerima saran dari bawahan
* Memperkuat rasa persatuan
* Memiliki Kecakapan konseptual
* Intelektual
* Bijaksana dan diplomatis
* Lancar berbicara
* Memiliki Kreativitas
* Mempunyai pengetahuan mengenai tugas kelompok
* Mempunyai kemampuan organisasi dan kemampuan sosial (Persuasif).

Karakteristik Seorang Pemimpin
Bagaimanakan seorang pemimpin disebutkan ideal? Apa saja kriteria-syarat yang mesti dipunyai seorang pemimpin? Untuk membalas pertanyaan-pertanyaan tersebut, perlu anda pahami bahwa seorang pemimpin ialah seorang yang di anggap memiliki keterampilan lebih daripada semua bawahannya.

Seseorang dipilih menjadi pemimpinan guna menunjukkan bawahannya dan di anggap mampu menangani suatu situasi yang sulit. Oleh sebab itu, dibutuhkan sejumlah karakteristik sebagai seorang pemimpin. Mengetahui ciri khas ini bermanfaat sebagai arahan dalam menolong kita menambah keterampilan leadership atau keterampilan memimpin kita. sejumlah karakteristik itu di antaranya sebagai berikut;

Seorang pemimpin mesti cakap dalam menunjukkan kinerja bawahannya. Artinya, sebagai pemimpin kita beraksi sebagai pengendali semua bawahan, guna mendapatkan sikap yang baik dari semua bawahan, usahakanlah bersikap tegas, berkata dengan pasti, dan terkadang memerlukan gaya bicara atau retorika yang baik dalam menunjukkan bawahan sampai-sampai anak buah anda merasa yakin atas sikap kepemimpinan kita.

2. Memahami persoalan secara lebih dalam
Pemimpin beraksi sebagai pemberi keputusan. Dalam sebuah permasalah, pemimpin pun memerlukan pandangan-pandangan atau masukan dari orang lain. masukan itu dapat menjadi referensi pemimpin dalam mengejar solusi suatu persoalan atau menyimpulkan sesuatu. Dalam menyimpulkan masalah, pemimpin mesti mempunyai pemahaman yang luas, pemahaman yang lebih dalam atas masalah, dan dapat memperkirakan apakah keputusan yang bakal di ambil ialah keputusan yang baik dan benar.

3. Pemimpin ialah orang yang mempunyai kompetensi
Pemimpin mesti berkompeten dengan masing-masing situasi yang dialaminya sampai-sampai kompetensi yang anda miliki berguna untuk setiap kondisi yang dihadapi. Pemimpin yang berkompeten ialah pemimpin yang cakap, kuat, berpendirian teguh, mempunyai pemahaman yang baik terhadap sebuah situasi, dan dapat menyesuaikan keputusannya baik dari sisi etika, moral, dan sebagainya.

Terdapat tiga sudut pandang yang dapat disaksikan dari diri pemimpin yang berkompeten. Yang kesatu, dapat disaksikan dari karakter orang tersbeut. Karakter itu antara lain ialah pekerja keras, optimis, kreatif, keawetan mental, jujur, bertanggung jawab, dan mempunyai komitmen terhadap apa yang ia pegang.

Yang kedua, saya dan anda bisa melihat dari segi pengetahuan luas akan dapat mengukur keputusan atau kepandaian yang bakal di buat, mengembangkan pikirannya mengenai bagaimana beraksi secara efektif, sistematis, dan efisien.

Yang ketiga, dapat disaksikan dari kecakapannya. Kecakapan pemimpin terletak pada bagaimana ia dapat mengintegrasikan kemampuannya dalam bersangkutan antarsesama insan serta menjalankan tugasnya untuk menjangkau tujuan yang diinginkan organisasi atau perusahaannya.

Baca juga: Pengertian Pendidikan Karakter

4. Mampu menyaksikan sesuatu cocok dengan tempatnya
Seorang pemimpin hendaknya dapat melihat sesuatu cocok dengan tempatnya. Contoh kecilnya, seseorang jangan mencampurkan antara masalah internal dengan masalah eksternal yang dirasakan dirinya dengan orang lain. urusan ini adalahpandangan untuk pemimpin untuk menanam permasalah cocok dengan konterksnya, yang dengan kata lain pemimpin mesti beranggapan secara adil.

5. Energi
Pemimpin mesti memiliki keterampilan mental dan fisik. Tanggung jawab seorang atasan tentu lebih banyak dari bawahannya, maka sangat diperlukan mental yang kuat. Mental yang powerful bersumber dari jati diri yang baik. Maka dari tersebut perlu untuk pemimpin untuk menambah kualitas karakteristiknya. Kemampuan mental akan dominan terhadap fisik, begitu juga sebaliknya.

6. Emosi yang stabil
Stabil berisi makna mengenai ketenangan, perasaan yang tidak gampang goyah sebab sesuatu, serta mempunyai sikap yang mantap. Stabil dalam emosi berarti bahwa seseorang mempunyai perasaan yang tenang dan tidak gampang goyah, tidak cepat emosi atau naik darah, tidak cepat berprasangka buruk dan mengerjakan justifikasi terhadap orang lain, serta memiliki keyakinan diri yang besar.

7. Hubungan antarmanusia dan keterampilan berkomunikasi
Manusia terbuat sebagai makhluk sosial yang dengan kata lain manusia ditakdirkan guna saling berkolaborasi dalam menjangkau tujuan hidupnya untuk mendapat hasil yang maksimal. Sebagai pemimpin, anda harus dapat membangun kerja sama dengan membulatkan perbedaan yang ada.

Komunikasi memiliki peran urgen dalam memengaruhi benak setiap individu. Kekuatan bahasa dapat mengubah benak atau keadaan hati seseorang, begitupun dengan komunikasi yang dilaksanakan antara pemimpin dengan semua bawahannya.

8. Motivasi dari diri sendiri
Pemimpin mesti mempunyai motivasi dari dirinya sendiri sebelum memotivasi yang lain. pemimpin yang dalam dirinya penuh semangat akan bertolak belakang dengan pemimpin yang menjalankan tugasnya sebab terpaksa. Pemimpin yang mempunyai motivasi untuk dirinya bakal lebih bertanggung jawab terhadap tugasnya, berjuang menjalankan tugasnya sebaik mungkin, mempunyai usaha yang lebih keras, lebih giat, serta dapat memberi teladan untuk orang beda lewat pandangan-pandangan hidup yang menjadi motivasinya.

9. Kemampuan mengajar
Kemampuan ini sangat diperlukan mengingat peran pemimpin ialah mengarahkan bawahannya. Bawahan butuh mendapat pengarahan yang jelas tentang apa yang mesti dilakukannya. Pengarahan adalahkunci dari apa yang dilaksanakan para bawahan dalam menjalankan tugas dari pemimpin. Pemimpin mesti memakai istilah yang jelas, instruksi yang tepat, dan tidak berbelit-belit, serta pemakaian kata yang mudah dicerna bawahannya.

10. Kemampuan sosial
Kemampuan ini bermanfaat demi terciptanya kepercayaan, baik antar pemimpin dengan bawahan ataupun bawahan dengan pemimpinnya. Kemampuan sosial sehubungan dengan etika bagaimana pribadi berinteraksi dengan lainnya. Bersikap baiklah untuk bawahan, tanamkan iklim yang nyaman dalam lingkungan kepemimpinan anda dengan saling menolong, bekerja sama, bersikap terbuka, ramah, bergauh dengan luwes, sampai-sampai tidak terdapat kekakuan yang terjadi antara sesama pribadi dalam lingkungan tersebut.

11. Kemampuan teknis
Kemampuan teknis merupakan hal pokok yang mesti dipunyai pemimpin. Kemampuan ini penting sebab pemimpin mesti memahami suatu kegiatan atau program yang bakal dijalankan. Kemampuan ini dipakai sebagai penduan dalam menunjukkan bawahan. Pemimpin mesti pandai dalam meneliti dan menjalankan faedah manajemen laksana merencanakan dan mengorganisasi. Keterampilan ini juga diperlukan karena sehubungan dengan bagaimana pemimpin dalam mendelegasikan wewenang, memungut keputusan, dan merangkai konsep dengan baik.

Demikianlah penjelasan tentang Pemimpin dari RuangPengetahuan.Co.Id semoga bermanfaat dan menambah wawasan kalian, sampai jumpa.