Blog

Pengertian Komputer Secara Umum Dan Lengkap Menurut Para Ahli

Lampung.co – Sebagai pengguna komputer, tentunya Anda sudah tidak asing dengan perangkat-perangkat yang menunjang komputer. Salah satunya adalah brainware (user). Meskipun semua perangkat komputer itu saling berhubungan satu sama lain. Tentunya Anda penasaran bukan dengan pengertian, contoh dan juga fungsi dari user. Untuk lebih jelasnya simak ulasan di bawah ini.

Pengertian Brainware
Memang, brainware adalah manusia yang mampu menggunakan dan menjalankan perangkat lunak atau perangkat keras pada komputer. Tugas utama orang ini adalah merancang bagaimana perangkat komputer akan bekerja sesuai dengan hasil yang diinginkan.

Singkatnya, pengertian brainware adalah manusia yang memiliki keterampilan dan keahlian untuk mengoperasikan dan mengelola kinerja perangkat lunak dan perangkat keras. Brainware juga sering disebut sebagai alat intelektual yang digunakan untuk menemukan kemampuan perangkat keras dan perangkat lunak komputer.

Fungsi Brainware
Selain dapat menjalankan dan menggunakan perangkat komputer, user juga memiliki banyak fungsi lainnya. Berikut adalah beberapa fungsi brainware yang harus Anda ketahui.

1. Sebagai Programmer
Seperti dibahas di atas, salah satu tugas utama user adalah merancang cara kerja perangkat. Tugas programmer adalah membuat dan merancang program yang dibutuhkan oleh perusahaan dalam sistem komputer yang menggunakan baik hardware maupun software komputer. Selain itu, pengembang juga bertanggung jawab untuk memastikan keamanan dan kelancaran seluruh sistem dalam program.

2. Sebagai Operator
Fungsi lain dari user adalah sebagai operator komputer. Operator komputer adalah orang yang bertanggung jawab untuk menjalankan sistem dan program komputer. Selain itu, operator juga memiliki tugas untuk memelihara dan memastikan pengoperasian semua peralatan komputer dengan baik dan lancar.

3. Sebagai Administrator
Administrator bertanggung jawab untuk mengelola struktur sistem dalam program atau jaringan komputer. Dengan adanya administrator, sistem dan program Anda akan memiliki aturan dan struktur yang lebih terorganisir.

Contoh Brainware
Nah setelah Anda mengetahui tentang pengertian dan fungsi user, Anda pasti penasaran, apa saja contoh brainware berdasarkan istilah-istilah tersebut?

1. Netter
Seseorang atau kelompok yang menelusuri situs web untuk mencari dan memperoleh informasi dari internet.

2. EDP Department
EDP Department atau departemen Electronic Data Processing adalah bagian dari perusahaan yang bertanggung jawab untuk mengelola data digital perusahaan dengan menggunakan teknologi komputer.

3. Network System
Sistem operasi bertanggung jawab untuk mengoperasikan sistem dalam jaringan komputer, sistem ini terdiri dari banyak jaringan dan layanan yang dirancang untuk memberikan dukungan maksimal bagi pengguna komputer.

Macam-Macam Brainware
Sebenarnya, ada banyak macam-macam brainware yang sering Anda temui setiap hari. Untuk membantu Anda lebih memahami apa arti istilah-istilah ini. Berikut beberapa jenis user yang paling populer di sini.

1. Hardware Engineer
Hardware engineer merupakan sebuah profesi yang bertugas menangani semua urusan yang berkaitan dengan hardware komputer. Mulai dari perencanaan hingga pemeliharaan perangkat keras tersebut. Selain itu, Hardware engineer juga mempunyai tanggung jawab melakukan pengaturan dan konfigurasi pada komputer.

2. Software Engineer
Sama halnya dengan yang sebelum, software engineer juga mempunyai tugas yang sama. Namun lebih dikhususkan pada perangkat lunak komputer. Software engineer bertugas dalam melakukan konfigurasi, struktur dan juga tatanan pada perangkat lunak dalam sebuah jaringan komputer.

3. Teknisi
Teknisi merupakan orang yang tugasnya melakukan maintenance pada semua perangkat komputer yang terdapat pada jaringan dan sistem komputer. Teknisi komputer diwajibkan mempunyai pengetahuan yang lebih dalam mengenai semua masalah yang sering terjadi pada perangkat dan sistem komputer.

Nah, itu dia beberapa hal yang perlu Anda ketahui tentang brainware. Mulai dari pengertian, fungsi, contoh dan juga macam-macamnya. Selain beberapa hal di atas, hal penting yang perlu Anda ketahui adalah user memegang peranan penting dalam sistem komputer. kali dilihat, 164 kali dilihat hari ini