Blog

Pengertian Informasi Jenis Contoh Dan Fungsinya

Apa yang dimaksud dengan informasi? Secara umum, pengertian informasi adalah sekumpulan data atau fakta yang telah diproses dan dikelola sedemikian rupa sehingga menjadi sesuatu yang mudah dimengerti dan bermanfaat bagi penerimanya.

Dari definisi tersebut dapat kita pahami bahwa kata “informasi” memiliki arti yang berbeda dengan kata “data”. Data adalah fakta yang masih bersifat mentah atau belum terolah, setelah mengalami proses atau terolah maka data itu bisa menjadi suatu informasi yang bermanfaat.

Tidak semua data atau fakta dapat terolah menjadi sebuah informasi bagi penerimanya. Jika suatu data yang terolah ternyata tidak bermanfaat bagi penerimanya, maka hal tersebut belum bisa bernama sebagai sebuah informasi.

Secara etimologis istilah “informasi” berasal dari bahasa Latin, yaitu “Informatinem” yang artinya ide, kode, atau garis besar. Informasi dapat tersajikan dalam beragam bentuk, mulai dari tulisan, gambar, tabel, diagram, audio, video, dan lain sebagainya.

Baca juga: Teknologi Informasi

Agar lebih memahami apa arti kata informasi, maka kita bisa merujuk pada pendapat beberapa ahli berikut ini;

1. Raymond McLeod
Menurut Raymond McLeod, pengertian informasi adalah data yang telah terolah menjadi bentuk yang mempunyai arti bagi si penerima dan bermanfaat dalam pengambilan keputusan saatu ini atau di masa mendatang.

2. Jogiyanto HM
Menurut Jogiyanto HM, pengertian informasi adalah hasil dari pengolahan data ke dalam bentuk yang lebih bermanfaat bagi penerimanya yang menggambarkan kejadian-kejadian yang nyata untuk kita gunakan dalam pengambilan keputusan.

3. Lina Sidharta
Menurut Lina Sidharta, pengertian informasi adalah data yang tersajikan dalam bentuk yang lebih berguna untuk mengambil suatu keputusan.

4. George R. Terry
Menurut George R. Terry, pengertian informasi adalah suatu data penting yang memberikan pengetahuan yang berguna bagi penerimanya.

5. Azhar Susanto
Menurut Azhar Susanto, pengertian informasi adalah suatu hasil pengolahan data yang memberikan arti dan manfaat bagi penerimanya.

Baca juga: Pengertian Sosialisasi

Fungsi Informasi

Setidaknya ada tujuh fungsi informasi bagi manusia. Adapun beberapa fungsi informasi adalah sebagai berikut:

1. Menjadi Sumber Pengetahuan Baru
Informasi valid yang terdapatkan oleh seseorang dapat menjadi pengetahuan baru dan menambah wawasan di bidang tertentu. Misalnya informasi mengenai cara mengatasi masalah kesehatan yang terdapatkan dari konten di internet.

Mungkin informasi tersebut adalah sesuatu yang umum dan sudah banyak orang ketahui. Namun, mungkin saja ada seseorang yang belum mengetahui informasi tersebut.

2. Menghapus Ketidakpastian
Kurangnya informasi tentang sesuatu akan menimbulkan ketidakpastian. Untuk menghapus ketidak pastian tersebut maka ia perlukan informasi lengkap dan valid dari sumber terpercaya.

Informasi juga dapat berfungsi sebagai media hiburan bagi masyarakat. Misalnya informasi mengenai objek wisata di suatu tempat yang tersajikan dengan bahasa dan gambar-gambar yang menarik.

4. Sebagai Sumber Berita
Suatu informasi mengenai hal tertentu bisa terpakai sebagai sumber berita yang tersampaikan kepada khalayak. Misalnya, informasi tentang Asian Games yang terdapatkan dari media Televisi, Radio, dan situs berita online.

5. Untuk Sosialisasi Kebijakan
Informasi adalah komponen penting dalam berkomunikasi dengan pihak lain. Salah satunya adalah untuk menyampaikan suatu kebijakan dari pemerintah kepada masyarakat yang ia lakukan dengan cara sosialisasi.

6. Untuk Mempengaruhi Khalayak
Penyampaian informasi melalui media massa biasanya ia lakukan untuk mempengaruhi khalayak. Misalnya informasi mengenai suatu produk melalui Televisi yang tujuannya agar masyarakat mengenal dan tertarik untuk menggunakannya.

7. Menyatukan Pendapat
Di era media sosial seperti sekarang ini, sangat mudah untuk menyampaikan pendapat ke ruang publik. Namun, tidak semua pendapat tersebut sesuai dengan fakta yang ada.

Adanya informasi yang valid dari sumber terpercaya akan bermanfaat untuk menilai setiap pendapat yang terkemukakan di ruang publik apakah sesuai dengan informasi tersebut.

Baca juga: Pengertian Komunikasi

Jenis-Jenis Informasi

Sesuai dengan pengertian informasi yang ia jelaskan di atas, informasi dapat ia bedakan menjadi empat jenis. Adapun beberapa jenis informasi adalah sebagai berikut:

1. Informasi Berdasarkan Sifat
Jenis informasi ini dapat terbagi menjadi tiga bagian, di antaranya;

* Faktual, yaitu informasi yang terbuat berdasarkan fakta dan dapat terbuktikan kebenarannya.
* Opini atau konsep, yaitu informasi yang terbuat berdasarkan pendapat seseorang tentang sesuatu hal.
* Deskripsi, yaitu informasi yang terbuat dalam bentuk penjelasan terperinci mengenai sesuatu hal.

2. Informasi Berdasarkan Kegunaan
Jenis informasi berdasarkan kegunaan dapat terbagi menjadi dua bagian, di antaranya;

* Informasi yang menambah pengetahuan, yaitu informasi yang isinya menambah pengetahuan baru bagi seseorang.
* Informasi yang berdasarkan penyajian, yaitu informasi yang tersampaikan dalam beberapa bentuk, misalnya artikel, audio, gambar, video, dan lainnya.

3. Informasi Berdasarkan Bidang Kehidupan
Ini adalah jenis informasi yang terbuat dalam beberapa kategori, seperti Informasi Kesehatan, Informasi Pendidikan, Informasi Bisnis, Informasi Olahraga, dan sebagainya.

4. Informasi Berdasarkan Lokasi Peristiwa
Ini adalah jenis informasi yang terbuat berdasarkan lokasi suatu peristiwa. Jenis informasi ini dapat terbagi menjadi dua, yaitu informasi dalam negeri (domestik), dan informasi luar negeri.

Baca juga: Komunikasi Bisnis

Contoh Informasi
Umumnya penyampaian suatu informasi terlengkapi dengan data atau fakta yang telah melalui pengolahan. Untuk melengkapi artikel ini ia sertakan contoh informasi, yaitu informasi harga bahan makanan di sebuah toko kelontong.

Toko Laris Manis
Periode Agustus 2018No.Kode BarangNama BarangHarga Barang (Rp)1BR-012Beras10.000/ kg2TA-012Telur Ayam29.000/ kg3KM-021Kecap Manis15.000 @275ml4GP-022Gula Pasir12.000/ kg5MG-012Minyak Goreng20.000/ kg6MBB-022Mentega6.500 @200 gramDari contoh di atas kita dapat mengetahui informasi harga bahan makanan yang ada di suatu toko kelontong yang bernama Toko Laris manis.

Informasi yang disampaikan diantaranya;

* Nama toko
* Periode waktu
* Kode barang
* Nama barang
* Harga barang per satuan

Informasi di atas dapat dikatakan bermanfaat karena mudah untuk dipahami penerimanya dengan baik.

Baca juga: Pengertian Akomodasi

Demikianlah ulasan ringkas mengenai pengertian informasi, fungsi, jenis-jenis, dan contoh informasi. Semoga ulasan singkat ini bermanfaat dan menambah pengetahuan kamu.