Blog

Pengertian Fungsi Dampak Jenis Contoh

Media sosial adalah media berbentuk daring yang fungsinya memudahkan pengguna untuk berkomunikasi maupun melakukan interaksi sosial. Banyak hal yang bisa dilakukan di media sosial tergantung media apa yang digunakan. Hal ini tergantung pada masing-masing pengguna.

Yuk, simak lebih lanjut mengenai pengertian media sosial agar kamu tidak mudah terjerumus ke dalam pengaruh buruknya!

Pengertian Media Sosial
Sumber: pixabay.com1. Menurut KBBI
Menurut KBBI, media adalah sarana, dalam konteks pembahasan kali ini yang dimaksud adalah media sebagai sarana komunikasi. Sedangkan sosial adalah hal-hal yang berhubungan dengan masyarakat atau kepentingan umum. Dapat disimpulkan bahwa media sosial adalah sarana komunikasi masyarakat.

2. Menurut Para Ahli
Sumber: pixabay.com1. Andreas M. Kaplan Michael Haenlein (2010)

Media sosial adalah sekumpulan aplikasi yang terhubung dengan internet. Aplikasi ini dibangun dengan dasar odeologis yang dipakai dalam web 2.0. Kumpulan aplikasi tersebut dapat dikatakan media sosial jika terjadi penciptaan dan pertukaran User Generated Content.

2. B. K. Lewis (2010)

Media sosial merupakan teknologi digital dengan label yang bisa digunakan untuk berbagi isi pesan, berinteraksi, serta berhubungan dengan orang lain.

3. Caleb T. Carr dan Rebecca A. Hayes (2015)

Media sosial adalah saranan komunikasi yang penggunaannya membutuhkan internet. Sarana komunikasi ini memungkinkan penggunanya untuk melakukan interaksi dengan orang lain baik secara real time maupun tertunda.

4. Chris Brogan (2010)

Media sosial adalah kumpulan sarana komunikasi yang bisa digunakan untuk melakukan bentuk-bentuk interaksi yang sebelumnya tidak bisa dilakukan oleh manusia.

5. Dave Kerpen (2011)

Media sosial merupakan sekumpulan konten yang berbentuk teks, gambar, video, serta audio yang dapat dibagikan kepada individu maupun kelompok secara daring.

6. J. Mike Jacka dan Peter R. Scott (011)

Media sosial adalah kumpulan teknologi broadcasting yang memungkinkan adanya kebebasan konten.

7. Joyce Kasman Valenza (2014)

Media sosial adalah laman internet yang memungkinkan penggunanya bertukar informasi secara real time dan terus-menerus.

8. Lon Safko (2012)

Media sosial adalah sarana yang menjadikan kita bersosialisasi.

9. M. L. Kent (2013)

Media sosial adalah semua bentuk sarana komunikasi yang memungkinkan adanya interaksi 2 arah.

10. M. Terry (2009)

Media sosial secara sederhana dapat dikatakan sebagai laman yang digunakan bersama-sama, tetapi berbeda dengan media cetak.

11. Mark Hopkins (2008)

Media sosial bukan sekadar laman media baru, melainkan segala bentuk laman yang memiliki unsur sosial dan komunikasi.

12. McGraw Hill Dictionary

Media sosial merupakan media komunikasi yang digunakan penggunanya untuk bertukar pesan berupa ide dan gagasan tanpa bertemu secara langsung.

13. Michael Cross (2013)

Media sosial merupakan kumpulan gambaran bagaimana teknologi digunakan untuk mempersatukan penggunanya untuk saling bertukar informasi.

14. P. N. Howard dan M. R. Parks (2012)

Menurutnya, media sosial terdiri dari 3 bagian, yaitu infrastruktur yang membangun interaksi, isi pesan, serta komunikator dan komunikan.

15. Philip Kotler dan Kevin Lane Keller (2016)

Media sosial adalah sarana komunikasi yang digunakan penggunanya untuk bertukar gagasan berupa teks, gambar, dan lain-lain.

16. R. Shari Veil, Tara Buehner, dan Michael J. Palencar (2011)

Media sosial dapat dikatakan sebagai interaksi antar manusia yang terbuka dan partisipatif.

17. Russo, J., Watkins, L., L. Kelly, S. Chan (2008)

Media sosial merupakan sarana komunikasi yang dapat memberikan fasilitas bagi penggunanya.

18. The ABC (2011)

Media sosial menjadi wadah untuk berbagai kegiatan komunikasi.

19. Tracy L. Tuten dan Michael L. Solomon

Media sosial merupakan media untuk berkomunikasi yang dilakukan oleh jaringan orang-orang dengan mobilitas yang tinggi.

20. Varinder Taprial dan Priya Kanwar (2012)

Media sosial adalah wadah yang digunakan penggunanya untuk menjadi sosial.

21. Wikipedia

Media sosial adalah sarana yang memungkinkan penggunanya melakukan berbagai interaksi daring dengan mudah.

Jenis-jenis
Sumber: pixels.com1. Proyek Kolaborasi
Proyek kolaborasi merupakan laman yang memungkinkan pengunjungnya dapat melakukan perubahan konten di dalamnya, misalnya Wikipedia.

2. Blog dan Mikroblog
Blog dan mikroblog memungkinkan penggunanya lebih bebas menuangkan gagasan dan ide mereka. Contoh blog adalah blogspo.com dan wordpress.com, sedangkan contoh mikroblog adalah Twitter.

3. Konten
Jenis media sosial ini memungkinkan penggunanya untuk membagikan berbagai bentuk konten, misalnya Instagram dan Tiktok.

4. Situs Jejaring Sosial
Situs jejaring sosial adalah jenis media sosial yang memungkinkan penggunanya untuk lebih banyak membangun relasi dengan orang lain di internet, misalnya Facebook.

5. Virtual Game World
Media sosial ini memungkinkan penggunanya melakukan interaksi melalui permainan.

6. Virtual Social World
Jenis media sosial ini memungkinkan penggunanya merasakan kehidupan di virtual world, misalnya second life.

Ciri-ciri
Sumber: pixabay.com1. Partisipasi Pengguna
Media sosial memungkinkan penggunanya untuk berpartisipasi dalam sebuah konten. Mereka juga bisa memberikan feedback atas konten yang dibagikan oleh pengguna lain.

2. Terbuka
Media sosial memberikan kebebasan bagi siapapun untuk menuangkan gagasan dan ide mereka. Pengguna media sosial juga bebas untuk memberikan komentar terhadap suatu isu maupun konten orang lain.

3. Chatting
Interaksi atas suatu konten sangat mungkin terjadi. Komunikasi 2 arah ini bebas dilakukan secara langsung maupun tidak langsung. Para pengguna juga bisa menentukan sendiri waktu mereka akan membalas komentar pengguna lain.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

4. Relasi
Para penggunanya dihubungkan oleh satu wadah media sosial. Proses pertukaran pesan terjadi begitu cepat karena sesama pengguna memiliki wadah yang sama.

Sumber: pixabay.com1. Interaksi dengan Orang Lain
Media sosial berfungsi sebagai sarana interaksi antarindividu, individu dengan kelompok, maupun antar kelompok. Interaksi dapat dilakukan dengan mudah melalui media sosial dan internet.

2. Personal Branding
Personal branding merupakan cara untuk membangun imej dan memasarkan diri sendiri. Media sosial bisa dijadikan sarana untuk melakukan hal tersebut dengan berbagai fitur yang dimilikinya.

3. Sarana Komunikasi
Media sosial memudahkan komunikasi jarak jauh yang dulu bisa memakan waktu yang sangat lama. Zaman sekarang komunikasi jarak bisa dilakukan secara real time.

Tujuan
Sumber: pixabay.com1. Aktualisasi Diri
Media sosial digunakan seseorang untuk menunjukkan pencapaian yang telah ia raih. Namun, biasanya hater menganggap hal ini sebagai kesombongan. Padahal, aktualisasi diri adalah salah satu bentuk dari self love agar hidup menjadi lebih bahagia.

2. Komunitas
Media sosial menyediakan wadah bagi berbagai jenis komunitas online. Orang-orang dengan hobi yang sama bisa dengan mudah berkumpul dalam ruang online. Hal ini memudahkan orang-orang yang biasanya tidak memiliki teman sehobi dalam satu daerah yang sama.

3. Menjalin Relasi
Relasi adalah sesuatu yang didapatkan otomatis ketika kita menggunakan media sosial. Relasi bisa didapatkan tak hanya dari Indonesia, melainkan juga dari luar negeri.

4. Media Pemasaran
Karena memiliki sangat banyak pengguna, akhirnya media sosial kini digunakan penjual untuk menawarkan barang dan jasa mereka. Banyak bentuk pemasaran yang bisa digunakan melalui media sosial.

Sejarah dan Perkembangan
Sumber: pixabay.comMedia sosial berawal dari penemuan papan buletin pada tahun 1978. Papan buletin tersebut ditemukan oleh Ward Chirtebsen dan Randy Suess. Awalnya fungsi papan buletin ini adalah mengunggah dan mengunduh surat elektronik. Kemudian tahun 1995. Website Fei Cites muncul diikuti dengan kemuncu; banyak website lainnya.

Website ini biasanya berfungsi sebagai jasa penyimpanan dan transfer data. Beberapa tahun berselang, Friendster muncul sebagai jejaring sosial. Disusul dengan Linkedin dan Myspace pada tahun yang sama. Dua tahun berikutnya lahir Facebook dan Twitter yang masih berjaya hingga sekarang.

1. Positif
Sumber: pixabay.comJika kita bisa memanfaatkan media sosial dengan baik, hal-hal yang berguna akan kita dapatkan. Pertama adalah relasi yang banyak. Melalui media sosial kita bisa menemuka relasi dari berbagai kalangan dan asal. Tidak hanya dari Indonesia, kita juga bisa menemukan teman dari seluruh dunia.

Selain itu, kita juga bisa berkarya melalui media sosial. Media sosial menyediakan berbagai fitur yang bisa kita manfaatkan untuk menuangkan ide dan gagasan kita.

2. Negatif
Sumber: digitalartsonline.co.ukSayangnya, media sosial juga bisa membawa dampak yang buruk. Banyak berita palsu atau hoaks yang beredar di media sosial. Biasanya hoaks ini disebarkan oleh buzzer. Jika kita tidak bisa memilah informasi, kita akan muda termakan hoaks.

Selain itu, banyak penipuan juga terjadi melalui media sosial. Karena tidak bisa bertemu secara langsung, maka menipu lebih mudah dilakukan.

Contoh Media Sosial yang Sering Digunakan
Sumber: pixabay.com1. Instagram
Instagram memiliki fitur utama untuk mengunggah foto dan video. Saat ini Instagram juga memiliki fitur stories yang akan hilang secara otomatis setelah 24 jam tayang. Instagram merupakan media sosial yang sering digunakan sebagai branding karena bisa menunjukkan visual yang menarik.

2. Facebook
Facebook merupakan jejaring sosial yang memudahkan komunias untuk berkumpul. Media sosial ini menyediakan fitur grup yang bisa dijadikan sarana berbagi informasi bagi orang-orang dengan hobi yang sama.

3. Twitter
Twitter adalah salah satu jenis mikroblog. Penggunanya bisa menceritakan pengalaman dan gagasan apapun melalui platform ini. Saat ini Twitter menyediakan fitur thread yang memudahkan seseorang untuk membuat cerita yang panjang. Hal ini karena jumlah satu tweet memiliki batasan karakter.

4. Blog
Blog adalah bentuk lebih panjang dari Twitter. Satu postingan blog tidak memiliki batasan karakter sehingga memudahkan pengguna. Namun, saat ini blog kurang diminati karena Twitter lebih menarik untuk diikuti.

5. Whatsapp
Whatsapp adalah jejaring sosial yang fitur utamanya chatting. Saat ini Whatsapp juga memiliki fitur stories yang mirip dengan Instagram.

6. Line
Line juga merupakan jejaring sosial yang fitur utamanya adalah chatting.

Nah, itu tadi adalah penjelasan dan pengertian media sosial. Setelah mengetahui banyak hal mengenai media sosial, tentunya kamu tahu media sosial apa yang cocok untukmu. Menggunakan media sosial adalah hal yang sangat wajar. Hal yang tidak wajar adalah menggunakan media sosial secara berlebihan.

Yuk, bersama-sama menjadi pengguna media sosial yang bijak!