Blog

APA ITU PENELITIAN KUANTITATIF DAN KUALITATIF MENURUT PARA AHLI

Mahasiswa yang menyelesaikan tugas akhir (skripsi) tentu tidak asing dengan penelitian kuantitatif dan kualitatif. Bagi teman-teman yang bekerja keras dalam menyelesaikan studi akhirnya dan berjuang mendapatkan gelar sarjananya, sedikit banyaknya saya memberikan informasi untuk menambah wawasan teman-teman dalam menyelesaikan studi akhirnya.

Sesuai dengan judul yang dibahas yaitu APA ITU PENELITIAN KUANTITATIF DAN KUALITATIF?, saya sedikit berbagi kutipan tentang definisi penelitian kualitatif dan kuantitatif tersebut menurut para ahli berdasarkan versi atau sudut pandang mereka.

PENELITIAN KUANTITATIF
1. Purwanto (2010: 164) “Penelitian kuantitatif merupakan sebuah paradigma dalam penelitian yang memandang kebenaran sebagai suatu yang tunggal, objektif, universal dan dapat diverifikasi”.
2. Kasiram (2008: 149) “Penelitian kuantitatif adalah suatu proses menemukan pengetahuan yang menggunakan data berupa angka sebagai alat menganalisis keterangan mengenai apa yang ingin diketahui”.
3. Azwar (2007: 5) “Penelitian kuantitatif adalah penelitian yang menekankan pada data-data numerikal (angka) yang diolah dengan metode statistika”.
4. Subana dan Sudrajat (2005: 25) “Penelitian kuantitatif dilihat dari segi tujuan, penelitian ini dipakai untuk menguji suatu teori, menyajikan suatu fakta atau mendeskripsikan statistik,dan untuk menunjukkan hubungan antar variabel dan ada pula yang sifatnya mengembangkan konsep, mengembangkan pemahaman atau mendiskripsikan banyak hal”.

Ragam penelitian kuantitatif menurut Purwanto (2010: 165) dapat digolongkan berdasarkan dari penggolongannya, dapat dilihat pada tabel dibawah ini:

1. Moleong (2005: 6) “Penelitian kualitatif adalah penelitian yang bermaksud untuk memahami fenomena tentang apa yang dialami oleh subjek penelitian misalnya perilaku, persepsi, motivasi, tindakan, dan lain-lain secara holistic, dan dengan cara deskripsi dalam bentuk kata-kata dan bahasa, pada suatu konteks khusus yang alamiah dan dengan memanfaatkan berbagai metode alamiah.
2. Mulyana (2008: 151) “Penelitian kualitatif penelitian dengan menggunakan metode ilmiah untuk mengungkapkan suatu fenomena dengan cara mendeskripsikan data dan fakta melalui kata-kata secara menyeluruh terhadap subjek penelitian”.
3. Nana (2013: 94) “Penelitian kualitatif (Qualitative Research) adalah suatu penelitian yang ditujukan untuk mendeskripsikan dan menganalisis fenomena, peristiwa, aktivitas social, sikap, kepercayaan, persepsi pemikiran orang secara individual maupun kelompok”.
4. Sukardi (2013: 19) “Penelitian Kualitatif adalah penelitian berdasarkan mutu atau kualitas dari tujuan sebuah penelitian itu”.
5. Burhan (2001: 24) “Penelitian kualitatif adalah upaya untuk menyajikan dunia sosial, dan perspektifnya di dalam dunia, dari segi konsep, perilaku, persepsi, dan persoalan tentang manusia yang diteliti”.
6. Kirk dan Miller (dalam Moleong, 2013: 4-6) “Penelitian kualitatif adalah tradisi tertentu dalam ilmu pengetahuan sosial yang secara fundamental bergantung dari pengamatan pada manusia baik dalam kawasannya maupun dalam peristilahannya”.
7. David Williams (dalam Moleong, 2013: 4-6) “Penelitian kualitatif adalah pengumpulan data pada suatu latar ilmiah, dengan menggunakan metode alamiah, dan dilakukan oleh orang atau peneliti yang tertarik secara alamiah”.
8. Denzin dan Lincoln (dalam Moleong, 2013: 4-6) “Penelitian Kualitatif adalah penelitian yang menggunakan latar alamiah, dengan maksud menafsirkan fenomena yang terjadi dan dilakukan dengan jalan melibatkan berbagai metode yang ada”.
9. Jane Richie (dalam Moleong, 2013: 4-6) “Penelitian Kualitatif adalah upaya untuk menyajikan dunia sosial , dan perspektifnya di dalam dunia, dari segi konsep, perilaku, persepsi, dan persoalan tentang manusia yang diteliti”.

PERBEDAAN PENELITIAN KUANTITATIF DAN KUALITATIFPenelitian kuantitatif merupakan penelitian yang dikenal memberikan gambaran terhadap suatu objek melalui teknik analisis tertentu. Sedangkan penelitian kualitatif merupakan penelitian yang memfokuskan pada pemahaman fenomena sosial dari sudut pandang partisipan secara deskriptif. Penelitian ini lebih memberikan gambaran secara jelas dan sesuai mengenai fakta di lapangan.

Untuk mempermudah dalam melihat perbedaan penelitian kuantitatif dan kualitatif, maka dapat disusun dalam bentuk tabel sebagai berikut:

Pada tabe1 pertama perbedaan penelitian kuantitatif dan kualitatif dilihat dari desain penelitian, tujuan penelitian, teknik pengumpulan data, dan instrumen penelitian.

Pada tabe1 kedua, perbedaan penelitian kuantitatif dan kualitatif dilihat dari jenis data, istilah subjek penelitian, ukuran sampel, analisis data, relasi peneliti dengan subjek penelitian, dan formalisasi rekomendasi.