Blog

Pengertian Demokrasi Menurut Para Ahli Ciriciri Beserta Contohnya

pengertian demokrasi pancasila,pengertian demokrasi menurut para ahli,pengertian demokrasi terpimpin,Annsehat.com – Pengertian Demokrasi – Demokrasi merupakan suatu sistem pemerintahan yang mencakup beberapa faktor yang berkaitan dengan kehidupan dalam berbangsa dan bernegara. Hal-hal yang berkaitan dengan demokrasi tersebut ialah misalnya, ekonomi, sosial, dan juga budaya. Yang didalam ketiga hal tersebut terdapat suatu kebebasan dalam berpolitik baik secara bebas atau juga setara.Demokrasi sendiri berasal dari bahasa Yunani yaitu Demokratia. Sedangkan secara umum, demokrasi berasal dari dua kata yaitu demos yang berarti rakyat dan kratos yang berarti kekuasaan atau kekuatan. Jadi apabila diartikan secara bahasa demokrasi ialah kekuasan yang dimiliki oleh rakyat.

Dalam demokrasi rakyat boleh ikut mengambil bagian dalam pemerintahan, baik itu secara langsung maupun tidak langsung. Karena pada demokrasi kekuasaan tertinggi dalam pemerintahan ialah berada di tangan rakyat.

Apabila diartikan secara umum, demokrasi mempunyai arti sebagai suatu format dalam pemerintahan dimana setiap warga Negara mempunyai hak yang sama dan juga seimbang berkaitan dengan penentuan dan juga pemilihan sebuah keputusan yang kedepannya akan memunculkan suatu dampak di dalam berlangsungnya kehidupan rakyat atau warga Negara.

Nah untuk lebih detailnya lagi, pada artikel ini kami akan mengulas tentang pengertian demokrasi dan beberapa hal yang berkaitan dengan pengertian demokrasi tersebut. Untuk lebih jelas dan agar tidak salah paham dalam mengartikannya, yuk simak artikel ini sampai habis.

Pengertian demokrasi ialah sebuah sistem pemerintahan, dimana setiap warga negaranya mempunyai hak dan juga kesempatan yang sama atau setara untuk ikut ambil bagian dalam proses penentuan keputusan yang mempengaruhi kehidupan mereka.

Atau dalam arti lain, demokrasi adalah suatu bentuk pemerintahan rakyat. Maksudnya disini ialah, rakyat menjadi pemegang kekuasaan dalam tertinggi dalam pemerintahan yang mempunyai hak untuk mempertahankan, mengatur, serta melindungi diri mereka dari upaya paksaan yang dilakukan oleh wakil-wakil mereka.

Demokrasi juga dapat diartikan sebagai suatu sistem sosial atau politik pemerintahan dengan kekuasaan-kekuasaan pemerintah tersebut yang dibatasi oleh hukum dan kebiasaan-kebiasaan dalam melindungi hak milik individu setiap warga negara.

Pengertian Demokrasi Menurut Para Ahli

Pengertian Demokrasi – Selain beberapa pengertian diatas, dibawah ini akan kami jabarkan beberapa pengertian demokrasi yang telah diutarakan oleh para ahli.

Abrahan Lincoln yang merupakan mantan Presiden Amerika Serikat berpendapat bahwa, demokrasi ialah suatu sistem pemerintahan yang dilaksanakan dari rakyat, oleh rakyat, dan untuk rakyat. Maksudnya, rakyat menjadi pemegang kekuasaan tertinggi dalam lingkup pemerintahan, dimana setiap dari mereka mempunyai hak yang sama untuk mengatur kebijakan pemerintahan.

Pendapat Lincoln ini merupakan pendapat yang paling populer di bidang pendidikan Indonesia maupun luar negeri.

Hans Kelsen berpendapat bahwa demokrasi merupakan pemerintahan yang berasal dari rakyat dan kembali untuk rakyat. artinya, wakil-wakil rakyat yang terpilih merupakan pelaksana kekuasaan negara, dimana rakyat telah memiliki keyakinan bahwa segala kehendak serta kepentingan mereka akan selalu diperhatikan dalam pelaksanaan pemerintahan tersebut.

Sidney Hook berpendapat mengenai pengertian demokrasi, menurutnya demokrasi ialah suatu sistem dalam pemerintahan dimana setiap keputusan penting yang diambil pemerintah baik secara langsung atau secara tidak langsung dibuat berdasarkan atas pada kesepakatan paling banyak yang dikemukakan oleh rakyat yang sudah mencapai usia dewasa secara bebas.

Dan masih banyak lagi ahli-ahli demokrasi yang mengemukakan pendapatnya mengenai pengertan demokrasi. Jadi, dari ketiga pengertian demokrasi dari para ahli diatas tadi dapat kita simpulkan bahwa demokrasi merupakan sistem pemerintahan dimana rakyatlah sebagai pemegang kekuasaan tertinggi.

Tidak semua sistem pemerintahan merupakan demokrasi, hanya dengan ciri-ciri dibawah inilah yang dapat disebut sebagai demokrasi.

Setiap keputusan yang diputuskan atau ditetapkan oleh pemerintah selaras dengan kehendak dan juga kebutuhan milik seluruh atau juga masing-masing dari rakyat itu sendiri.

Termasuk juga ciri konstitusional yaitu demokrasi ini berkaitan dengan keputusan kekuasaan ataupun kebutuhan rakyat yang sudah tersistematis dan juga tercatat dalam undang-undang yang berlaku pada suatu Negara.

Mempunyai ciri perwakilan, maksudnya disini ialah ketika mengelola sebuah kepentingan yang ada pada Negara kedaulatan dan kekuasaan rakyat sendirilah yang sudah terwakili dengan orang-orang yang telah dipilih dan ditentukan oleh rakyatnya itu sendiri.

Segala aktivitas atau kegiatan politik dilaksanakan dalam menentukan pihak manakah yang cocok untuk diamanahi sebagai pelaksana roda pemerintahan. Adapun beberap ciri kepartaian yaitu partai sebenarnya hanyalah sebagai sebuah media ataupun sarana maupun sebagai unsur juga terapan dari suatu sistem demokrasi itu sendiri.

Pengertian Demokrasi – Dalam pelaksanaannya, demokrasi mempunyai beberapa prinsip yang dipegang teguh oleh negara yang menggunakan sistem demokrasi dalam pemerintahannya. Berikut beberapa prinsip dalam berdemokrasi yang wajib untuk kalian ketahui.

Dalam demokrasi adanya suatu kebebasan yang sudah disepakati sebelumnya, dan telah diakui serta disetujui oleh setiap warga Negara.

Dalam demokrasi juga terdapat keikutsertaan dari setiap warga Negara di dalam menjalankan dan juga mengambil suatu keputusan yang bersifat politik.

Adanya kesamaan dan keadilan dalam hak untuk setiap warga Negara.

Setiap warga Negara memiliki kesamaan serta kesetaraan dalam hal praktik politik.

Empat hal diatas merupakan beberapa prinsip yang ada dalam negara yang menggunakan demokrasi dalam sistem pemerintahannya.

Kelebihan dan Kekurangan Demokrasi

Setiap sistem pemerintahan baik demokrasi atau yang lainnya pasti memiliki kelebihan dan kekurangan. Nah kelebihan dan kekurangan inilah yang menjadi bahan pertimbangan setiap negara dalam menggunakan sistem yang satu ini. Berikut ini kami jabarkan sedikit mengenai kelebihan dan kekurangan dalam sistem demokrasi.

Dibawah ini merupakan kelebihan yang ada pada sistem demokrasi.

Adanya kesetaraan hak yang menjadikan setiap masyarakat diperkenankan atau diperbolehkan untuk ikut mengambil bagian dalam kegiatan politik.

Penerimaan terhadap suatu kekuasaan diambil berdasarkan pada hasil suara ataupun kehendak dari rakyat.

Sistem demokrasi ini juga dapat meminimalisir adanya monopoli kekuasaan yang ada pada penguasa.

Selain kelebihan, dalam pelaksaannya demokrasi juga memiliki kekurangan. Berikut ini merupakan kekurangan dari sistem demokrasi.

Kepercayaan dari rakyat kepada penguasa mudah sekali untuk digoyahkan. Hal ini disebabkan atas berbagai dampak yang bersifat negatif seperti media-media yang tidak mempunyai sikap objektif atau malah sampai memiliki kecenderungan subjektif terhadap informasi atau berita yang disajikan.

Berhubungan dengan kesamaan hak juga sering sekali dinilai tidak adil karena berdasarkan atas pendapat para ahli bahwasanya setiap orang memiliki pemahaman politik yang sangat beragam atau dalam kata laiin tidak bisa sama persis.

Fokus atau konsentrasi dari pemerintah yang sedang menjabat juga menjadi berkurang. Hal ini disebabkan karena mendekati pemilihan umum yang akan datang.

Nah teman-teman demikianlah beberapa penjelasan kami mengenai pengertian demokrasi. Semoga dapat bermanfaat bagi kita semua. Terimakasih sudah membaca artikel ini sampai habis dan jangan lupa untuk terus membaca artikel-artikel kami yang lain.