Blog

Pengertian Disiplin Kerja Menurut Para Ahli

Pengertian disiplin kerja adalah suatu sikap dan perilaku seorang pekerja yang menunjukkan sikap ketaatan, kepatuhan, kesetiaan, keteraturan dan ketertiban pada peraturan yang sudah dibuat baik tertulis maupun tidaktertulis diperusahaan. Berikut ini merupakan beberapa pengertian disiplin kerja menurut para ahli adalah sebagai berikut :

* Menurut (Rivai, 2009:78) disiplin kerja adalah suatu alat yang digunakan para manajer untuk berkomunikasi dengan karyawan agar mereka bersedia untuk meningkatkan kesadaran seseorang mentaati semua peraturan, budaya yang diterapkan.
* Menurut (Sutrisno, 2009:86) mengatakan disiplin adalah sikap kesediaan dan kerelaan seseorang untuk mematuhi dan mentaati norma-norma peraturan yang berlaku disekitarnya.
* Kedisiplinan merupakan fungsi operasional manajemen sumber dayamanusia yang terpenting karena semakin baik disiplin kerja karyawan, semakin baik kinerja yang dapat dicapai. Tanpa disiplin yang baik, sulit bagi organisasi untuk mencapai hasil yang optimal. Kedisiplinan merupakan factor yang utama yang diperlukan sebagai alat peringatan terhadap karyawan yang tidak mau berubah sifat dan perilakunya. Sehingga seorang karyawan dikatan memiliki disiplin yang kurang baik jika karyawan tersebut memiliki rasa tanggung jawab terhadap tugas yang diberikan kepadanya (Ghalih, 2013:38).
* Menurut (Hasibuan, 2013:193) disiplin kerja adalah kesadaran atau kesediaan seseorang mentaati semua peraturan perusahaan, budaya organisasi yang diterapkan dan norma-norma sosial yang berlaku.
* Disiplin yang baik mencerminkan besarnya rasa tanggungjawab seseorang terhadap tugas-tugas yang diberikan kepadanya hal ini mendorong gairah kerja, semngat kerja, dan terwujudnya tujuan perussahaan, karyawan dan masyarakat. Oleh karena itu setiap manajer selalu berusaha agar para bawahannya mempunyai disiplin yang baik. Seorang manajer dikatakan efektif dalam kepemimpinannya, jika para bawahannya berdisiplin baik Hasibuan (2017:193).
* Disiplin adalah kepatuhan pada aturan atau perintah ditetapkan oleh organisasi. Selanjutnya, disiplin adalah sebuah proses yang digunakan untuk menghadapi permasalahan kinerja, proses ini melibatkan manajer dalam mengidentifikasikan dan mengomunikasikan maslah-masalah kinerja kepada para pegawai. Apabila permasalahan kinerja tidak diperbaiki, manajer juga terlibat dalam mengidentifikasikan, mengomunikasikan, dan menerapkan konsekuensinya. Sinambela (2017:334).
* Disiplin kerja merupakan suatu tata tertib atau peraturan yang dibuat oleh manajemen suatu organisasi disyahkan oleh dewan komisaris atau pemilik modal, disepakati oleh serikat pekerja dan diketahui oleh Dinas Tenaga Kerja seterusnya orang-orang yang tergabung dalam organisasi tunduk pada tata tertib yang ada dengan rasa senang hati, sehingga tercipta dan terbentuk melalui proses dari serangkaian perilaku yang menunjukkan nilai-nilai ketaatan, kepatuhan, keteraturan dan ketertiban (Afandi, 2018).

Berdasarkan uraian tesebut, dapat disimpulkan bahwa disiplin kerja merupakan peraturan yang diberlakukan kepada karyawan guna memperbaii sikap dan moral yang melekat pada diri individu dalam melakukan tugas-tugas yang telah diberikan untuk mencapai tujuan organisasi.

Disiplin kerja sangat penting bagi individu maupun kelompok karena dengan disiplin kerja yang baik dapat meningkatkan produktivitas kerja, sebaiknya jika disiplin kerja rendah maka kinerja dan produktivitas menurun yang dapat menghambat kemajuan organisasi..

Pembahasan lainnya :

Manajemen SDM