Blog

Pengertian Definisi Psikologi Pendidikan Dan Psikologi Pendidikan Menurut Para Ahli

Pengertian Psikologi
Psikologi berasal dari kata dalam bahasa Yunani Psychology yang merupakan gabungan dari kata psyche dan logos. Psyche berarti jiwa dan logos berarti Ilmu. Secara harafiah psikologi berarti Ilmu Jiwa. Istilah Psyche atau jiwa masih sulit didefinisikan karena jiwa itu merupakan objek yang bersifat abstrak, sulit dilihat wujutnya, meskipun tidak dipungkiri keberadaannya. Dalam beberapa dasawarsa ini istilah jiwa jarang dipakai namun digantikan dengan istilah psikis.para ahli mempelajari psikis manusia melalui gejala – gejala yang diakibatkan oleh keberadaan psikis tersebut. dimyati mahmud (1989) menjelaskan bahwa manusia menghayati kehidupan kejiwaan berupa kegiatan berfikir, berfantasi, mengingat, sugestif, sedih dan senang, berkemauan dan sebagainya.

Gejala jiwa pada manusia dibedakan menjadi pengenalan (kognisi), gejala perasaan (afeksi), gejala kehendak (konasi), dan gejala campuran (psikomotorik). gejala pengenalan atau kognisi merupakan suatu proses atau upaya manusia dalam mengenal berbagai macam stimulus atau informasi yang masuk ke dalam alat indranya, menyimpan, menghubung – hubungkan, menganalisisdan memecahkan suatu masalah berdasar stimulus atau informasi tersebut. termasuk dalam gejala pengenalan adalah penginderaan dan persepsi, asosiasi, memori, berfikir intelegensi. gejala afeksi atau perasaan adalah kemampuan untuk merasakan suatu stimulus yang kita terima, termasuk didalamnya ada perasaan sedih,senang, bosan, marah, benci, cinta dan lain – lain. afeksi atau perasaan manusia yang kuat sering disebut pula dengan emosi. gejala psikomotorik adalah gabungan dari gejala kognitif dan afektif. contoh gejala ini adalah belajar, sugesti, kelelahan, kepribadian dan berbagai bentuk aktivitas yang melibatkan gerakan motorik, misalnya membaca, berjalan jalan dan makan.

> Psikologi adalah ilmu yang mempelajari perilaku manusia dan binatang baik yang dapat dilihat secara langsung maupun yang tidak dapat dilihat langsung. (Ensiklopedi Nasional Indonesia jilid 13, 1990))

Psikologi membahas tingkah laku manusia dalam hubungannya dengan lingkungannya. (Dakir, 1993)

Psikologi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari tingkah laku terbuka dan tertutup pada manusia baik selaku individu maupun kelompok dalam hubungannya dengan lingkungan. Tingkah laku terbuka adalah tingkah laku terbuka adalah tingkah laku yang bersifat psikomotor yang meliputi perbuatan berbicara, duduk, berjalan dan lain sebagainya. tingkah laku tertutup meliputi berfikir, keyakinan, berperasaan dan lain sebagainya.(Muhibbin Syah, 2001)

Dari berbagai pendapat diatas dapat disimpulkan bahwa psikoligi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari tingkah laku manusia, baik sebagai individu maupun hubunganya dengan lingkunganya. tingkah laku tersebut berupa tingkah laku yang tampak maupun yang tidak tampak, yang disadari maupun tidak disadari.

Pada hakekatnya tingkah laku manusia itu sangat luas, semua yang dialami dan dilakukan manusia merupakan tingkah laku. dengan demikian objek ilmu psikologi sangat luas, karena luasnya objek psikologi maka dalam perkembanganya ilmu psikologi dikelompokan dalam beberapa bidang yaitu:

Jenis Jenis Ilmu Psikologi :
1. Psikologi perkembangan, yaitu ilmu yang mempelajari tingkah laku yang terdapat pada tiap tiap tahap perkembangan manusia sepanjang rentang kehidupanya
2. Psikologi pendidikan, yaitu ilmu yang memepajari psikologi seseorang dalam situasi pendidikan
3. Psikologi Sosial, ilmu yang mempelajri psikologi sesorang dalam hubungannya dengan masyarakat sekitarnya
4. Psikologi Industri, ilmu yang mempelajari tingkah laku yang muncul dalam dunia industri dan organisasi
5. Psikologi Klinis, ilmu yang mempelajari tingkah laku manusia yang sehat dan tidak sehat, yang normal dan tidak normal, dilihat dari aspek psikisnya.

Definisi Pendidikan
Pendidikan berasal dari kata didik, mendidik berarti memelihara dan membentuk latihan.

> Pendidikan diartikan sebagai proses pengubahan sikap dan tata laku seseorang atau sekelompok orang dalam usaha mendewasakan manusia melalui upaya pengajaran atau pelatihan.(KBBI, 1991)

Pendidikan merupakan usaha secara sengaja dari orang dewasa untuk meningkatkan kedewasaan yang selalu diartikan sebagai kemampuan untuk bertanggung jawab terhadap segala perbuatanya.(Poerbakawatja dan harahap dalam Muhibbin Syah, 2001)

Dari pendapat diatas dapat disimpulkan bahwa pendidikan adalah suatu usaha / upaya yang dilakukan secara sadar dan sengaja untuk mengubah tingkah laku manusia baik secara individu mapun kelompok melalui upaya pengajaran atau pelatihan.

Definisi Psikologi Pendidikan
> Psikologi pendidikan adalah studi matematis tentang proses-proses dan faktor-faktor kejiwaan yang berhubungan dengan pendidikan manusia.(Whiterington, 1978)

Psikologi pendidikan adalah pengetahuan psikologi mengenai anak didik dalam situasi pendidikan.(Sumadi Surabrata, 1984)

Psikologi pendidikan merupakan penerapan teori teori pikologi untuk mempelajari perkembangan, belajar, motivasi, pengajaran dan permasalahan yang muncul dalam dunia pendidikan.(Elliot dkk, 1999)

Dari beberapa definisi diatas dapat disimpulkan bahwa psikologi pendidikan adalah ilmu yang mempelajari penerapanteori teori psikologi dalam bidang pendidikan.