Blog

Pengertian Data Penelitian Jenis Beserta Syaratnya

Selain topik penelitian dan metodologi dalam sebuah kegiatan penelitian juga ada data penelitian yang merupakan poin penting yang harus disertakan. Tanpa adanya jenis data penelitian yang dikumpulkan dalam suatu kegiatan penelitian, maka penelitian tersebut hanya akan berjalan di tempat karena tidak ada yang dibuat untuk mengambil keputusan dan disimpulkan alias tak memberi hasil.

Sebelum melakukan penelitian, peneliti harus mengumpulkan data-data terlebih dahulu.. Data tersebut harus sesuai dan merupakan inti dan alasan mengapa seorang peneliti melakukan penelitian mengenai hal tersebut. Data bersifat krusial karena menjadi pembuktian dari landasan teori serta memberi jawaban atas rumusan masalah.

Pengertian Data Penelitian Menurut Para Ahli
Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) menyebutkan bahwa data penelitian merupakan keterangan atau bahan yang bisa dijadikan sebagai dasar kajian atau analisis data penelitian dan simpulan dalam suatu penelitian. Berikut ini pengertian data penelitian menurut para ahli.

Data merupakan informasi faktual seperti pengukuran dan statistik yang dipergunakan sebagai dasar dalam penalaran, diskusi atau perhitungan seperti dalam penelitian ilmiah. Selain itu data adalah kenyataan-kenyataan murni yang belum diberi penafsiran apa saja. Belum diubah maupun belum dimanipulasi, namun sudah tersusun dalam sistematika tertentu.

Sistematika yang menyusun data ini dapat berbentuk dasar yang mengikuti kronologis atau waktu, spasial (tempat), peristiwa, pokok soal hingga dasar lain yang sesuai dengan tujuan dilakukannya penelitian oleh seorang peneliti.

Data diartikan sebagai keterangan mengenai sesuatu keterangan, data tersebut dapat berupa bilangan, angka atau data kuantitatif dan berupa keterangan yang bukan berupa bilangan atau disebut dengan data kualitatif.

Dalam pengertian sehari-hari bisa diartikan sebagai fakta dari suatu objek dalam proses pengamatan, bisa berbentuk angka dan kata. Dan apabila dipandang dari statistik, data merupakan fakta-fakta yang akan digunakan sebagai bahan penarikan simpulan suatu penelitian.

Baca juga: Apa Itu Tinjauan Pustaka? Manfaat, Fungsi dan Cara Membuatnya

Klasifikasi Data Penelitian
* Data Penelitian Kuantitatif

Merupakan jenis-jenis data penelitian yang ada atau dinyatakan dalam bentuk angka dan diperoleh dari lapangan, disebut juga data kualitatif yang dinyatakan dalam bentuk angka dan diperoleh dengan cara mengubah nilai-nilai kualitatif hingga menjadi kuantitatif.

* Data Penelitian Kuantitatif

Diartikan sebagai data-data yang muncul dan dinyatakan dalam bentuk kata, kalimat, ungkapan, narasi hingga gambar. Seperti seorang siswi bernama ‘Ani’ berkelakuan ‘baik sekali’, sehingga data yang disebutkan tersebut adalah data kuantitatif.

Persyaratan Data Penelitian yang Valid
Data penelitian harus aktual, artinya data penelitian dilakukan memiliki kebaruan atau mengikuti perkembangan zaman dengan inovasi-inovasi yang ada. Contohnya seperti penggunaan start up dalam bidang pertanian.

Data penelitian yang representatif, artinya data penelitian didapatkan sudah mewakili permasalahan secara jelas atau menjelaskan fakta-fakta yang ada dalam masyarakat secara luas. Contohnya seperti data penjual daging sapi di pasar tradisional.

Objektif dalam hal ini adalah riset yang dilakukan sudah dianalisis atau dikaji menggunakan penelitian berdasarkan fakta-fakta yang ada. Dan bukan secara subjektif dari peneliti, selain itu bisa dibilang objektif jika data-data penelitian sesuai dengan keadaan sesungguhnya.

Harus memenuhi unsur kesalahan yang kecil, artinya data penelitian dapat dibuktikan menggunakan bukti. Sehingga hasil penelitian yang didapat juga bagus, peneliti yang teliti tak banyak membuat kesalahan yang kemungkinan terjadi dalam proses penelitian.

Riset yang valid harus relevan, artinya data penelitian yang digunakan berkaitan dengan permasalahan yang sesungguhnya dan menjelaskan fakta-fakta yang ditemukan oleh peneliti di lapangan.

Maksud relevan dalam hal ini adalah data penelitian yang didapat harus disesuaikan dengan sistematika suatu penelitian.Sementara itu, data penelitian hendaknya menyesuaikan dengan waktu jika data akan digunakan sebagai evaluasi atau pengendalian.

Memiliki nilai guna, artinya data penelitian memberikan manfaat pada masyarakat yang pada umumnya bisa memberi solusi dari permasalahan-permasalahan yang ada. Hal ini termasuk dalam salah satu syarat riset yang valid.

Data Penelitian berdasarkan Penafsirannya
Yakni data-data yang didapat peneliti dari sebuah subjek penelitian lewat pengetahuan subjek kebenaran atau informasi dari asal. Data faktual bisa meliputi kutipan, ujaran lisan, hasil dari observasi dan lain sebagainya.

Merupakan data-data yang berisi kaitannya dengan subjek penelitian dan perlu digali secara mendalam dari berbagai macam sumber. Sumber data penelitian dalam hal ini bisa berbentuk wawancara, artikel dan lain sebagainya.

Data Penelitian berdasarkan Cara Memperolehnya
Merupakan data yang didapatkan dari subjek penelitian secara langsung, data ini dapat berupa data otentik, objektif dan reliabel. Karena data yang ada digunakan sebagai dasar dalam memecahkan suatu permasalahan. Data primer juga bisa berupa wawancara dengan subjek, angket, dan hasil dari semuanya.

Kelemahan penggunaan angket untuk penelitian terkadang ditemui seperti ketika responden sering tidak teliti sehingga ada pertanyaan yang terlewat. Selain itu juga sangat sulit untuk dicari validitasnya.

Merupakan data yang didapat atau diperoleh bukan dari subjek penelitian yang dipakai, data sekunder bersifat pelengkap dan penguat dari data primer. Data sekunder bisa didapatkan dengan mudah dan diakses oleh banyak orang karena memang dibagikan ke publik, lewat artikel di internet, artikel ilmiah, majalah, data statistik hingga surat kabar.

Data Penelitian berdasarkan Skala Pengukurannya
* Berdasarkan skala pengukuran, data penelitian dibagi menjadi empat jenis. Di antaranya data nominal, ordinal, interval dan rasio. Keempat jenis data penelitian berdasarkan skala pengukuran ini memiliki pengertian hingga karakteristik masing-masing.

Data Penelitian berdasarkan Sumbernya
Data-data yang didapat dari suatu organisasi atau perusahaan dan data ini menggambarkan kondisi bagaimana organisasi tersebut dijadikan sebagai penelitian. Data internal merupakan hasil dari penelitian atau juga bisa didapatkan oleh seorang peneliti. Contohnya seperti kepegawaian, penjualan, pengeluaran, pemasukkan dan lain sebagainya.

Merupakan data-data yang didapat dari luar suatu organisasi atau perusahaan, data ini menggambarkan keadaannya dan nantinya dijadikan sebagai penelitian. Data penelitian eksternal didapat dari penelitian di luar berupa hasil penelitian pada orang lain terkait suatu organisasi atau perusahaan.

Data Penelitian berdasarkan Jenis Data
Merupakan data yang berupa kata, kalimat atau paragraf dengan makna yang dimiliki dan berkaitan dengan penelitian. Contoh sumber data penelitian kualitatif seperti data mengenai tanggapan masyarakat terkait fenomena yang sedang terjadi.

Merupakan data berupa angka atau statistik, contoh yang ada dan digunakan adalah data mengenai pengguna media sosial di Indonesia. Seperti pengguna Instagram, Twitter, Facebook dan media sosial lain yang populer di Tanah Air.

Data Penelitian Berdasarkan Sifat Data
Data diskrit adalah data penelitian dengan nilai yang merupakan bilangan-bilangan asli dan bukan pecahan. Contoh yang ada dan digunakan adalah data mengenai jumlah kendaraan roda dua di Kota Surakarta.

Merupakan data penelitian yang nilainya tidak selalu berupa bilangan, tetapi juga berupa pecahan dan nilai pada data kontinyu terdapat pada suatu interval tertentu. Selain itu, data ini juga dijelaskan dengan kata kira-kira dan sebagainya.

Data Penelitian berdasarkan Waktu Pengumpulannya
Data dalam hal ini memang sangat harus disesuaikan saat mendapatkannya dengan waktu pengumpulan. Karena itu penting untuk diketahui waktu pengumpulan data penelitian antara lain sebagai berikut ini.

Data ini merupakan data-data penelitian yang menunjukkan titik waktu tertentu yang digunakan dalam sebuah penelitian, contohnya seperti data laporan penjualan dalam satu hari, minggu, bulan bahkan hingga tahunan.

Data berkala merupakan data penelitian yang memperlihatkan waktu ke waktu dalam tempo tertentu dan menjadi salah satu data yang sering digunakan dalam penelitian. Contohnya data laporan mahasiswa Ekonomi antara tahun 2014 hingga 2019.

Demikian penjelasan mengenai pengertian data penelitian, manfaat, jenis dan contoh yang ada dalam sebuah penelitian. Jurnal Sampoerna University memberi informasi tambahan dan pelengkap bagi para mahasiswa, salah satunya mengenai data penelitian. Informasi ini penting dan dibutuhkan mahasiswa yang sedang mengerjakan tugas akhir.

Sampoerna University memberi fasilitas penunjang yang lengkap kepada para mahasiswa dalam proses pembelajaran. Selain itu Sampoerna University juga menerapkan kurikulum berstandar internasional, di mana mahasiswa dididik untuk tidak hanya bersaing dalam skala nasional melainkan juga dalam skala internasional.

Referensi
Duniadosen.com – Jenis Data Penelitian