Blog

Pengertian Budaya Menurut Para Ahli

BUDAYA merupakan komponen yang berada di tengah masyarakat. Dalam perkembangannya, budaya memengaruhi sifat dalam masyarakat secara kolektif.

Namun, secara bersamaan, masyarakat juga menciptakan budaya itu sendiri. Maka, apakah itu budaya? Berikut penjelasan detailnya.

Pengertian budaya menurut para ahli
Menurut KBBI, budaya adalah pikiran; akal budi, serta sesuatu yang sudah menjadi kebiasaan dan sukar diubah. Menurut Koentjaraningrat, budaya adalah segala daya dan aktivitas manusia untuk mengolah serta mengubah semesta alam.

Sedangkan menurut Parsudi Suparlan, budaya adalah semua pengetahuan manusia yang dimanfaatkan untuk mengetahui dan memahami pengalaman serta lingkungan yang dialaminya. Edward Burnett Tylor mendefinisikan budaya sebagai keseluruhan yang kompleks mencakup kepercayaan, pengetahuan, kesenian, hukum, moral, adat istiadat, dan kemampuan lain yang diperoleh seseorang sebagai anggota masyarakat.

Ciri-ciri budaya
Budaya dari masing-masing kelompok berbeda-beda. Namun, dalam ciri ciri yang ditunjukkan, budaya memiliki kesamaan antara satu dengan yang lain. Berikut ciri-ciri dari budaya.

1. Bersifat kolektif.

Karena dibentuk dan berada dalam kelompok masyarakat, budaya sudah semestinya bersifat kolektif yang berarti dimiliki dan dilakukan bersama oleh anggotanya. Kendati demikian, budaya memiliki batasan sendiri. Artinya, ini hanya berada pada kelompok tersebut dan tidak mengikat kelompok yang lain.

2. Adaptif.

Budaya merupakan komponen dari masyarakat yang pada umumnya selalu dinamis dan berubah dengan cepat. Karena itu, budaya juga terus mengikuti perubahan tersebut, meskipun tidak sepenuhnya mengubah keseluruhan nilai yang terkandung dalam budaya. Namun sifat adaptif tersebut merombak beberapa aturan dalam budaya.

3. Dapat diwarisi.

Budaya pada umumnya juga merupakan warisan dari generasi ke generasi. Warisan nilai dan karakter dari dan kepada masyarakat. Karenanya, dapat dipastikan bahwa budaya secara langsung dapat diajarkan dan dipelajari oleh kelompok masyarakat.

Fungsi budaya
Budaya pada umumnya berfungsi sebagai identitas dalam masyarakat. Suatu kelompok masyarakat dapat diklasifikasi dan diidentifikasi dengan ciri kebudayaan yang melekat kepada dirinya. Hal ini karena budaya menjadi identitas bersama dalam kelompok masyarakat.

Budaya juga menjadi komponen yang menciptakan sifat dan perangai dari seseorang dalam kelompok masyarakat tertentu. Dalam lingkaran masyarakat yang berbudaya, cenderung tiap anggotanya memiliki kesamaan dalam perangai atau persepsinya terhadap suatu hal. Hal ini disebabkan oleh budaya yang ikut memengaruhi dan menciptakan sifat yang cenderung sama dalam masyarakat. (OL-14)