Blog

Mengenal Pengertian Ilmu Sosial Dan Menurut Para Ahli

Pengertian ilmu sosial dan menurut para ahli – Ilmu sosial adalah ilmu yang mencakup semua aspek didalam kehidupan mulai dari sifat seseorang atau individu, interaksi antar individu, antara individu dan kelompok, dan interaksi antara kelompok dan kelompok.

A. Mengenal Ilmu sosial Lebih Dalam

Lalu pengertian ilmu sosial dasar adalah suatu pengetahuan yang menelaah berbagai masalah sosial khususnya yang diwujudkan oleh masyarakat umum dengan menggunakan berbagai pengertian (fakta, konsep dan teori) yang berasal dari berbagai macam bidang ilmu pengetahuan keahlian dalam lapangan ilmu-ilmu sosial, Misalnya seperti: Sejarah, ekonomi, geografi sosial, sosiologi, antropologi, psikologi social, dan sebagainya.

Tujuan Ilmu Sosial Dasar yaitu untuk membantu perkembangan pengetahuan atau wawasan pemikiran dan juga kepribadian supaya memperoleh wawasan pemikiran yang lebih luas lagi tentang sosial.

sumber: pixabay.comDalam interaksi tersebut sering terjadi konflik, konflik disini artinya luas, tidak hanya masalah saja, Akan tetapi juga komunikasi yang menimbulkan hubungan timbal balik. Ilmu sosial juga mempunyai fungsi untuk mempelajari hubungan tersebut.

Ilmu sosial-pun bukan hanya mempelajari interaksi timbal balik antar individu saja, tetapi juga mempelajari bagaimana memecahkan masalah-masalah yang terjadi diantara individu, maupun antar kelompok. Sebab dalam kehidupan tidak mungkin jika kita tidak memiliki masalah, dan disini ilmu sosial sangatlah berperan penting, karena mengacu pada beberapa aspek seperti, moral, politik, dan sebagainya. (Baca Juga: Pengertian Perubahan Sosial Secara Umum)

B. 2 Contoh Permasalahan Yang Sering Terjadi

Contoh masalah yang sering yang terjadi, misalnya seperti:

* Individu: Disaat rasa ego dari seseorang (individu) tersebut muncul saat itu juga permasalah sedang terjadi pada individu tersebut.
* Kelompok: Saat dimana masalah sedang terjadi lalu berimbas pada banyak orang, itulah masalah yang harus dihadapi oleh kelompok tersebut.

C. Pengertian dari Ilmu Sosial Menurut Beberapa Ahli

Pengertian ilmu sosial menurut para ahli, diantaranya sebagai berikut ini:

* Menurut, Achmad Sanusi ~ Ilmu Sosial terdiri disiplin-disiplin ilmu pengetahuan sosial yang bertaraf akademis & biasanya dipelajari pada tingkat perguruan tinggi, makin lanjut makin ilmiah.
* Lalu menurut, Peter Herman~Sosial adalah sesuatu yang dipahami sebagai suatu perbedaan namuntetap merupakan sebagai satu kesatuan
* Dan menurut, Gross ~ Ilmu Sosial merupakan disiplin intelektual yang mempelajari manusia sebagai makluk sosial secara ilmiah, memusatkan pada manusia sebagai anggota masyarakat & pada kelompok atau masyarakat yang ia bentuk.

Dan tidak ada salahnya jika kita belajar akan berbagai hal yang ada disekeliling kita, sebab dari hal tersebut kita akan dengan mudah mempelajari setiap permasalahan dan memecahkannya dengan cara yang baik.

Itulah artikel yang membahas tentangdefinisi atau pengertian ilmu sosialdan semoga bermanfaaat….