Blog

Indikator Kualitas Produk Menurut Para Ahli

Produk merupakan inti dari sebuah kegiatan pemasaran karena produk merupakan output atau hasil dari salah satu kegiatan atau aktivitas perusahaan yang dapat ditawarkan ke pasar sasaran untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen. Pada dasarnya dalam membelisuatu produk,seorang konsumen tidak hanya membeli produk, akan tetapi konsumen juga membeli manfaat atau keunggulan yang dapat diperolehdari produk yang dibelinya. Oleh karena itu, suatu produk harus memiliki keunggulan dari produk-produk yang lain, salah satunya dari segi kualitas produk yang ditawarkan. Kualitas produk merupakan salah satu kunci persaingan diantara pelaku usaha yang ditawarkan kepada konsumen. Berikut ini merupakan pengertian kualitas produk menurutKotler dan Keller (2016:156) pengertian kualitas adalah sebagai berikut, “Quality is the totality of features andcharacteristics of a product or service that bear on its ability to satisfy stated or implied needs”. Kualitas produk memiliki indikator yang dapat digunakan untuk menganalisis karakteristik dari suatu produk.

* Indikator Kualitas Produk Menurut Garvin
Menurut Garvin dalam Aritonang (2005) mengungkapkan indikator yang dapat digunakan untuk mengukur kualitas produk, yaitu :

* 1. Features (fitur) meliputi karakteristik sekunder yang melengkapi fungsi dasar produk
2. Durability (daya tahan) yaitu berapa lama produk tersebut dapat terus digunakan
3. Seviceability (mudah diperbaiki) yaitu kemampuan perbaikan atau kecepatan perbaikan suatu produk Kinerja.
4. Baik buruknya review mengenai produk tersebut. Indikator kualitas Produk Menurut Kotler danArmstrong, 2008:132). * Fitur * Keragaman produk * Daya tahan produk * Mutu bahan baku. * Teknologi yang digunakan. * Garansi perbaikan

* Indikator Kualitas Produk Menurut Tjiptono . Performance (kinerja) merupakan karakteristik operasi pokok dari produk inti (core product) yang dibeli.
2. Features (fitur atau ciri-ciri tambahan) yaitu karaktersitik sekunder atau pelengkap.
3. Reliability (reliabilitas) yaitu kemungkinan kecil akan mengalami kerusakan atau gagal dipakai.
4. Confermance to Specifications (kesesuaian dengan spesifikasi) yaitu sejauh mana karakteristik desain dan operasi memenuhi standar-standar yang telah ditetapkan sebelumnya.
5. Durability (daya tahan) yaitu berkaitan dengan berapa lama produk tersebut dapat digunakan.
6. Serviceability meliputi kecepatan, kompetensi, kenyamanan, kemudahan direparasi serta penanganan keluhan secara memuaskan.
7. Esthetics (Estetika) yaitu daya tarik produk terhadap panca indera.
8. Perceived Quality (kualitas yang dipersepsikan), yaitu citra dan reputasi produk serta tanggung jawab perusahaan terhadapnya

* Indikator Kualitas Produk menurut (Zeithalm, 1988 dalam Kotler, 2009)

1. 1. Kemudahan penggunaan. . Daya tahan. . Manfaat produk. . Keragaman ukuran produk

* Indikator Kualitas Produk Menurut Fadhila dan Ardiansya
Menurut Fadhila dan Ardiansya dalam Palma and Andjarwati (2016) kualitas produk dapat diidentifikasi dalam beberapa indikator-indikator sebagai berikut :

1. 1. Variety (Kelengkapan Produk) Berkaitan dengan produk yang disediakan secara lengkap dan dapat dibedakan jelas dengan produk lainnya. . Keleluasan Berkaitan dengan karakteristik sekunder atau perlengkapan yang berguna untuk menambah fungsi dasar yang berkaitan dengan pilihan-pilihannya. . Depth (Kedalaman) Berkaitan dengan aspek fungsional suatu barang yang merupakan karakteristik utama dalam mempertimbangkan pelanggan dalam membeli suatu barang. . Flexybility (Fleksibilitas) Berkaitan dengan tingkat kesesuaian spesifikasi yang ditetapkan sebelumnya berdasarkan keinginan pelanggan, dan juga kesesuaian antara karakteristik desain produk dengan karakteristik kualitas standart yang ditetapkan. . Durability (Ketahanan/Keawetan) Berkaitan dengan berapa lama atau berapa tahan suatu produk dapat digunakan. . Kenyaman Produk Berkaitan dengan kemungkinan suatu barang berhasil menjalankan fungsinya setiap kali digunakan dalam periode waktu tertentu.

Pembahasan terkait :

Manajemen Pemasaran