Blog

Cara Membuat Email Baru Di HP

Ilustrasi Gmail. ©2018 Merdeka.com Merdeka.com – Di era perkembangan teknologi yang semakin maju seperti sekarang, kamu tidak lagi harus pergi ke kantor pos saat ingin mengirim surat atau dokumen tertentu. Kini kamu bisa melakukannya hanya lewat email.

Email sendiri merupakan singkatan dari electronic mail, yaitu surat atau pesan dengan format digital. Saat ini hampir semua orang memiliki alamat email masing-masing.

Email juga bisa jadi salah satu identitas yang harus dimiliki seseorang untuk menunjang pekerjaan sehari-hari. Selain surat menyurat, email juga diperlukan untuk pembuatan akun, masuk ke sebuah aplikasi, dan kebutuhan digital lainnya.

Perkembangan teknologi membuat segalanya jadi lebih mudah, begitu pun juga dengan cara membuat email. Kamu bisa membuat email baru dengan menggunakan HP atau komputer.

Langkah-langkah yang perlu dilakukan juga sangat sederhana dan mudah untuk diikuti. Berikut ini informasi mengenai cara membuat email baru yang telah dirangkum merdeka.com melalui liputan6.com.

©Shutterstock.com/ mtkang

Cara membuat email baru memang tidaklah sulit. Kamu hanya perlu mengisi data diri yang ditunjukkan pada layar HP kamu.

Setelah itu, kamu tinggal mengikuti langkah-langkah berikutnya sesuai dengan petunjuk dari domain yang kamu pilih. Salah satu domain yang bisa kamu pilih adalah gmail, yang memang paling banyak digunakan.

Berikut ini cara buat gmail baru di HP:

1. Cari menu setting atau pengaturan di HP.
2. Kemudian, cari menu account atau akun. Pilih add account atau tambah akun.
3. Cari ikon Google. Akan muncul pilihan ‘sign in’ dan ‘create a new account’, lalu pilih create a new account.
4. Isi nama depan dan nama belakang, lalu klik next. Isi tanggal lahir dan jenis kelamin, lalu klik next.
5. Pilih nama sebagai username kamu, lalu klik next.
6. Jika ternyata terdapat tulisan “That username is taken. Try another.” itu tandanya orang lain telah memakai username yang kamu pilih. Kamu bisa mengakalinya dengan menambah angka. Jika sudah, klik next.
7. Selanjutnya adalah menentukan password. Minimal 8 karakter, bisa menggunakan huruf kecil, besar, angka, dan karakter unik. Jangan sampai lupa! Samakan isian kolom atas dengan bawah. Jika sudah, klik next.
8. Kemudian, akan muncul kotak Privacy and Terms, lalu klik pada tombol ‘I Agree’.
9. Setelahnya akan ada konfirmasi username dan password. Klik Next.
10. Aplikasi akan memproses. Setelah itu akan ada pemberitahuan yang mengatakan bahwa kamu telah memiliki akun Gmail baru.

Demikian cara buat email baru di HP menggunakan platform gmail. Caranya memang sangat mudah, kamu hanya perlu mengikuti langkah-langkah tersebut.

Cara Membuat Email Baru di Komputer
©shutterstock.com/ra2 studio

Selain cara buat email baru di HP, kamu juga bisa membuatnya di komputer atau laptop. Cara buat email bari di komputer atau laptop ini bahkan bisa dibilang lebih mudah lagi daripada di HP.

Berikut ini cara buat gmail baru di komputer atau laptop yaitu:

1. Masukkan alamat pada web browser.
2. Kemudian, klik create an account, sebuah kotak akan terbuka.
3. Isi data diri dengan lengkap. Pada isian setelah nama, kamu bisa memilih nama untuk username.
4. Jika ternyata terdapat tulisan “That username is taken. Try another.” itu tandanya orang lain telah memakai username yang kamu pilih. Kamu bisa mengakalinya dengan menambah angka.
5. Lalu, isi semua kolom yang belum terisi dengan data yang benar.
6. Setelah itu, klik “Next Step”, akan muncul agreement, atau kotak persyaratan, klik pada “I Agree”.
7. Kamu telah memiliki akun Gmail sekarang.

Demikian cara membuat email baru di komputer, sangat mudah dan tidak membutuhkan waktu lama. Setelah memiliki akun email kamu bisa menikmati berbagai macam fungsi email.

[nof]