Blog

Cara Melaksanakan Sholat Hajat Sesuai Sunnah Lengkap Disertai Bacaannnya

Cara Melaksanakan Sholat Hajat. Liputan6.com ©2021 Merdeka.com Merdeka.com – Cara melaksanakan sholat hajat perlu diketahui bagi umat Islam yang memiliki suatu keinginan. Sholat hajat merupakan salah satu amalan yang dapat dikerjakan sewaktu-waktu, baik siang maupun malam hari.

Di dalam menjalani kehidupan, manusia senantiasa tak luput dari rasa bimbang dan kesulitan saat hendak melakukan sesuatu hal. Agar keinginannya dikabulkan oleh Allah SWT, maka umat Islam dianjurkan oleh Rasulullah SAW untuk melaksanakan sholat hajat dan berdoa. Adapun sabda Rasulullah tersebut berbunyi,

“Siapa yang berwudhu dan sempurna wudhunya, kemudian sholat dua rakaat (sholat hajat) dan sempurna rakaatnya, maka Allah berikan apa yang ia pinta cepat atau lambat.” (HR. Ahmad).

Tak hanya bertujuan untuk memanjatkan doa agar dikabulkan Allah SWT, menunaikan sholat hajat juga memiliki banyak manfaat serta keutamaannya. Lantas bagaimana tata cara melaksanakan sholat hajat? Simak mengenai tata cara melaksanakan sholat hajat hingga keutamannya yang berhasil dirangkum dari berbagai sumber berikut ini.

Sholat hajat merupakan amalan sunnah yang dilaksanakan oleh seorang muslim dengan tujuan agar keinginannya dikabulkan oleh Allah SWT. Keinginan tersebut dapat berupa hal yang berkaitan dengan jodoh, rezeki, atau perlindungan dari marabahaya dan kesulitan hidup.

Seperti halnya sholat sunnah pada umumnya, cara melaksanakan sholat hajat yakni dapat dikerjakan dalam jumlah rakaat yang genap. Sholat hajat dapat dikerjakan mulai dengan 2 rakaat hingga maksimal 12 rakaat. Untuk sholat hajat yang dikerjakan lebih dari 2 rakaat, maka setiap selepas 2 rakaat harus diakhiri dengan salam.

Satu hal yang menjadi pembeda sholat hajat dengan sholat sunnah lainnya yakni terletak pada waktunya. Sholat hajat senantiasa diperbolehkan untuk dilaksanakan setiap waktu yakni pada siang atau malam hari. Namun, sholat hajat diutamakan agar dilaksanakan pada malam hari yakni pada sepertiga akhir menjelang masuknya waktu salat Subuh.

Keutamaan Sholat Hajat
©2020 Merdeka.com

Keutamaan sholat hajat yakni dikabulkannya permintaan kita oleh Allah SWT terhadap keinginan yang dipanjatkan dalam doa. Selain itu, keutamaan sholat hajat yang lain di antaranya yakni sebagai berikut,

1. Mempermudah Dikabulkannya Doa
Sholat hajat merupakan salah satu cara agar keinginan kita lebih didengar oleh Allah SWT. Hal ini sebagaimana kisah seorang yang memiliki gangguan penglihatan dan menghadap Rasulullah untuk diberi kesembuhan. Kepadanya, Rasulullah justru memintanya untuk sholat hajat dan berdoa sebagai berikut,

“Ya Allah sesungguhnya aku bermohon kepada engkau dan aku menghadap kepada engkau dengan Muhammad Nabiyyir Rahmah, Wahai Muhammad sesungguhnya aku menghadap Tuhanku bersamamu dalam memohonkan hajatku ini agar dikabulkan. Ya Allah perkenankanlah dia (Muhammad SAW) memberikan syafaatnya kepadaku.” (HR. Utsman bin Hunaif).

2. Senantiasa Jauh dari Kesulitan
3. Mendapatkan pahala dari Allah SWT
4. Meningkatkan iman dan takwa
5. Memperoleh perasaan tenang dan damai saat berhadapan dengan kesulitan atau masalah dalam hidup.

Tata Cara Melaksanakan Sholat Hajat
©2020 Merdeka.com

Sama halnya dengan sholat fardhu, cara melaksanakan sholat hajat juga disertai dengan gerakan yang tak jauh berbeda. Kendati demikian, bacaan niat sholat hajat lah yang menjadi salah satu pembedanya. Berikut tata cara melaksanakan sholat hajat disertai dengan bacaan niatnya.

Ushalli sunnatal haajati rak ‘aataini lillahi ta’alaa

Artinya:
“Aku berniat sholat hajat sunnah dua rakaat karena Allah Ta’ala”.

* Takbiratul Ikhram
* Membaca doa Iftitah
* Membaca Al Fatihah
* Membaca surat-surat pendek
* Ruku
* I’tidal
* Sujud
* Duduk antara dua sujud
* Sujud kedua dan tuma’ninah.
* Rakaat kedua.
* Tasyahud akhir.
* Diakhiri dengan salam.

Bacaan Doa Sholat Hajat
islam-today.ru

Cara melaksanakan sholat hajat setelah salam yakni dengan memanjatkan doa. Berikut doa keselamatan dunia dan akhirat yang dapat dibaca setelah melaksanakan sholat hajat,

Rabbanaa aatina fidunyaa hasanah wa fil ‘akhirati hasanah wa qinaa ‘adzaaban nar

Artinya:

“Ya Allah, limpahkanlah kepada kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat serta peliharalah kami dari siksa neraka.”

Dilansir dari laman NU Online, ada pun bacaan doa sholat hajat yang dapat dilafalkan selanjutnya yakni sebagai berikut,

Laa ilaha illalahul haliimul kariimu subhanaanallahi rabbil ‘arsyil ‘adzim. Alhamdulillahi robbil ‘alamiin. As ‘aluka muujibaari rohamtika wa ‘adzaaima maghfirotika wal ghoniimata min kulli birri wassalaamata min kulli itsmin laa tada’ lii dzamban illa ghofartahu walaa hamman illaa farojtahu walaa haajatan hiya laka ridhon illa qodhoitahaa yaa arhamar roohimiin.

Artinya:

“Tiada Tuhan selain Allah Yang Maha Lembut dan Maha Mulia. Maha Suci Allah, penjaga Arasy yang agung. Segala puji bagi Allah, Tuhan alam semesta. Aku mohon kepada-Mu bimbingan amal sesuai rahmat-Mu, ketetapan ampunan-Mu, kesempatan meraih sebanyak kebaikan, dan perlindungan dari segala dosa. Janganlah Kau biarkan satu dosa tersisa padaku, tetapi ampunilah. Jangan juga Kau tinggalkanku dalam keadaan bimbang, karenanya bebaskanlah. Jangan pula Kau telantarkanku yang sedang berhajat sesuai ridha-Mu karena itu penuhilah hajatku. Hai Tuhan Yang Maha Pengasih.” [mta]

Baca juga:
Kautamaan Shalat Berjamaah, Ketahui Hukum Pelaksanaannya
Doa Sholat Tahajud dan Witir, Lengkap Disertai Arti dan Keutamaannya
Witir Artinya Ganjil, Ketahui Hukum Hingga Tata Cara Salatnya
Bacaan Sholat Tarawih saat Sendiri dan Berjemaah beserta Tata Cara Pelaksanaannya
Bacaan Sholat Tarawih dan Tata Caranya, Umat Muslim Wajib Tahu