Blog

burung nama organ geraknya apa fungsinya apa

burung nama organ geraknya apa fungsinya apa – Dalam sains, binatang ialah salah satu makhluk hidup. Hal ini disebabkan binatang memenuhi prasyarat-prasyarat makhluk hidup seperti bisa berkembang biak. Salah satu binatang yang ada di bumi ini ialah burung. Pasti kalian telah tak asing dengan burung. Ya, burung cukup gampang ditemukan di kehidupan sehari-hari seperti dikala binatang itu terbang di angkasa. Tapi, pernahkah kalian berdaya upaya apa nama organ gerak burung sehingga dapat terbang dan apa fungsinya? Untuk memenuhi keingin tahuan kalian perihal organ gerak burung, simak penjelasannya dalam tulisan yang menarik berikut ini.
Organ Gerak Burung
Sebelum mengetahui organ gerak burung, mari kita kenali burung itu sendiri terpenting dulu. Mengutip Buku Trampil Alam Sekitar oleh Jumanta (2019), burung adalah binatang vertebrata berdarah panas yang berambut dan mempunyai sayap. Burung mempunyai kecakapan khusus untuk terbang di udara. Kesanggupan terbangnya mengesankan, kecepatannya 24-80 km/jam. Wah, rupanya burung keren ya.
Dari penjelasan di atas, mungkin kalian telah dapat menebak apa nama organ gerak burung. Ya, salah satu organ gerak burung disebut sayap. Kecuali sayap, organ gerak burung lainnya disebut kaki.
Fungsi organ gerak burung yang berupa kaki ialah untuk menolong burung berjalan di darat. Kecuali itu, kaki pada burung juga berfungsi sebagai alat untuk bertengger di pohon.  Lalu, fungsi dari organ gerak burung lain yang bernama sayap ialah untuk terbang. Sayap memiliki kecakapan mengangkat burung ke udara dengan mengaplikasikan bulu-bulu lebar pada sayap untuk menangkap udara yang ada lalu mendukungnya ke bawah.
Gambaran Nama Organ Gerak Burung, Pexels Pixabay
zoom-in-white
Perbesar
Gambaran Nama Organ Gerak Burung, Pexels Pixabay
Anatomi kaki dan sayap pada burung berbeda bagi masing-masing spesies atau macam burung. Sebagian kaki burung ada yang cukup besar sehingga dapat digunakan untuk mencengkeram mangsanya seperti elang. Lalu untuk sayap, ada burung yang dapat tak memunculkan suara sama sekali saat terbang sebab bulu-bulunya unik seperti burung hantu. Malahan, ada juga burung yang tak dapat terbang meski memiliki sayap seperti penguin.
Demikian penjelasan mengenai nama dan fungsi organ gerak burung. Semoga dapat menolong kalian untuk memahami burung lebih jauh. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *