Blog

Populasi Adalah Salah Satu Objek Penelitian Ini Penjelasan Para Ahli

Terma populasi sering diartikan sebagai jumlah keseluruhan objek penelitian. Menurut sejumlah sumber yang salah satunya berasal dari jurnal dengan berjudul Populasi dan Sampel Penelitian oleh Supardi yang diterbitkan Universitas Islam Indonesia, pengertian populasi adalah semua nilai yang diperoleh dari hasil perhitungan, maupun pengukuran. Pahami bahwa populasi adalah bisa digunakan dalam penelitian kualitatif maupun kuantitatif.

Salah satu sumber mengenai arti populasi terlansir dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), yang berarti bahwa populasi adalah seluruh jumlah orang atau penduduk di suatu daerah. Populasi adalah jumlah orang atau pribadi yang mempunyai ciri-ciri yang sama. Populasi adalah sekelompok orang, benda, atau hal yang menjadi sumber pengambilan sampel, suatu kumpulan yang memenuhi syarat dengan masalah penelitian.

Penjelasan Singkat Mengenai Populasi Dari Para Ahli

Berikut sejumlah penjelasan mengenai populasi dari para ahli yang dilansir dari Liputan6.com dan rangkuman sejumlah sumber:

1. Pengertian Populasi Menurut Nazir (2005)

Pengertian populasi adalah sekumpulan individu dengan kualitas dan karakter yang sudah ditetapkan oleh peneliti. Ciri, karakteristik, dan kualitas itu yang dinamakan sebagai variabel. Ia membagi populasi menjadi dua yakni populasi finit dan infinit.

2. Pengertian Populasi Menurut Margono (2004)

Pengertian populasi adalah keseluruhan data yang menjadi pusat perhatian seorang peneliti dalam ruang lingkup dan waktu yang telah ditentukan. Populasi berkaitan dengan data-data, jika seorang manusia memberikan suatu data, maka ukuran atau banyaknya populasi akan sama banyaknya manusia.

3. Pengertian Populasi Menurut Bugin (2000: 40)

Pengertian populasi adalah keseluruhan (universum) dari objek penelitian berupa manusia, hewan, tumbuhan, udara, gejala, nilai, peristiwa, sikap hidup, dan sebagainya sehingga objek ini dapat menjadi sumber data penelitian.

4. Pengertian Populasi Menurut Widiyanto (2010: 5)

Pengertian populasi adalah suatu kelompok atau kumpulan objek atau objek yang akan digeneralisasikan dari hasil penelitian.

5. Pengertian Populasi Menurut Hartono (2011: 46)

Pengertian populasi adalah dengan karakteristik tertentu ada yang jumlahnya terhingga dan ada yang tidak terhingga. Penelitian hanya dapat dilakukan pada populasi yang terhingga saja.

6. Pengertian Populasi Menurut Arikunto Suharsimi (1998: 117)

Pengertian populasi adalah keseluruhan objek penelitian. Apabila seseorang ingin meneliti sebuah elemen yang ada dalam wilayah penelitian tersebut, maka penelitiannya merupakan penelitian populasi.

7. Pengertian Populasi Menurut Sugiyono (1997: 57)

Pengertian populasi adalah wilayah generalisasi yang terdiri atas objek/subjek yang memiliki kuantitas dan karakteristik tertentu yang ditetapkan oleh peneliti untuk dipelajari dan kemudian ditarik kesimpulannya.

8. Pengertian Populasi Menurut Ismiyanto

Pengertian populasi adalah keseluruhan objek atau totalitas subjek penelitian yang dapat berupa orang, benda, atau suatu hal yang didalamnya dapat diperoleh dan atau dapat memberikan informasi (data) penelitian.

9. Pengertian Populasi Menurut Hadari Nawawi (1983)

Pengertian populasi adalah keseluruhan objek penelitian yang terdiri atas manusia, hewan, benda-benda, tumbuh, peristiwa, gejala, ataupun nilai tes sebagai sumber data yang mempunyai karakteristik tertentu dalam suatu penelitian yang dilakukan.

10. Pengertian Populasi Menurut Furchan (2004)

Pengertian populasi adalah objek, keseluruhan anggota sekelompok orang, organisasi, atau kumpulan yang telah dirumuskan oleh peneliti dengan jelas.

11. Pengertian Populasi Menurut Netra (1976)

Pengertian populasi adalah keseluruhan individu yang bersifat general atau umum yang mempunyai karakteristik yang cenderung sama.

12. Pengertian Populasi Menurut Sabar (2007)

Pengertian populasi adalah keseluruhan objek penelitian. Apabila seseorang ingin meneliti semua elemen yang ada dalam wilayah penelitian, maka penelitiannya merupakan penelitian populasi atau studi populasi atau study sensus.

13. Pengertian Populasi Menurut Nursalam (2003)

Pengertian populasi adalah keseluruhan dari variable yang menyangkut masalah yang diteliti.

14. Pengertian Populasi Menurut Husaini Usman (2006: 181)

Pengertian populasi adalah semua nilai baik hasil perhitungan maupun pengukuran, baik kualitatif maupun kuantitatif dari karakteristik tertentu mengenai kelompok objek yang lengkap dan jelas.

15. Pengertian Populasi Menurut Riduan & Tita Lestari

Pengertian populasi adalah keseluruhan dari karakteristik atau unit hasil pengukuran yang menjadi objek penelitian.

16. Pengertian Populasi Menurut Morissan (2012: 19)

Pengertian populasi adalah sebagai suatu kumpulan subjek, variabel, konsep, atau fenomena. Kita dapat meneliti setiap anggota populasi untuk mengetahui sifat populasi yang bersagkutan.

17. Pengertian Populasi Menurut Sudjana (2010: 6)

Pengertian populasi adalah totalitas semua nilai yang mungkin, hasil yang menghitung ataupun pengukuran, kuantitatif maupun kualitatif mengenai karakteritik tertentu dari semua anggota kumpulan yang lengkap dan jelas yang ingin mempelajari sifat-sifatnya.

18. Pengertian Populasi Menurut Mulyatiningsih (2011: 19)

Pengertian populasi adalah sekumpulan orang, hewan, tumbuhan, atau benda yang memiliki karakteristik tertentu yang akan diteliti. Populasi akan menjadi wilayah generalisasi kesimpulan hasil penelitian.

19. Pengertian Populasi Menurut Howel (2011: 7)

Pengertian populasi adalah sebagai kumpulan dan peristiwa dimana anda tertarik dengan peristiwa tersebut.

20. Pengertian Populasi Menurut Zuriah (2009: 116)

Pengertian populasi adalah seluruh data yang menjadi perhatian peneliti dalam suatu ruang lingkup dan waktu yang telah ditentukan.