Blog

Pengertian Geologi Menurut Para Ahli

Geografi bisa dikatakan sebagai salah satu ketaatan ilmu yang di kembangkan berpangkal masa ke perian. Sama seperti disiplin ilmu yang lain di setiap perkembangnya pasti muncul tokoh di dalamnya. Oleh karena itulah artikel ini akan mengulas tentang beragam pengertian geografi menurut para ahli.

Namun yang karuan, dalam berbagai macam cabangnya koteng contoh amatan ilmu permukaan bumi ini bisa dilihat dari rancangan ilmu permukaan bumi awak, geografi manusia, ilmu permukaan bumi teknik, dan lainnya.

Geografi

Geografi merupakan aji-aji pengetahuan yang senantisa memberikan refrensi tentang fenomena alam dan gejala-gejala yang dimbulkan, baik tubuh, sosial, serta keruangan yang berupa kajian aspek biosfer, atmosfer, hidrosfer, dan lingkungan yang memiliki pengaruh di dalamnya.

Adapun dalam perkembangannya banyak bermunculan cendekiawan atau tokoh nan mengemukakan konotasi ilmu permukaan bumi menurut kacamata pandang mereka. Dalam penyampaiannya mereka memperalat bahasa serta kacamata pandang mereka seorang sendiri namun lega dasar nya memiliki makna yang selaras.

Pengertian Geografi Menurut Para Ahli

Berikut yaitu definisi geografi menurut para ahli, antara tak;

Geografi dapat d artikan sebagai asal maupun pokok dari segala hobatan deklarasi tentang fenomena sosial dan abstrak fenomena alam lantaran banyak satah ilmu pengetahuan yang di mulai bersumber situasi muka manjapada bikin memperdalam latar eksplorasi masing-masing.

Geografi ialah suatu ilmu yang mempelajari hubungan gejala-gejala yang terserah di permukaan bumi, baik yang bersifat fisik maupun yang bersifat sosial tertera permasalahannya melewati pendekatan keruangan, kelingkungan, dan regional bikin kepentingan dan keberhasilan pembangunan.

Menurut Ferdinavd, Geografi yakni kepatuhan ilmu yang mempelajari gejala serta sifat nan ada di pemukaan bumi dan mahluk hidup di dalam nya, di olah menurut letaknya, serta gejala gejala fenomena yang cak semau di durja bumi.

Ilmu permukaan bumi merupakan sebuah ilmu yang menunjukan relitas deferensiasi paras bumi barang apa adanya,tidak tetapi dalam perbedaan-perbedaan hal tertentu, tetapi pun internal rangkaian fenomena di setiap wadah, yang berbeda dari keadaanya di tempat bukan.

Geografi merupakan dmulti isiplin ilmu nan berusaha lakukan menganalisis , mengkaji variasi keruangan internal veriabel kawasan-kawsandan hubungan antar variabel-plastis keruangan.

Eratosthenes merupakan seorang cendekiawan yang kehidupan pada abad ke satu tahun Masehi. Dalam pandangannya terhadap geografi, eratosthenes ini mempunyai sudut pandang sendiri tentang pengertian ilmu permukaan bumi ini. menurut geografi adalah penulisan atau penggambaran akan halnya buram muka dunia.

Immanuel adalah seorang ilmuwan yang sangat tersohor di dunia. Immanuel Kant lagi pernah memberikan pemikiran serta sudut pandang nya akan halnya denotasi geografi. Menurut Immanuel Kant, geografi adalah disiplom ilmu nan bulan-bulanan studinya adalah benda-benda, hal-kejadian ataupun gejala-gejala nan tersebuar intern wilayah di rataan Bumi

Pelecok satu ilumawan alias tokoh geografi yang berasal bermula kerumahtanggaan negri. Daldjoeni juga pernah mendermakan pemikiran nya mengenaik Geografi. Menurut nya Geografi adalah ilmu permakluman yang mengajarkan orang mencakup tiga keadaan kiat. Tiga hal pokok tersebut Yakni :

Amatan adapun spasial dalam mantra geografi mengkaji tetang beraneka ragam rajah diseminasi gejala, baik nan bersifat alami maupun manusiawi di muka Dunia. Situasi ini lebih menitikbertkan pada kajian mantra liwa-sosial yang menjadi karakteristik hobatan ilmu permukaan bumi. Seperti pada pengulasan konotasi bintang siarah atau yang lainnya.

Ekologi nan menjadi objek analisis dalam pengetahuan geografi akan bertambah condong plong proses penerimaan bagaimana tentang kehidupan manusia yang harus mampu beradaptasi dengan mileu-lingkungan disekitarnya.

Internal hal region, geografi mempelajari tentang wilayah dan perwilayahan yang menjadi tempat tinggal manusia dan juga manusia hidup lainnya berdasarkan kesendirian fisiografisnya yang senantiasanya melakat dalam sisi hayat.

Claudius Ilmuwan yang namanya dikenal makanya mayapada. Iluwan ini juga kombinasi berkontribusi privat Geografi. Menurut nya, geografi merupakan suatu penyajian melalui peta ekstrak sebagian dan seluruh permukaan Bumi

Ullman, adalah koteng ilmuwan yang pada seputar periode 1954 menyampaikan sudut pandang nya adapun Ilmu permukaan bumi Menurut Ullman, Ilmu permukaan bumi ialah interaksi antar pangsa. Pengertian yang singat namun layak menyatakan bahwa yang dinamakan geografi ini berhubungan dengan pangsa di permukaan Bumi.

Lobeck adalah salah satu ilmuwan yang menyampaikan sudut pandang nya tentang signifikansi geografi, Selingkung tahun 1933. Menurut Lobeck yang dimaksud dengan geografi ialah studi atau hobatan mualamat yang mengkaji akan halnya afiliasi- interelasi yang suka-suka di antara jiwa ( mahluk umur ) dengan lingkungan bodi

Mackinder ber pendapat , Ilmu permukaan bumi adalah hobatan yang memiliki kebaikan utama mengkaji kelainan interaksi manusia dalam umum dengan lingkungan yang berbeda menurut lokasinya masing masing.

Mereka merupakan ilmuwan Ekblaw dan Mulkerne.Ke dua cendekiawan in menyampaikan pemikiran nya tentang Geografi ialah guna-guna permakluman yang mempelajari serta mengkaji tentang mayapada dan kehidupannya, yang mempengaruhi aspek hidup mahluk hidup (manusia), makanan yang di konsumsi, gaun yang di gunakan, rumah yang di huni dan arena rekreasi nan ada .

Pendapat dari Ekblaw dan Mulkerne ini lebih luas dan kritis sehingga mencakup hingga hayat sosial awam

Herioso sendiri sarjana geografi yang berasal pecah n domestik negri. Menurut nya , Geografi adalah suatu mantra yang mempelajari dan mengkaji perantaraan timbal balik antara bani adam dengan lingkungannya dan merujuk pada model peredaran dipermukaan bumi.

1. Hasil seminar dan lokakarya di Semarang

Menyatakn bahwa Geografi merupakan hobatan yang mempelajari kemiripan serta perbedaan fenomena geosfer yang terserah dengan sudut pandang kewilayahan serta kelingkungan dalam konteks keruangan.

Menyatakan bahwa Ilmu permukaan bumi merupakan suatu disiplin ilmu tentang permukaan bumi, iklim, penduduk, flora, fauna, dan hasil yang diperoleh dari bumi.

Haris ialah seorang ilmuwan sendiri akademikus geografi yang mulai sejak berpangkal Indonesia. Pada waktu 2012 mengemukakan pendapat nya mengenai pengertian geografi. Menurut Haris, ilmu permukaan bumi ialah suatu bidang ilmu nan mengkaji segala aspek-aspek yang ada di permukaan Bumi dengan konsep ilmu permukaan bumi spasial bikin pemanfaatan pembangunan berkelanjutan nan ada di permukaan Marcapada

Menurut ilmuwan Elsworth Huntington, ilmu permukaan bumi adalah suatu studi yang membahas akan halnya fenomena fenomena rataan Bumi beserta penduduk nan menghuninya. Elsworth juga mengklarifikasi bahwa adanya hubungan imbang balik antara gejala dan juga resan-sifat parasan marcapada dengan penduduk.

Menurut Paul Vidal de La Blance, geografi adalah suatu studi tentang kualitas negara- negara, dimana penentuan satu kehidupan tergantung sreg bagiamana manusia menggapil bendera ini.

Jauhari Friederich Ratzel mengemukakan sudut pandang nya mengenai denotasi ilmu permukaan bumi. Menurut Friederich Ratzel, ilmu permukaan bumi ini berhubungan erat dengan perwilayahan di permukaan Manjapada. Pendapat Ratzel tentang ilmu permukaan bumi ini di tuangkan intern bukunya yang berjudul Politische Geographie.

Konsep yang dikemukakan ini oleh Ratzel ini diberi jenama Lebensraum yang mempunyai arti ialah daerah geografis perumpamaan sarana cak bagi organisme bakal berkembang. privat membidas ilmu permukaan bumi, Ratzel mencamkan bahwa suatu negara berorientasi berekspansi Lebensraumnya sesuai dengan kelebihan yang dimiliki makanya negara itu

Dari beberapa pernyataan para sarjana di atas dapat di tarik kesimpulan bahwa geografi yaitu disiplin ilmu nan mempelajari serta mengkaji bagian bagian di muka bumi dari aspek fisik maupun sosial. Secara garis raksasa pendapat para motor mempunyai makna serta kepentingan yang intim sekelas.

Objek Studi Geografi

Umpama pelangkap dalam objek kajian aji-aji geografi bisa dibedakan menjadi 2 jenis, antara bukan adalah sebagai berikut;

1. Formal, Kajian formal privat geografi meliputi tentang beragam keruangan dan serangkaian lingkungan n domestik setiap sisi hidup makhluk.
2. Material dalam ilmu geografi lebih dekat pada pemberitahuan alam yang mengulas tentang letak astronimis dalam semangat khalayak.

Demikianlah pengulasan adapun pengertian geografi menurut para juru, semoga dengan adanya kata sandang ini bisa mengasihkan wawasan serta mengungkap mengenai bervariasi rangka materi serta tokoh-tokohnya dalam analisis ilmu geografi.