Blog

Budaya Adalah Pengertian Fungsi Ciri Dan Contoh LENGKAP

Budaya adalah suatu gaya hidup yang berkembang dalam suatu kelompok atau masyarakat dan diwariskan secara turun menurun dari generasi ke generasi berikutnya.

Budaya mempengaruhi banyak aspek dalam kehidupan manusia. Budaya mempengaruhi agama, politik, adat istiadat, bahasa, bagunan, pakaian, bahkan dalam suatu karya seni tak lekang oleh pengaruh budaya.

Oleh sebab itu, seiring berjalannya waktu budaya bersifat kompleks, abstrak, dan luas dalam peradaban manusia. Pada artikel ini akan dikupas secara tuntas pengertian budaya, ciri-ciri suatu budaya, beserta contoh dari budaya yang ada di Indonesia.

Pengertian budaya
Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia, pengertian dari budaya adalah sesuatu yang berasal dari pikiran, adat istiadat, kebudayaan yang berkembang atau pun kebiasaan yang sulit untuk diubah.

Beberapa ahli juga memiliki pemahaman yang cukup berbeda dari pengertian budaya. Ahli yang memberikan sumbangsih pemikirannya antara lain:

* E. B Taylor dalam Soekanto
Kebudayaan adalah kompleks yang mencakup pengetahuan kepercyaan, kesenian, moral, hukum, adat istiadat dan lain kemampuan-kemampuan yang didapatkan oleh manusia sebagai anggota masyarakat.

* Selo Soemardjan dan Soelaeman Somardi
Kbudayaan sebagai semua hasil karya, rasa dan cipta masyarakat.

* Koentjaraningrat
Budaya diartikan sebagai segala daya dan kegiatan manusia untuk mengolah dan mengubah alam.

* Linton
Budaya adalah keseluruhan sikap & pola perilaku serta pengetahuan yang merupakan suatu kebiasaan yang diwariskan & dimilik oleh suatu anggota masyarakat tertentu.

* Parsudi Suparian
Budaya adalah seluruh pengetahuan manusia yang di manfaatkan untuk mengetahui serta memahami pengalaman dan lingkungan yang mereka alami.

* Ki Hajar Dewantara
Budaya ialah hasil dari usaha perjuangan masyarakat pada alam serta zaman yang memberikan bukti kemakmuran dan kejayaan hidup. Usaha perjuangan inilah yang mampu menghadapi serta menyikapi berbagai kesulitan dalam mencapai kemakmuran dan kebahagiaan hidup masyarakat tersebut.

Ciri budaya
Dalam melakukan indentifikasi suatu budaya atau kebudayaan, kamu bisa melihatnya dari ciri-ciri berikut ini.

* Kebudayaan bersifat universal, namun perwujudan kebudayaan mempunyai ciri-ciri khusus yang sesuai dengan situasi maupun lokasinya.
* Dinamis, suatu sistem yang berubah sepanjang waktu
* Selektif, mencerminkan pola perilaku pengalaman manusia secara terbatas
* Memiliki unsur budaya yang saling berkaitan
* Etnosentrik artinya menggangap budaya sendiri sebagai budaya yang terbaik atau menganggap budaya yang lain sebagai budaya standar.
* Kebudayaan mengisi dan menentukan jalan kehidupan manusia.

Contoh budaya
1. Batik
Batik adalah kerajinan yang memiliki nilai seni tinggi dan telah menjadi bagian dari budaya Indonesia (khususnya Jawa). Batik juga merupakan warisan nenek moyang bangsa Indonesia sejak dahulu kala.

Sejarah perkembangan batik di Indonesia berkaitan dengan perkembangan kerajaan Majapahit dan kerajaan sesudahnya. Dalam beberapa catatan batik banyak dilakukan pada masa kerajaan Mataram, kemudian berkembang di kerajaan Solo dan Yogyakarta.

2. Karapan Sapi
Karapan sapi merupakan istilah untuk menyebut perlombaan pacuan sapi yang berasal dari Pulau Madura, Jawa Timur. Pada perlombaan ini, sepasang sapi yang menarik semacam kereta dari kayu dipacu dalam lomba adu cepat melawan pasangan-pasangan sapi lain.

3. Ngaben
Ngaben adalah sebuah upacara pembakaran jasad yang dilakukan oleh umat Hindu di Bali. Upacara ini dimaksudkan untuk menyucikan roh anggota keluarga yang sudah meninggal yang akan menuju ke tempat peristirahatan terakhir.