Blog

Banyak Kicaumania Belum Tahu Manfaat Ulat Jerman

Banyak Kicaumania Belum Tahu Manfaat Ulat Jerman

Selama ini banyak kicaumania yang belum mengenal manfaat ulat Jerman (UJ) atau superworm (Zophobas morio). Malahan mendengar namanya malahan baru kali ini. Kicaumania lebih tenar dengan ulat hongkong (UH) diperbandingkan UJ. Walaupun apabila diperhatikan dari manfaatnya, UJ lebih unggul diperbandingkan UH. 

Bagi yang sebagian kali lihat pedagang ulat di pasar burung, tentu heran ketika memperhatikan ulat yang ukurannya besar-besar. Itulah UJ. Sebab UJ kurang populer, karenanya banyak kicaumania yang belum beratensi memberikan UJ pada gacoannya. Walaupun UJ selama ini telah betul-betul tersohor untuk pakan tambahan bagi burung, reptil, dan binatang pemakan serangga lainnya. 

Sebagian manfaat UJ yang lebih unggul diperbandingkan UH yakni:

UJ mempunyai kandungan nutrisi yang lebih tinggi sebab ukurannya juga lebih besar diperbandingkan UH.

UJ memberikan tenaga bendung lebih prima pada burung sebab UJ mempunyai tenaga bendung kepada penyakit yang lebih kuat diperbandingkan UH.

UJ tak membikin burung menjadi panas atau over libido, seperti apabila kita memberikan UH terlalu banyak pada burung.

UJ mempunyai kandungan khitin (exoskeleton) yang lebih sedikit diperbandingkan UH sehingga lebih aman bagi burung.

Secara lebih detail, inilah kandungan nutrisi UJ.

    Protein : 19,06 %

    Lemak : 14,19 %

    Kalsium : 173 ppm

    Serat kasar: 2,60 %  

Nah, sesudah Anda mengenal manfaat UJ, jangan ragu-ragu lagi memberikan UJ untuk burung Anda. Tentu saja, jikalau anda berkeinginan memberikan UJ pada burung yang berukuran kecil seperti pleci, prenjak atau ciblek, Anda wajib memotong-motong UJ terpenting dahulu. Tetapi jikalau untuk diberi pada Muraibatu, Kacer, atau Pentet, Anda dapat memberikannya secara lantas tanpa wajib dipotong-potong.

Untuk menaruh UJ, Anda dapat menaruhnya dalam situasi hidup, dengan diberikan pakan sayuran dan vor. Kecuali itu, Anda dapat menaruhnya di kulkas, taruh di freezer dan ambil pantas keperluan. Sebelum diberi pada burung, UJ diangin-anginkan terpenting dahulu supaya suhunya tak terlalu dingin untuk diberi pada burung. Selamat mencoba. Semoga burung Anda tambah gacor. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *