Blog

Apa Itu Analisis Pengertian Menurut Para Ahli

Analisis Menurut Para Ahli – Bagi Anda yang pernah atau sedang mengenyang dunia perkuliahan tentunya sudah tidak asing dengan istilah analisis. Hanya saja masih ada yang belum mengetahui apa itu analisis. Maka dari itu pada artikel ini kami akan menyampaikan materi seputar pengertian analisis.

Tentu saja tidak hanya sebatas membahas definisi analisis dan pengertian analisis menurut para ahli saja, namun juga mengupas fungsi dan tujuan analisis maupun penggunaan analisis dalam bisnis, bahasa hingga ilmu kesehatan.

Pengertian Analisis
Analisis adalah aktivitas yang terdiri dari sejumlah kegiatan, seperti membedakan, mengurai, memilah sesuatu untuk dikelompokkan kembali menurut kriteria tertentu dan setelahnya dicari kaitannya serta ditafsirkan maknanya.

Di samping itu definisi analisis juga bisa diuraikan sebagai usaha dalam mengamati sesuatu secara mendetail dengan cara menguraikan komponen-komponen pembentuknya atau menyusun komponen tersebut untuk dikaji lebih lanjut.

Selain itu juga ada yang mengartikan analisis sebagai kemampuan dalam memecahkan maupun menguraikan suatu materi atau informasi menjadi komponen-komponen yang lebih kecil. Dengan begitu informasi tersebut lebih mudah dijelaskan dan dimengerti.

Analisis banyak dipakai dalam berbagai bidang ilmu pengetahuan. Mulai dari manajemen, ekonomi bisnis, akuntansi, pengetahuan sosial, ilmu bahasa, pengetahuan alam, dan bidang ilmu lainnya.

> Baca juga: Contoh Analisis Jurnal

Pengertian Analisis Menurut Para Ahli
Beberapa ahli mengemukakan pendapat mengenai pengertian analisis. Pendapat-pendapat ini berbeda-beda namun tetap mempunyai makna yang serupa. Berikut pendapat ahli seputar definisi analisis.

Komaruddin

Komaruddin menyampaikan pendapat bahwa analisis merupakan aktivitas berpikir untuk menguraikan suatu keseluruhan menjadi komponen-komponen kecil, sehingga bisa mengenal tanda-tanda komponen, hubungan masing-masing komponen, dan fungsi setiap komponen dalam satu keseluruhan yang terpadu.

Wiradi

Pengertian analisis menurut Wiradi adalah aktivitas yang memuat kegiatan memilah, mengurai dan membedakan sesuatu yang kemudian dikelompokkan dan digolongkan menurut kriteria tertentu lalu dicari makna dan kaitannya masing-masing.

Dwi Prastowo Darminto