Blog

9 Pengertian Fungsifungsi Manajemen Menurut Para Ahli Apa Saja

Ilustrasi – manajemen (Pixabay)

Editor: Tanti Malasari – Senin, 2 Mei 2022 | 11:00 WIB

Sariagri -Dalam sehari-hari setiap manusia pasti melakukan fungsi-fungsi manajemen. Sebenarnya apa itu fungsi manajeman. Secara etimologi, kata manajemen berasal dari Bahasa Prancis kuno, yang mana pengertian manajemen adalah seni melaksanakan dan mengatur.

Kata manajemen sendiri bersumber dari bahasa Inggris yakni “manage” yang memiliki arti mengatur, merencanakan, mengelola, mengusahakan dan memimpin. Maka pengertian manajemen merupakan suatu seni di dalam proses dan ilmu pengorganisasian.

Ada banyak pengertian fungsi manajeman menurut para ahli, apa saja itu? Berikut ulasannya.

1. Lawrence A. Appley

Fungsi-fungsi manajemen adalah keahlian dalam membangkitkan orang lain agar bersedia melakukan sesuatu. Tak harus seseorang, keahlian manajemen juga dapat dimiliki oleh organisasi maupun kelompok.

2. George R. Terry

Dikenal sebagai Bapak Ilmu Manajemen, dalam bukunya yang berjudul Principle of Manajemen menyebutkan, fungsi-fungsi manajemen adalah sebuah proses yang terdiri dari perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, dan pengawasan.

Fungsi ini bertujuan untuk mencapai suatu tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya. Berdasarkan pengertian manajemen tersebut, akhirnya diturunkan menjadi sebuah fungsi manajemen.

3. Henry Fayol

Fungsi-fungsi manajemen adalah sebuah proses perencanaan, pengorganisasian, dan pengawasan terhadap sumber daya yang ada untuk mencapai tujuan yang efektif dan efisien.

4. Oey Liang Lee

Fungsi-fungsi manajemen adalah ilmu dan seni untuk merencanakan, mengorganisasikan, mengarahkan, mengkoordinasi serta mengawasi manusia dengan bantuan alat-alat sehingga dapat mencapai tujuan.

5. Ricky W. Griffin

Fungsi-fungsi manajemen adalah sebuah proses perencanaan, proses organisasi, proses kordinasi, dan proses kontrol terhadap sumber daya untuk mencapai tujuan dengan efektif dan efisien.

6. Mary Parker Foleot

Fungsi-fungsi manajemen adalah sebuah seni untuk menyelesaikan pekerjaan melalui orang lain. Pengertian ini dapat diartikan sebagai fungsi seorang manajer yang mengatur dan mengarahkan orang lain untuk mencapai tujuan organisasi.

Akan tetapi pengertian manajemen ini bisa salah penafsiran, karena ada orang lain yang tujuannya membantu untuk menyelesaikan pekerjaan.

7. Renville Siagian

Fungsi-fungsi manajemen adalah salah satu bidang usaha yang bergerak di bidang jasa pelayanan yang dikelola oleh tenaga ahli yang terlatih dan berpengalaman.

8. Federick Winslow Taylor

Fungsi-fungsi manajemen adalah seni mengetahui apa yang harus dilakukan dan melihat bahwa itu dilakukan dengan cara sebaik mungkin.

Baca Juga: 9 Pengertian Fungsi-fungsi Manajemen Menurut Para Ahli, Apa Saja?Mengenal Pengertian Manajemen Secara Etimologi Dan Juga Para Ahli

9. Hilman

Fungsi-fungsi manajemen adalah fungsi untuk mencapai suatu tujuan melalui perantara kegiatan orang lain serta mengawasi usaha-usaha setiap individu guna mencapai tujuan yang sama.

10. Koontz dan Weihrich

Fungsi-fungsi manajemen adalah proses merancang dan memelihara lingkungan di mana individu, bekerja sama dalam kelompok, secara efisien mencapai tujuan yang dipilih.

Video Terkait