Blog

18 Pengertian Musik Menurut KBBI Secara Umum Dan Para Ahli

Mendengarkan musik adalah hobi hampir separuh penduduk di muka bumi. Tak ayal setiap hari kita selalu memutar lagu favorit secara berulang-ulang.

Mungkin salah satu alasan mengapa orang-orang sering memutar musik karena salah satu manfaat dan fungsi musik adalah membuat perasaan pendengarnya senang.

Seni musik berasal dari dua kata, yaitu “seni” dan “musik”. Seni adalah hasil cipta, rasa, dan karsa manusia yang diwujudkan dalam berbagai sarana.

Musik merupakan hasil dari pengolahan berbagai jenis suara, melodi, harmoni, ritme, vokal, dan tempo.

Secara umum ada 2 jenis musik yakni musik tradisional dan musik modern. Musik juga terdiri dari beberapa jenis genre musik modern seperti pop, rock, jazz, hip hop, R&B, reggae, metal, punk, dangdut dan lain-lain.

Tiap orang tentu punya selera musik berbeda-beda satu sama lain. Namun sebagai pecinta musik, apakah kamu sudah paham dengan definisi musik itu sendiri?

Pengertian Musik Menurut Para Ahli

hamparan.netBerikut ini adalah beberapa arti, definisi, dan pengertian seni musik, baik secara umum, menurut KBBI maupun menurut para ahli.

1. Pengertian musik menurut KBBI
Arti musik menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) adalah ilmu atau seni menyusun nada atau suara dalam urutan, kombinasi, dan hubungan temporal untuk menghasilkan komposisi (suara) yang mempunyai kesatuan dan kesinambungan.

2. Pengertian musik secara umum
Musik adalah suara yang disusun demikian rupa sehingga mengandung irama, lagu dan keharmonisan terutama dari suara yang dihasilkan dari alat-alat yang dapat menghasilkan irama.

Musik adalah sebuah fenomena yang sangat unik yang bisa dihasilkan oleh beberapa alat musik.

3. Aristoteles
Pengertian musik menurut Aristoteles adalah curahan kemampuan tenaga penggambaran yang berasal dari gerakan rasa dalam satu rentetan nada (melodi) yang memiliki irama.

4. Shcopenhauer
Menurut Shcopenhauer, seorang filsuf asal Jerman ini berpendapat bahwa arti seni musik adalah melodi yang syairnya berupa alam semesta

pinterest.com5. David Ewen
Musik adalah ilmu pengetahuan serta seni mengenai kombinasi ritmik dan beberapa nada, baik vokal ataupun instrumental yang mencangkup melodi serta harmoni sebagai ekspresi dari segala sesuatu hal yang menginginkan diungkapkan terlebih dalam segi emosional.

6. Adjie Esa Poetra
Musik adalah sebuah bunyi yang teratur, bukan saja bersifat moral normatif, melainkan juga diakui selaras yang berdasarkan penghitungan para ahli ilmu fisika.

7. Dello Joio
Musik menurut Dello Joio adalah sesuatu yang bisa menambah pengetahuan dan pandangan, selain juga mengenal banyak hal lain di luar musik.

Pada pengenalan terhadap musik akan meningkatkan suatu rasa penghargaan akan nilai seni, selain menyadari akan dimensi lain dari sebuah kenyataan yang selama ini tersembunyi.

8. Reed dan Sidnell
Musik menurut Reed dan Sidnell merupakan suatu cabang seni berbentuk suara yang di dalamnya terkandung unsur ritme, melodi, harmoni, serta timbre.

9. Merriam
Pengertian musik secara umum menurut Merriam adalah suatu lambang dari hal-hal yang berkaitan dengan ide dan perilaku masyarakat.

10. Soeharto
Pengertian musik menurut Soeharto merupakan ungkapan gagasan melalui bunyi yang unsur dasarnya berupa melodi, irama, dan harmoni dengan unsur pendukung berupa sifat dan warna bunyi.

11. Jamalus
Pengertian musik menurut Jamalus (1988) adalah suatu yang membuahkan hasil karya seni, berupa bunyi berbentuk lagu atau komposisi yang mengungkapkan fikiran serta perasaan penciptanya lewat unsur-unsur pokok musik.

Yakni irama, melodi, harmoni, serta bentuk atau susunan lagu dan ekspresi sebagai satu kesatuan.

enciety.co12. Sylado
Pengertian musik menurut Sylado merupakan suatu wujud yang hidup dari beberapa kumpulan ilusi dan alunan suara.

Lebih jelasnya ia mengatakan bahwa alunan musik dan nada yang berjiwa dapat menggerakkan isi hati sang penikmatnya.

13. Banoe
Pengertian musik menurut Banoe pada tahun 2003, arti musik berasal dari nama Dewa Muse (nama diantara dewa dalam mitologi Yunani Kuno).

Dewa ini mewakili cabang seni dan ilmu pengetahuan. Pengertian seni musik adalah cabang seni yang menjelaskan tentang berbagai macam suara dalam pola yang dapat diapahami oleh manusia.

14. Suhastjarja
Pengertian musik menurut Suhastjarja adalah suatu ungkapan rasa indah manusia dalam bentuk konsep pemikiran yang bulat.

Tentang bentuk wujud nada atau suara lainnya yang mengandung sebuah ritme dan harmoni serta memiliki suatu bentuk dalam ruang dan waktu yang dikenal oleh diri sendiri dan manusia lain dalam suatu lingkungan hidupnya sehingga dapat dimengerti dan dinikmatinya.

15. Rina
Pengertian musik menurut Rina merupakan salah satu cabang kesenian yang pengungkapannya dilakukan melalui suara atau bunyi-bunyian.

matamatpolitik.com16. Ade Prianto Nugroho
Pengertian musik menurut Ade Prianto Nugroho merupakan seni yang melukiskan tentang keindahan yang disajikan dalam bentuk suara dan tanpa kita sadari suara-suara itu memiliki peran dalam membentuk pribadi kita.

17. Sunarto
Pengertian musik menurut Sunarto adalah penghayatan isi hati manusia yang diungkapkan dalam bentuk bunyi yang teratur dengan melodi atau ritme serta mempunyai unsur atau keselarasan yang indah.

18. Lexicographer
Musik adalah ilmu dan seni dari paduan ritmis beberapa nada, vokal ataupun instrumental yang melibatkan melodi dan harmoni untuk mengungkapkan apa saja yang mungkin, namun khususnya yang bersifat emosional.

Demikian referensi pengertian musik menurut para ahli, arti musik menurut KBBI serta definisi musik secara umum.

Musik memang tak bisa dipisahkan dari kehidupan manusia dimana ada banyak manfaat mendengarkan musik di kehidupan sehari-hari.

Keyword: Pengertian Musik