Blog

20 Pengertian Perubahan Sosial Menurut Para Ahli

20 Pengertian Perubahan Sosial Menurut Para Ahli – Perubahan sosial secara umum dapat diartikan sebagai perubahan-perubahan yang terjadi di kehidupan sosial masyarakat. Materi mengenai perubahan sosial ini adalah bagian dari ilmu sosiologi. Perubahan sosial ini mencakup segala bidang kehidupan seperti nilai dan norma sosial, pola perilaku dan organisasi sosial, lembaga kemasyarakatan, lapisan masyarakat, dan juga sistem kekuasaan dan wewenang. Perlu adanya pengertian perubahan yang mencakup segala bidang tersebut agar semua konsep dapat terwakili dengan baik. Nah, berikut ini ada sekitar 20 ahli yang akan memaparkan mengenai pengertian perubahan sosial.

Ada sekitar 20 pengertian perubahan sosial menurut para ahli, dalam artikel ini kami hanya menyebutkan 10 pengertian diantaranya. Sepuluh pengertian perubahan sosial menurut para ahli adalah sebagai berikut.

1. Prof. Selo Soemardjan mentakan bahwa perubahan sosial diartikan sebagai perubahan-perubahan yang terjadi pada suatu lembaga kemasyarakatan dalam suatu masyarakat yang memengaruhi sistem sosial masyarakatnya.
2. Robert M.I Lawang menerangkan bahwa Perubahan sosial merupakan proses dalam suatu sistem sosial ketika di dalamnya terdapat perbedaan perbedaan yang dapat di ukur dan terjadi pada kurun waktu tertentu.
3. Gillin dan Gillin (John Luwis Gillin dan John Philip Gillin) berpendapat bahwa Perubahan sosial merupakan sebuah perubahan yang terjadi akibat suatu variasi dari proses atau cara hidup yang sudah diterima, karena adanya perubahan kebudayaan material, kondisi geografi, komposisi penduduk, difusi maupun adanya ideologi dalam suatu masyarakat.
4. Emile Durkheim mengatakan perubahan sosial dapat terjadi sebagai buah dari faktor-faktor demografis dan ekologis, yang mampu mengubah kehidupan sosial masyarakat dari kondisi tradisional – yang diikat oleh solidaritas mekanistik – ke kondisi masyarakat modern – yang diikat solidaritas organistik.
5. William F. Ogburn berpendapat bahwa Ruang lingkup perubahan sosial meliputi semua unsur kebudayaan, baik yang material dan juga yang immaterial, yang paling ditekankan adalah pengaruh utama unsur-unsur kebudayaan yang berupa material terhadap unsur-unsur yang berupa immaterial.
6. Bruce J. Cohen berpendapat bahwa perubahan sosial merupakan perubahan pada struktur sosial dalam sebuah organisasi sosial, sehingga persyaratan dalam perubahan itu sendiri adalah pada sistem sosial serta perubahan hidup di dalam nilai sosial-budaya masyarakat.
7. Robert Morrison Mac Iver mengemukakan bahwa perubahan sosial merupakan segala perubahan dalam hal hubungan sosial atau segala perubahan terhadap keseimbangan di dalam hubungan sosial.
8. Roucek dan Warren berpendapat bahwa perubahan sosial itu sebagai perubahan dalam sebuah proses sosial, atau di dalam struktur masyarakat.
9. Max Weber mengatakan bahwa perubahan sosial-budaya merupakan perubahan situasi di dalam masyarakat yang menjadi akibat adanya ketidaksesuaian unsur unsur.
10. Samuel Koening mengemukakan bahwa perubahan sosial selalu menunjuk pada adanya modifikasi-modifikasi yang terjadi di dalam pola-pola kehidupan. Modifikasi itu terjadi karena berbagai sebab intern maupun ekstern.

Dari 20 pengertian perubahan sosial menurut para ahli, dalam kesempatan ini kami hanya menyebutkan sepuluh diantaranya. Sepuluh pendapat para ahli yang lainnya berkaitan dengan perubahan sosial akan kami sampaikan pada artikel selanjutnya.

Artikel Lainnya :