Blog

19 Pengertian Sosial Budaya Menurut Para Ahli Dan Secara Umum

Ilustrasi Pengertian Sosial Budaya (Google)Pengertian sosial budaya menurut para ahli, secara umum dan contohnya akan diulas pada blog ini secara lengkap. Sumber yang menjadi referensi pun bermacam-macam, mulai dari sumber online: Wikipedia sampai dari sumber pustaka.

Definisi sosial budaya merupakan ilmu pengantar dasar guna mempelajari disiplin ilmu sosial selanjutnya. Dan dengan mengetahui arti dari sosial budaya, maka secara otomatis akan memudahkan Anda untuk memahami pelajaran selanjutnya.

Mereka yang butuh informasi tentang apa yang dimaksud dengan sosial budaya antara lain, adalah mahasiswa, dosen, peneliti dan pelajar. Untuk mendapatkan informasinya, bisa dengan membaca buku atau searching di google menggunakan laptop, PC atau smartphone. Jika Anda mencari sumber melalui internet, sebaiknya melakukan cek & ricek kembali. Ini untuk bertujuan melakukan verifikasi akan kebenaran informasi tersebut.

Nah, berikut ini kami akan sajikan informasi berdasarkan judul tulisan. Selamat membaca. Tetapi sebelumnya, kami juga sudah menulis beberapa pengertian-pengertian. Seperti pengertian hukum pidana, pengetian hukum adat dan pengertian hukum internasional.

Ilustrasi Pengertian Sosial Budaya (Google)Jumlah pengertian yang ada kemungkinan akan mengalami penambahan. Dengan begitu, artikel ini pasti di update berdasarkan keperluan yang benar-benar memaksa.

Untuk sementara waktu, beberapa kumpulan mengenai pengertian sosial budaya yang ini saja dapat Anda baca.

1. Keith Jacobs
Pengertian sosial secara umum menurut Keith Jacobs adalah sesuatu yang dibangun dan terjadi dalam sebuah situs komunitas.

2.Paul Ernest
Sementara Paul Ernest memiliki opini bahwa arti kata sosial adalah sejumlah manusia secara individu yang terlibat dalam berbagai kegiatan bersama.

3. Engine Fahri I.
Menurut Engine Fahri arti dari kata sosial adalah sebuah inti dari bagaimana para individu berhubungan walaupun masih tetap ada perdebatan tentang pola berhubungan bagi para individu tersebut.

4. Peter Herman
Pengertian sosial menurut Peter Herman adalah sesuatu yang dipahami sebagai sebuah perbedaan namun tetap merupakan sebagai satu kesatuan.

5. Ruth Aylett
Arti dan makna kata sosial versi Ruth Aylett adalah sesuatu yang dipahami sebagai sebuah perbedaan namun tetap inheren dan terintegrasi.

6. Philip Wexler
Pengertian dan definisi sosial menurut Philip Wexler menyatakan bahwa sosial adalah sifat dasar dari setiap individu manusia.

7. Lewis
Lewis berpendapat bahwa arti dari kata sosial adalah sesuatu yang dapat dicapai, dihasilkan serta ditetapkan dalam proses interaksi sehari-hari antara warga suatu negara dengan pemerintahannya.

8. Lena Dominelli
Definisi sosial adalah bagian yang tidak utuh dari sebuah hubungan manusia sehingga membutuhkan sebuah pemakluman atas hal-hal yang bersifat rapuh didalamnya.

9. Enda M.C.
Arti dari kata sosial menurut Enda M. C. adalah suatu cara tentang bagaimana para individu saling berhubungan satu sama lain.

10. Koentjaraningrat
Menurutnya koentjaraningrat budaya adalah suatu gagasan dan rasa, suatu tindakan dan juga karya yang merupakan sebuah hasil yang dihasilkan oleh manusia didalam kehidupan masyarakat yang nantinya dijadikan kepunyaannya dengan belajar.

11. E.B. Taylor,
Budaya adalah suatu keseluruhan yang bersifat kompleks. Keseluruhan tersebut meliputi kepercayaan, kesusilaan, adat istiadat, hukum, seni, kesanggupan dan juga semua kebiasaan yang dipelajari oleh manusia yang merupakan bagian dari suatu masyarakat.

12. Linton
Budaya adalah sikap pola beserta pengetahuan yang merupakan kebiasaan yang dilakukan yang didapatkan melalui diwariskan oleh suatu anggota masyarakat tersebut secara keseluruhan.

13. Selo Soemardjan
Menurut Selo Soemardjan budaya adalah sebuah hasil karya, rasa dan juga cipta masyarakat.

14. Parsudi Suparian
Menurut Parsudi Suparian, suatu budaya dapat melandari semua perilaku manusia karena suatu budaya merupakan sebuah pengetahuan manusia yang digunakan dalam memahami lingkungan dan juga pengalaman yang terjadi padanya.

15. R. Seokmono
Menurut ahli arkeolong R.Soekmono, budaya yaitu usaha ataupun hasil kerja manusia berupa benda ataupun hasil sebuah pemikiran manusia dimasa hidupnya.

16. Ki Hajar Dewantara
Mengemukakan pendapat bahwa budaya yaitu hasul dari perjuangan masyarakat baik itu terhadap alam maupun terhadap zaman yang membuktikan suatu kemakmuran dan juga kejayaan kehidupan masyarakat ketika menghadapi suatu keadaan sulit dan rintangan dalam mencapai suatu kemakmuran, keselamatan, dan juga kebahagiaan pada kehidupan.

17. Andreas Eppink
Sosial budaya atau kebudayaan adalah segala sesuatu atau tata nilai yang berlaku dalam sebuah masyarakat yang menjadi ciri khas dari masyarakat tersebut.

18. Burnett
Kebudayaan adalah keseluruhan berupa kesenian, adat istiadat, moral, hukum, pengetahuan, kepercayaan dan kemampuan olah pikir dalam bentuk lain yang didapatkan seseorang sebagai anggota masyarakat dan keseluruhan bersifat kompleks.

19. Pengertian Sosial Budaya Secara Umum
Jika di penggal perkata dari Sosial budaya yang terdiri dari dua kata yaitu ‘sosial’ dan ‘budaya’. Sosial berarti segala sesuatu yang berhubungan dengan masyarakat sekitar. Sedangkan budaya berasal dari kata bodhya yang artinya pikiran dan akal budi. Budaya juga diartikan sebagai segala hal yang dibuat manusia berdasarkan pikiran dan akal budinya yang mengandung cinta dan rasa.

Jadi kesimpulan singkatnya adalah sosial budaya merupakan segala hal yang di ciptakan manusia dengan pikiran dan budinya dalam kehidupan bermasyarakat.

Demikian informasi mengenai pengertian dari sosial budaya ini kami sampaikan kepada pembaca yang budiman. Jika ada yang salah atau kurang tepat, silahkan tulis dikolom komentar. Jangan sungkan ya 🙂