Blog

12 Situs Belajar Coding Gratis Untuk Programmer Pemula

Apakah Anda ingin belajar bahasa pemograman dan coding namun tidak mempunyai budget atau waktu untuk mengikuti kelas reguler biasa? Jangan khawatir, dengan kemajuan teknologi dan digitalisasi internet yang sudah hampir meluas ke pelosok dunia, kini semua orang bisa menikmati kelas belajar online di mana pun mereka berada.

Selain itu kelas online ini juga menawarkan banyak mata kuliah atau mata pelajaran bisa Anda pilih untuk dipelajari. Salah satunya adalah kelas IT yang mengkhususkan diri dalam pembelajaran coding. Bidang ini sangat berkembang pesat di era dimana aplikasi mulai menjamur dan semua orang lebih banyak menghabiskan waktu mereka secara online.

Anda juga dapat memanfaatkan waktu online Anda agar lebih produktif sekaligus menambah ilmu baru dengan belajar coding di kelas- kelas online untuk mengasah bakat dan ketajaman Anda. Beriku 12 situs belajar coding gratis untuk programmer pemula yang bisa Anda coba. Anda bisa memilih satu dari berbagai situs di bawah untuk memoles skill coding Anda hingga mahir.

Website / Situs Belajar Coding Terbaik
Bagi Anda yang ingin memiliki keahlian dalam hal pemrograman, maka Anda perlu mempelajari coding. Lalu, dimana belajar coding bisa dilakukan? Berikut situs belajar coding terbaik yang bisa Anda pilih

Codecademy

Merupakan sebuah situs belajar coding terbaik yang hadir secara gratis. Di sana sudah ada lebih dari 24 juta orang yang belajar coding. Melalui situs ini, Anda bisa belajar banyak bahasa pemrograman baik itu PHP, CSS, HTML, Javascript, Ruby, Phyton, jQuery, dan masih banyak lagi yang lainnya. Situs Codecademy sendiri sudah meraih kepopulerannya karena memang terbukti cukup efektif dan juga interaktif untuk digunakan belajar. Di sana Anda bisa belajar coding secara bertahap dan Codecademy akan menyimpan hasil pekerjaan Anda. Cukup menarik bukan?

Udemy

Situs belajar coding terbaik selanjutnya yang bisa Anda pilih adalah Udemy. Situs belajar coding ini menawarkan ribuan kursus online yang sangat menarik. Sebagian besar memang mewajibkan Anda untuk mengeluarkan sejumlah biaya, akan tetapi Anda masih bisa menemukan kursus lainnya secara gratis.

Melalui situs belajar coding dasar Udemy, nantinya Anda akan mempelajari beberapa hal berikut :

* Web development
* Mobile application development
* Game development
* E-commerce site creation
* Dan semua bahasa pemrograman yang Anda perlukan

Baca Juga : Panduan Lengkap Belajar HTML untuk Pemula [LENGKAP]

Coursera

Situs Coursera menawarkan kursus berbasis tutorial, coding, serta resource yang nantinya akan diajarkan langsung oleh professor tingkat universitas. Melalui situs ini Anda bisa menemukan berbagai kursus sekolah koding. Terlebih dalam mengembangkan dan mengelola situs tersebut, Coursera sudah bekerja sama dengan beberapa guru terbaik di universitas top.

Hal tersebut berarti saat Anda belajar coding dasar di Coursera maka Anda sudah belajar langsung dari ahlinya. Terlebih setiap kursus yang ada di situs tersebut tidak memungut biaya alias gratis. Namun, apabila dalam kursus tersebut Anda menginginkan sertifikat maka Anda perlu membayar sejumlah biaya untuk menebus sertifikat tersebut.

Beberapa hal yang bisa Anda pelajari melalui situs ini seperti :

* Java
* Phyton
* CSS
* HTML
* IoT Programming
* Introduction to programming
* Dan masih banyak lagi

MIT OpenCourseWare

Ingin belajar web programming otodidak? Anda bisa melakukannya di MIT OpenCourseWare. Situs ini menyediakan semua kursus secara online untuk semua undergraduate dan graduate MIT. Dengan begitu, meski Anda tidak menuntut ilmu secara formal di universitas top ini, Anda masih bisa mengakses dan memperoleh pendidikan setara dengan MIT. Di MIT OpenCourseWare Anda bisa memilih berbagai mata pelajaran. Misalnya pelajaran tentang computer science. Tak hanya itu, Anda bahkan bisa mengambil kursus untuk program degree ataupun individual courses.

GitHub

Situs belajar coding terbaik yang satu ini memungkinkan Anda dalam mencari buku referensi saat kondisi terdesak. Di situs GitHub, Anda bisa mencari dan menemukan tak kurang dari 500 buku pemrograman secara gratis yang mencakup lebih dari 80 bahasa pemrograman yang berbeda-beda. Terlebih buku-buku yang tersedia selalu up to date.

edX

Merupakan sebuah situs pembelajaran yang bisa dibilang cukup open-source. Situs ini sendiri sudah mempunyai pelajar tak kurang dari 5 juta orang. Situs edX sendiri memiliki beberapa kategori yang bisa Anda pelajari termasuk informasi mumpuni dalam kategori computer science. Situs edX ini Anda bisa mendapatkan akses dalam mempelajari berbagai tutorial yang memuat mengenai bahasa pemrograman, diantaranya:

1. CSS
2. HTML
3. Java
4. JQuery
5. C++
6. SQL
7. Phyton
8. Mobil app development
9. C++
10. Dan masih banyak lagi

Bagi Anda yang ingin mendapatkan materi khusus, edX juga menyediakan kursus yang berbayar. Akan tetapi jangan khawatir, Anda juga mempelajari coding dasar secara gratis.

Baca Juga : Kumpulan Ebook Bisnis Terbaik dan Gratis di Tahun Hack.pledge()

Merupakan sebuah komunitas dengan anggota berupa developer yang sudah berpengalaman. Mereka akan membagikan pengetahuan seputar dunia coding serta berbagai hal lainnya kepada Anda. Di sana, Anda dapat meningkatkan skill development dengan belajar melalui para developer top di bidangnya. Dalam memulai kursus ini, Anda perlu mendaftarkan diri terlebih dahulu sebagai anggotanya. Kemudian, Anda bisa mempelajari software development, meningkatkan skill coding hingga mahir dan masih banyak lagi. Keunggulan dari situs Hack.pledge() sendiri selain belajar secara online, Anda juga bisa terhubung dengan mentor hebat yang berpengalaman. Sangat menarik bukan?

Khan Academy

Situs belajar coding terbaik, Khan Academy merupakan situs belajar coding untuk pemula yang tidak boleh Anda lewatkan. Situs ini adalah pilihan tepat bagi Anda yang ingin mengembangkan pengetahuan serta skill coding lebih dalam lagi. Bahkan di Khan Academy sudah menyediakan kursus dan tutorial mulai dari pelajaran dasar-dasar computer programming hingga aplikasi tingkat lanjut. Anda tertarik?

Kursus yang diajarkan di Khan Academy sendiri dilakukan oleh para ahlinya. Anda bisa mempelajari beberapa bahasa pemrograman mulai dari :

* CSS
* Javascript
* HTML
* Database
* Dan yang lainnya

Lebih dari itu, Anda juga dapat bergabung ke kursus dasar yang bisa mempelajari filosofi serta skill di balik computer programming secara lebih menyeluruh.

Free Code Camp

Merupakan situs belajar coding yang menawarkan komunikasi real-life serta komunitas seputar bahasa pemrograman. Disana, Anda bisa belajar coding dengan menyelesaikan berbagai tantangan. Tak hanya itu, Anda juga bisa bertemu dengan anggota lainnya yang berada di kota yang sama dengan Anda.

Di situs ini Anda akan mempelajari :

* CSS3
* D3.js
* HTML5
* Javascript
* React.js
* Node.js
* Git and Github
* Databases
* Dan masih banyak lagi

Code Avengers

Belajar coding dasar di Code Avengers Anda akan dibekali dengan metode dan pendekatan pembelajaran yang interaktif dan fun. Tersedia banyak variasi kursus yang dapat Anda pilih untuk belajar berbagai hal. Baik itu aplikasi, coding website, hingga game. Dalam setiap kursus tersebut, Anda memiliki waktu selama 12 jam untuk menyelesaikannya.

Jangan khawatir, karena kursus-kursus tersebut bisa Anda akses dalam berbagai bahasa. Tak hanya, itu situs belajar coding dasar ini juga menawarkan komunitas yang bisa Anda manfaatkan untuk menjadikan Anda sebagai seorang ahli coding.

Beberapa hal yang bisa Anda pelajari melalui situs ini antara lain :

* Phyton
* CSS dan HTML
* JQuery
* Javascript
* Web Development
* Dan yang lainnya

Situs belajar Code Avengers juga menawarkan layanan free trial selama 7 hari yang bisa Anda gunakan untuk mencobanya apakah Anda bisa memilihnya atau tidak

BitDegree

Situs belajar coding terbaik selanjutnya adalah BitDegree. Di situs ini Anda akan disuguhkan dengan banyak sekali kursus gratis. Baik itu kursus mengenai programming hingga game development. BitDegree sendiri menawarkan kursus online standard dan gamification. Pada kursus online gamification akan menyatukan pencapaian dan interaksi dalam setiap pembelajarannya. Dalam memulai kursus ini sendiri sangatlah mudah. Anda hanya perlu menentukan pilihan bahasa yang ingin dipakai dan mulailah belajar dan menggali keahlian.

Ada pun beberapa jenis bahasa pemrograman yang bisa Anda pelajari di situs BitDegree cukup banyak, seperti:

* HTML dan CSS
* Javascript
* PHP
* jQuery
* SQL
* Dan masih banyak lagi

Situs BitDegree sendiri sudah menggabungkan blockchain ke proses pembelajaran. Di sana Anda juga bisa mendapatkan reward hingga sistem achievement yang dapat mengukur keberhasilan kursus.

Codewars

Belajar coding dasar di Codewars Anda akan melalui serangkaian challenge atau tantangan. Tantangan yang berkaitan dengan koding ini sendiri terinspirasi dari seni bela diri karena setiap tantangannya disebut kata. Adapun tujuan dari setiap tantangan yang ada adalah untuk mempertajam kemampuan dan keahlian yang dimiliki terkait dengan bahasa pemrograman tertentu. Ataupun bisa juga untuk mempelajari kode baru dari awal.

Setiap Anda menyelesaikan kata, otomatis tantangan selanjutnya akan semakin susah. Kemudian, apabila Anda sudah bisa menyelesaikannya, Anda bisa melihat perbandingan solusi yang Anda miliki dengan user yang lain. Dengan begitu, Anda akan teredukasi dengan teknik-teknik yang berbeda dalam mengatasi masalah yang berkaitan dengan development.

Adapun beberapa bahasa pemrograman yang bisa Anda temui antara lain:

* Javascript
* Java
* Phyton
* SQL
* Ruby
* C#
* Dan masih banyak lagi

Baca Juga :Panduan Lengkap Belajar Javascript Untuk Pemula

Kesimpulan dan penutup
Itulah 12 situs belajar coding gratis untuk programmer pemula yang bisa Anda pilih dan coba. Tetapi Anda harus menyadari tidak semua situs mempunyai kelebihan karena situs- situs tersebut juga pasti mempunyai kekurangan mereka tersendiri. Begitu juga pilihan pelajaran yang mereka tawarkan belum tentu akan sesuai dengan yang Anda ingin pelajari atau ketahui.

Maka tidak ada salahnya jika Anda mencoba pembelajaran gratis ini lebih dari satu situs saja, selain untuk menambah pengetahuan tentu ini akan juga membantu melengkapi kurikulum yang Anda perlukan. Mengingat tidak semua situs pembelajaran ini menawarkan pembelajaran yang sama tentu ini akan menjadi faktor yang menguntungkan bagi Anda.

Jika Anda mengalami masalah kendala bahasa, beberapa situs web pembelajaran juga telah mempunyai fitur penerjemahan bahasa yang sesuai. Anda juga dapat menghubungi penanggung jawab kursus online yang sedang Anda ikuti. Kerjakan assignment Anda dengan baik dan ikuti kelas online Anda dengan teratur, pilihkan situs web pembelajaran yang mampu memberi kelas dan kurikulum yang Anda perlukan.