Blog

Tujuan Promosi Kesehatan Menurut WHO

Positif62 – Tujuan Promosi Kesehatan Menurut WHO dan Para Ahli. Promosi kesehatan merupakan upaya yang dilakukan untuk memberikan pengetahuan kepada masyarakat, Baik dengan cara penyuluhan secara langsung, Ataupun melalui media kesehatan seperti banner dan iklan digital. Selain itu, Apa saja tujuan lainnya dari promosi kesehatan itu ?.

Tujuan Secara Umum
Secara umum ada 5 tujuan dari promosi kesehatan ini dan disingkat dengan 5M yaitu :

1. Mau memelihara serta meningkatkan kesehatannya. Setelah diberikan penyuluhan diharapkan masyarakat Mau untuk memelihara derajat kesehatan. Mulai dari hal sederhana seperti cuci tangan sampai mau untuk cek kesehatan ke faskes terdekat.
2. Mampu memelihara serta meningkatkan kesehatnnya. Setelah mau, maka masyarakat harus benar-benar mampu melakukanya, Seperti mampu menggerakan tubuhnya untuk senam dan sebagainya.
3. Memelihara Kesehatan. Setelah masyarakat mau dan terlihat mampu maka dia harus rutin melakukan upaya tersebut, Sehingga dapat mencegah penyakit yang tidak diinginkan.
4. Melindungi diri dari berbagai problem kesehatan. Memelihara kesehatan saja tidak cukup, Masyarakat harus mampu melindungi diri dari gangguan kesehatan seperti memakai masker agar tidak tertular penyakit.
5. Meningkatkan Kesehatan. Setelah masyarakat mampu memelihara dan melindungi diri dari masalah kesehatan, Maka dia harus mampu meningkatkan kesehatannya. Masyarakat harus mengkaji diri agar dapat meningkatkan kesehatan, Misalnya mengukur berat badan apakah lebih kurus atau besar, lalu diperbaikinya.

WHO sendiri membagi tujuan promosi kesehatan menjadi 2 bagian yaitu tujuan umum dan khusus.

1. Tujuan Umum
Menurut Who Secara umum tujuan promosi kesehatan yaitu agar tiap individu ataupun masyarakat dapat mengubah perilakunya dalam bidang kesehatan.

2. Tujuan Khusus
Sedangkan tujuan khusus dari promosi kesehatan yaitu :

* Agar kesehatan dapat bernilai dimata masyarakat.
* Membantu individu agar dapat mandiri atau bersama-sama, untuk menciptakan suatu kegiatan agar mencapai kehidupan yang sehat.
* Agar Fasilitas Kesehatan dapat berkembang dan digunakan secara tepat.

Tujuan Promosi Kesehatan Menurut Green
Berikut ini tujuan promosi kesehatan menurut green :

1. Tujuan Program, Di Fasilitas Kesehatan sendiri ada yang namanya program kesehatan seperti Germas atau vaksin. Program kesehatan ini biasanya di atur oleh pemerintah, misalnya upaya vaksin yang dilakukan untuk mencegah timbulnya penyakit. Program kesehatan mengandung berbagai elemen seperti “pada tahun sekian penyakit ini menurun”, dan “dilakukan pada usia tertentu”.
2. Tujuan Pendidikan, Memberikan pengetahuan kepada masyarakat agar dapat mengubah pelrilaku hidup bersih dan sehat sehingga dapat mengatasi berbagai masalah kesehatan yang sedang terjadi.
3. Tujuan Perilaku, Setelah masyarakat mendapatkan pengetahuan maka mereka harus benar-benar makukannya. Memberikan contoh prilaku yang benar akan mempengaruhi pemikiran masyarakat.
4. Tujuan intervensi perilaku * Agar Masyarakat dapat menurunkan perilaku negatif seperti Merokok.
* Agar dapat mencegah peningkatan perilaku negatif seperti 5eks bebas (angka 5 = s)
* Agar Masyarakat dapat meningkatkan perilaku positif seperti melakukan olahraga bola poli dan sebagainya.
* Agar dapat mencegah penurunan perilaku positif, Misalnya seperti pencegahan penurunan konsumsi makanan tinggi serat. (diberikan edukasi tentang manfaat sayuran sehingga masyarakat selalu mengkonsumsi sayur).

Itu dia tujuan dari promosi kesehatan menurut para ahli dan WHO. Berikut ini artikel yang menarik dibaca :

–jenis-jenis media dalam promosi kesehatan