Blog

Teori Pemasaran Menurut Para Ahli

Kenapa harus mengetahui teori pemasaran? Jika kita memahami pemasaran dengan baik, maka semua keinginan pelanggan akan terpenuhi, produk akan laris manis, dan brand produk kita akan selalu dikonsumsi, bahkan diingat untuk jangka waktu yang lama.

Pemasaran dimulai dengan pemenuhan kebutuhan manusia yang kemudian bertumbuh menjadi keinginan manusia. Contohnya, seorang manusia membutuhkan air dalam memenuhi kebutuhan dahaganya. Jika ada segelas air maka kebutuhan dahaganya akan terpenuhi.

Namun manusia tidak hanya ingin memenuhi kebutuhannya, namun juga ingin memenuhi keinginannya yaitu misalnya segelas air merek Aqua yang bersih dan mudah dibawa. Maka manusia ini memilih Aqua botol yang sesuai dengan kebutuhan dalam dahaga dan sesuai dengan keinginannya yang juga mudah dibawa. (wikipedia)

Untuk memperluas pemahaman kita mengenai teori pemasaran, agar dapat menghasilkan kerangka pikir yang bisa menopang bisnis. Maka ada baiknya mengetahui beberapa teori pemasaran menurut para ahli.

Baca juga: Precision Marketing? Simak Penjelasan Selengkapnya!

Berikut telah kami rangkum beberapa teori pemasaran menurut para ahli;

Philip Kotler
Pemasaran adalah suatu kegiatan manusia yang ditujukan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat melalui proses pertukaran. Kotler juga menjelaskan Dalam bukunya, Marketing Management, Eleventh Editon. Definisi pemasaran dibagi ke dalam dua aspek yaitu sosial dan manajerial. Definisi sosial lebih diarahkan pada aturan pemasaran yang digunakan dalam masyarakat. Dimana seorang pemasar menyebutkan hal ini sebagai sebuah aturan untuk “memberikan sebuah standar hidup yang lebih tinggi.”

Boyd, Walker, and Larreche
Pemasaran adalah suatu proses analisis, perencanaan, implementasi, koordinasi dan pengendalian program pemasaran yang meliputi; Kebijakan produk, harga, promosi, dan distribusi dari produk, jasa, dan ide yang ditawarkan untuk menciptakan dan meningkatkan pertukaran manfaat dengan pasar sasaran dalam upaya pencapaian tujuan organisasi.

Baca juga: Penjualan Melebihi Target, Omset Meningkat! Yuk Simak Caranya!

Hermawan Kertajaya
Dalam bukunya Rethinking Marketing, Hermawan menjelaskan bahwa pemasaran adalah sebuah konsep bisnis strategis yang bertujuan untuk meraih kepuasan berkelanjutan bagi ketiga stakeholder utama yaitu: pelanggan, orang-orang dalam organisasi itu, serta pemegang saham. Marketing adalah jiwanya, bukan sekedar bagian dari tubuh organisasi.

Baca juga: Social Media Marketing; Besarkah Manfaatnya?

Koller dan Amstrong
Pemasaran adalah proses manajerial yang di dalamnya, individu serta kelompok mendapatkan apa yang mereka butuhkan dan inginkan dengan menciptakan dan saling mempertukarkan produk-produk dan nilai satu sama lain.

William J. Stanton
Pemasaran merupakan sistem keseluruhan dari berbagai kegiatan bisnis atau usaha yang ditujukan untuk merencanakan, menentukan harga barang atau jasa, mempromosikannya, dan mendistribusikannya kepada konsumen dan bisa memuaskan konsumen.

Assauri
Merujuk pada pengertian manajemen pemasaran yang bisa dikatakan mememiliki proses yang lebih komplek karena tentunya terdapat perencanaan dan evaluasi. Sebuah pemasaran juga dapat dikatakan demikian karena juga mencangkum hal perencanaan, pelaksanaan, serta distribusi baik dalam hal pertukaran maupun hubungan yang cenderung kearah keuntungan demi dapat memenuhi kebutuhan.

Basu dan Hani
Pemasaran meliputi proses kegiatan perencanaan dalam pengelolaan barang dan jasa, penetapan banderol harga dari barang dan jasa tersebut hingga proses promosi maupun pendistribusiannya yang keseluruhannya memiliki tujuan untuk memenuhi kebutuhan maupun memperoleh keuntungan dari proses pemasaran tersebut.

Baca juga: Marketing Plan Efektif Untuk Target Market

Dari beberapa teori pemasaran dan pengertian pemasaran menurut para ahli di atas, kiranya teman-teman bisa merangkum garis besarnya dan menjadikannya kerangka pikir dalam pemasaran bisnis. Memahami pembahasan di atas juga akan menjadikan kita melek dalam pemasaran, marketing, dan memahami kondisi pasar, produk, maupun pelanggan.

Featured Image by Business photo created by katemangostar –

Baca juga: Strategi Marketing Online Untuk Bisnis Anda

© 2022, OrderOnline.id – PT. Ordivo Teknologi Indonesia