Blog

Pengertian Bootstrap Menurut Para Ahli

Bootsrap adalah sebuah framework HTML dan CSS yang berfungsi untuk mendesain situs dan aplikasi website agar lmemilii desain yang menarik. Bootstrap sebuah library framework CSS yang dibuat khusus untuk bagian pengembang front-end website. Berikut ini akan diuraikan beberapa pengertian BootStrap menurut para ahli.

1. Menurut Ridha (2007:4) “Twitter Bootstrap adalah sebuah alat bantu (framework) HTML dan CSS untuk membuat sebuah tampilan halaman website yang elegan dan support segala macam device.
2. Menurut Husein Alatas, (2013) Bootstrap merupakan framework untuk membangun desain web secara responsif. Artinya, tampilan web yang dibuat oleh bootstrap akan menyesuaikan ukuran layer dan browser yang kita gunakan baik di desktop, tablet ataupun mobile device.
3. Bootsrap sendiri terdiri dari CSS dan HTML untuk menghasilkan grid, layout, typography, table, form, navigation dan lain-lain. Di dalam bootstrap juga sudah terdapat jQuery plugin untuk menghasilkan komponen user interface yang cantik seperti transitions, modal, dropdown, scroll spy, tooltip, tab, popover, alert, button, carousel dan lain-lain (Alatas, 2013:2).
4. Menurut Nahado (2014:14), “Bootstrap adalah platform untuk membuat interface website dan aplikasi berbasis web”.
5. Mmenurut Riyanto (2014:18)“Bootstrap adalah kumpulan alat gratis untuk membuat website dan aplikasi web”.
6. Bootstrap adalah sebuah alat bantu untuk membuat sebuah tampilan halaman website yang dapat mempercepat pekerjaan seseorang pengembang website ataupun pendesain halaman website (Zubaidi, 2015).
7. Menurut Rivaldi (2015:44) “BootStrap merupakan Framework ataupun Tools untuk membuat aplikasi web ataupun situs web responsive secara cepat, mudah dan gratis”.
8. Menurut (Nugroho & Setiyawati, 2019), bootstrap adalah framework css untuk membuat tampilan web. Bootstrap menyediakan class dan komponen yang sudah siap dipakai.

Berdasarkan kutipan dari para ahli diatas, dapat disimpulkan bahwa bootstrap merupakan sebuah aplikasi yang dijadikan sebagai alat bantu untuk mendesain halaman web yang menarik.

Pembahasan lainnya :

# tag

definisi bootstrap menurut para ahli pengertian bootstrap menurut para ahli pengertian bootstrap menurut para ahli 2015 pengertian bootstrap menurut para ahli 2018 pengertian bootstrap menurut para ahli Sistem Informasi