Blog

Teori Konseling Menurut Para Ahli Teori Pendekatan Konseling

Konseling merupakan suatu proses yang terjadi dalam hubungan seseorang dengan seseorang lainnya, yaitu individu yang mempunyai masalah akan tetapi tidak dapat ditasi sendiri, sehingga memerlukan dengan tenaga professional (konselor) yang telah memperoleh latihan dan pengalaman untuk membantu klien memecahkan masalah tersebut.

Konseling adalah bentuk wawancara di mana klien ditolong untuk mengerti lebih jelas tentang dirinya sendiri, untuk mengatasi/memperbaiki kesulitan yang berkaitan dengan lingkungan atau untuk mengatasi kesukaran penyesuaian terhadap suatu hal.

Konseling merupakan :

* * interaksi yang terjadi antara dua orang individu ,yaitu yang disebut konselor dan klien
* interaksi antara konselor dengan klien yang terjadi dalam suasana yang professional
* interaksi yang dilakukan antara konselor dengan klien dijaga sebagai alat untuk memudah kan perubahan-perubahan dalam tingkah laku klien.

Konseling merupakan suatu interaksi yang dilakukan antara konselor dengan individu, yang bertujuan agar klien dapat menyadari dirinya sendiri dan mampu memberikan reaksi terhadap pengaruh-pengarah lingkungan yang diterimanya, selanjutnya, konselor membantu klien menentukan beberapa makna pribadi bagi tingkah laku tersebut dan mengembangkan serta memperjelas tujuan, nilai untuk perilaku diwaktu yang akan datang.

Konseling merupakan serangkaian kegiatan paling pokok dari bimbingan dalam usaha membantu konseli / klien secara tatap muka langsung dengan tujuan agar klien dapat mengambil tanggung jawab sendiri terhadap bebagai persoalan atau masalah khusus maka masalah yang dihadapi oleh klien dapat teratasi semuanya.

Konseling Psikoanalisa
Tokoh paling terkenal dalam teori adalah Sigmund Freud. Konseling Psikoanalisa dapat dilihat sebagai teori kepribadian atau metode psikoterapi. Psikoanalisa merupakan salah satu gerakan revolusioner di bidang psikologi yang yang dimulai dari metode penyembuhan penderita sakit mental/gangguan jiwa.

Konsep konsep tentang konseling psikoanalisa:
Perilaku manusia ditentukan oleh kekuatan irrasional yang tidak disadari dari dorongan biologis dan dorongan naluri psikoseksual.

Struktur kepribadian manusia terdiri dari id, ego dan superego. Dalam dinanamika kehidupan manusia ketiganya memilik fungsi,sifat yang berbeda tapi semuanya saling berinteraksi.

1. Kesadaran dan ketidaksadaran

Menurut Freud sebagian besar perilaku manusia didorong atau ditentukan oleh kebutuhab kebutuhan yang tidak disadari.

Kecemasan berkembang dari sistem id,ego, dan superego. Fungsi utama dari kecemasan ini adalah untuk mengingatkan tentang ancaman ancaman yang datang.

Perkembangan manusia merupakan suatu gambaran yang sangat teliti dari proses psikososial dan psikoseksual.

Konseling Behavioral
Teori konseling behavioral berasal dari konsepsi yang dikembangkan oleh hasil-hasil penelitian psikologi eksperimental. Pendekatan behavioral juga merupakan salah satu pendekatan terapi tingkah laku. Teori ini memenuhi prinsip-prinsip kesederhanaan, kepraktisan, kelogisan, mudah dipahami dan diterapkan, dapat didemonstrasikan, menempatkan penghargaan khusus pada anak, serta terdapat penekanan perhatian tentang perilaku yang positif. Teori ini berbeda dengan teori psikoanalisa, pada teori psikoanalisa menekankan pada pentingnya perilaku klien dalam kaitannya dengan pengalaman hidup di masa lampau, sedangkan teori behavioral adalah teori yang lebih menekankan kepada perilaku klien disini dan pada saat ini.

Konseling behavioral memndang tingkah laku sebagai suatu yang dipelajari atau tidak dipelajari oleh klien. Sehingga dalam konseling behavioral menuntut konselor untuk bertindak aktif sebagai guru, ahli diagnosis dan sekaligus menjadi model. Dalam pendekatan ini konseling dipandang sebagai penggunaan berbagai prosedur yang sistematis oleh konselor dank lien agar mencapai perubahan-perubahan yang relevan.

Konseling yang berpusat pada pribadi
Konseling yang berpusat terhadap pribadi atau yang sering disebut sebagai konseling yang berpusat kepada klien. Teori konseling ini menekankan pada pentingnya relasi antar pribadi dengan sikap saling menghargai dan tanpa prasangka dalam membantu individu mengatasi masalah-masalah yang dialaminya serta mempermudah perkembangan kepribadiannya.

Teori Gestalt Therapy
Teori ini berasal dari pengembangan empat disiplin ilmu yaitu psikoanalis, fenomenologis,eksistensialis,dan teori gestalt. Tokoh utama dalam teori Gestalt ini adalah Frederick S Pearl. Gestalt therapy berawal dari pandangan bahwa individu tidak dapat dipahami jika hanya memepelajari bagian-bagian,melainkan harus dipahami sebagai suatu koordinasi, organisasi, dan integrasi dari keseluruhan bagian tersebut. Teori ini berlawanan dengan teori psikoanalis, sebab jika dalam teori psikoanalis frustasi dianggap sebagai salah satu hal yang negative berbeda dengan gestalt therapy yang memandang frustasi sebagai bentuk positif sebagai upaya perlindungan diri.

Konseling Psikologi Individual
Tokoh konseling ini adalah Alfred Adler. Teori ini menekankan kepada pendekatan kemanusiaan dan penyakit dari sudut pandang individu sebagai pribadi yang utuh. Konseling psikologi individual memandang bahwa setiap manusia pada dasarnya memiliki perasaan rendah diri yaitu suatu perasaan lemah dan tidak berdaya. Perasaan tersebut bersumber dari perbedaan perbedaan kondisi fisik, psikologis dan social, namun kelemahan kelemahan ini merupakan salah satu yang mendukung timbulnya kekuatan kekuatan dari dalam diri setiap individu. Tujuan utama dari konseling psikologi individual ini adalah meningkatkan harga diri, kepercayaan diri dan minal social dari klien.

Konseling keluarga
Konseling kelurga diterapkan untuk masalah masalah yang timbul di dalam internal keluarga atau yang dihadapi salah satu anggota keluarga, sehingga menganggu ketentraman dan kebahagiaan keluarga tersebut

Jadi terdapat beberapa teori pendekatan konseling, diantaranya adalah:

1. Teori psikoanalisa yaitu teori kepribadian atau metode psikoterapi
2. Teori behavioral yaitu teori yang lebih menekankan kepada perilaku klien disini dan pada saat ini.
3. Teori konseling yang berpusat pada pribadi adalah teori pendekatan konseling menekankan pada pentingnya relasi antar pribadi dengan sikap saling menghargai dan tanpa prasangka dalam membantu individu mengatasi masalah-masalah yang dialaminya
4. Teori Gestalt Therapy yaitu teori pendekatan yang berlawanan dengan teori psikoanalisa dan teori ini berasal dari pengembangan empat disiplin ilmu yaitu psikoanalis, fenomenologis,eksistensialis,dan teori gestalt.
5. Teori konseling psikologi individual yaitu teori yang menekankan kepada pendekatan kemanusiaan
6. Konseling Keluarga yaitu teori teori konseling yang diiterapkan jika terdapat masalah masalah dalam lingkungan keluarga.

Omah Buanis.com adalah sebuah media online untuk Berbagi Informasi Seputar Bimbingan dan Konseling, inspirasi dan motivasi, dan beberapa topik Menarik lainnya.