Blog

Teori Administrasi Menurut Para Ahli

Istilah Administrasi Publik berasal dari dua suku kata adalah administrasi dan publik. Administrasi dalam bahasa Belanda disebut
administratie
yang bermakna tata kampanye atau urusan pembukuan. Dalam bahasa Inggris administrasi berasal dari kata
ad
yang berfaedah intensif dan
ministrate
yang berguna
to serve
atau melayani. Jadi administrasi adalah pemberian pelayanan secara intensif. Sedangkan mahajana berbunga dari bahasa yunani adalah
pubes
yang berarti masak atau dewasa dan
koinon
nan bermanfaat bersama. Masyarakat juga diartikan laksana praja maupun rakyat, pamong praja berarti pelayan rakyat. Publik diartikan juga sebagai polis atau politic yang berharga strategi, negara, dan pemerintah. Publik kerumahtanggaan hal ini diartikan sebagai sekerumun makhluk dalam kuantitas lautan yang memiliki solidaritas berfikir, perasaan, harapan, sikap dan tindakan yang ter-hormat dan baik berlandaskan ponten-nilai norma yang mereka miliki. Dari penjelasan diatas kita sudah boleh mendapatkan gambaran tentang segala apa itu teori Administrasi Publik.

Administrasi berdasarkan istilahnya dibagi menjadi 3 definisi, yaitu:

* Administration of public
(administrasi dari publik) dimana administrasi main-main seumpama badal singularis yang berwenang, regulator, selalu aktif dan berinisiatif.

* Administration for public
(administrasi bagi publik) dimana pemerintah dolan dalam misi pelayanan, peladenan yang diberikan sudah responsif dan perseptif.

* Administration by public
(administrasi oleh umum) dimana administrasi memfokus plong pemberdayaan masyarakat, mengutamakan kemandirian dan kemampuan masyarakat.

Jikalau Administrasi Publik dimaknai sebagai segala keadaan yang terkait dengan fungsi-fungsi publik, maka publik disini mencaplok pemerintah; ponten nilai kelompok dan organisasi dan bagaimana poin-nilai tersebut diekspresikan; bagaimana fungsi organisasi sukarela, NGO, bisnis dan pemerintah; dan bagaimana organisasi pemerintah, non pemerintah ataupun dagang saling berinteraksi.

Teori Administrasi Mahajana Menurut Para Ahli

Berikut adalah beberapa definisi teori Administrasi Publik menurut para ahli:

* Nigro dan Nigro :
Public administrastion is what the government do, artinya administrasi umum itu adalah segala sesuatu yang dilakukan oleh pemerintah (terutama tulangtulangan Administratif) dalam sarana birokrasi bagi membereskan komplikasi kemasyarakatan atau publik. Felix A. Nigro membagi definisi administrasi mahajana ke dalam empat konotasi, merupakan : (1) Suatu usaha kelompok yang berperangai kooperative internal lingkungan pemerintah; (2) Meliputi seluruh ketiga silang pemerintah, eksekutif, yudikatif dan legislatif serta koalisi diantara ketiganya; (3) Mempunyai peranan penting internal formulasi kebijaksanaan publik dan merupakan adegan proses politik; (4) Amat berbeda dengan administrasi privat; (5) Berhubungan erat dengan beraneka rupa macam kelompok. Kelompok kerumahtanggaan dan individual privat memberikan peladenan kepada masyarakat.

* Harmon dan Meyer :
Public Administration is what civil official do, artinya administrasi mahajana adalah apa yang dilakukan maka itu pegawai negeri dalam peristiwa ini adalah administrator, birokrat, atau pegawai kewedanan sipil yang dibebani tugas pemerintahan dalam umur sehari-waktu.

* Gerald Caiden : Administrasi Publik ialah segala kerjasama yang dilakukan bagi urusan atau kepentingan bani adam banyak.
* Leonard D. White : Administrasi publik adalah semua kegiatan dan operasi untuk mencapai tujuan dengan menyandarkan puas garis haluan negara.
* John M. Pfiffner :
Public Administration involvesthe implementation of public policy which has been outline by political body, yang artinya administrasi publik menghampari pelaksanaan kebijakan negara yang telah ditetapkan maka dari itu fisik perwakilan kebijakan.

* E.H. Lichfield : Administrasi Negara adalah suatu pendalaman mengenai bagaimana berbagai macam raga pemerintah diorganisir, dilengkapi tenaga, tenaganya dibiayai, digerakkan dan dipimpin.
* Chander dan Daluang : administrasi mahajana yaitu proses dimana sumberdaya dan fungsionaris publik diorganisir dan dikoordinasikan untuk memformulasikan dan ikutikutan keputusan-keputusan internal garis haluan publik.
* Arifin : Administrasi Publik yaitu ilmu yang mempelajari pelaksanaan berasal kebijakan negara.
* Edward : Administrasi masyarakat yaitu penekanan mengenai bagaimana berjenis-jenis badan rezim diorganisir, diperlengkapi dengan tenaga-tenaganya, dibiayai, digerakkan, dan dipimpin.
* Barton dan Chapel : Administrasi Publik ialah pekerjaan yang dilakukan oleh pemerintah.
* Nicholas Henry : Administrasi awam adalah suatu sangkutan yang obsesi antara teori dan praktek, dengan pamrih mempromosikan pemahaman terhadap pemerintah dalam hubungannya dengan masyarakat nan diperintah dan mjuga mendorong kebijakan awam semoga makin peka terhadap kebutuhan sosial.
* Prayudi : Administrasi publik yaitu administrasi daripada negara sebagai organisasi, dan administrasi yang mengejar tercapainya tujuan yang bertabiat kenegaraan.
* David Rosenbloom : Administrasi umum adalah merupakan pendayagunaan teori-teori dan proses penyelenggaraan, politik dan hukum cak bagi memenuhi keinginan pemerintah di rataan legislatif, administratif, dan yudikatif.

Source: /teori-administrasi-publik/

Posted by: caribes.net