Blog

20 Contoh Daftar Pustaka Dari Berbagai Macam Sumber

Saat menulis karya ilmiah seperti artikel ilmiah, penelitian, maupun sebuah buku, Anda tentu perlu menuliskan daftar pustaka di dalamnya. Daftar pustaka ini berguna untuk menunjukkan daftar referensi yang dipakai selama penulisan.

Penulisan daftar pustaka memiliki ketentuan yang harus dipahami oleh penulisnya. Tujuannya agar referensi yang dicantumkan bisa terlihat dengan jelas serta menghindari dari kemungkinan plagiarisme atau penjiplakan yang disengaja.

Berikut pengertian dan tujuan daftar pustaka yang dirangkum dari berbagai sumber:

Pengertian Daftar Pustaka
Dalam situs Badan Pendidikan Kristen Penabur dijelaskan bahwa daftar pustaka merupakan sebuah daftar berbagai sumber bacaan untuk dijadikan referensi atau dasar informasi sebuah karya tulis. Referensi atau sumber informasi dapat berasal dari berbagai media. Seperti buku, jurnal, artikel internet, skripsi, dan lain-lain.

Umumnya, daftar pustaka berisi beberapa keterangan mengenai sumber rujukan yang kita gunakan. Mulai dari nama penulis, buku atau judul tulisan, tanggal tulisan diterbitkan, dan sebagainya.

Witono Hardi, Rudi Hartono, dan Iwan Gunawan dalam buku Manajemen Daftar Pustaka dengan Mendeley Reference Manager menjelaskan bahwa kualitas dan kuantitas daftar pustaka akan menentukan kualitas karya yang sedang dibuat. Selain itu, daftar pustaka yang baik akan terlihat pada posisi mana karya yang sedang dibuat oleh penulis di antara karya-karya lain yang sejenis.

Tujuan Daftar Pustaka
Pada situs Badan Pendidikan Kristen Penabur juga dijelaskan bahwa daftar pustaka bertujuan untuk memberi informasi kepada pembaca mengenai dasar dari tulisan yang telah dibuat. Sehingga, para pembaca dapat percaya terkait kebenaran tulisan tersebut.

Selain itu, daftar pustaka merupakan sarana menghargai penyedia informasi rujukan, sehingga tulisan itu tidak terindikasi plagiat. Karenanya, sejumlah keterangan ada dalam daftar pustaka, seperti nama penulis, buku, dan lain-lain. Keterangan itu bertujuan agar pembaca bisa mengetahui dasar penulisan dan dari mana sumber itu bisa diakses.

Cara Menulis Daftar Pustaka yang benar
Umumnya, gaya penulisan daftar pustaka menggunakan format Chicago Manual Style atau CMS. Berikut cara menulis daftar pustaka dari berbagai sumber dilansir dari situs Badan Pendidikan Kristen Penabur:

1. Cara Menulis Daftar Pustaka yang Bersumber dari Buku
Jika menggunakan referensi dalam bentuk buku, maka format daftar pustaka yang harus disusun adalah:

[Nama belakang penulis, nama depan penulis. Judul buku (ditulis miring). Tempat kota terbit: penerbit, tahun terbit]

Jika nama penulis ada dua orang, nama penulis kedua tidak perlu dibalik serta dihubungkan dengan kata “dan”.

Contoh jika ditulis oleh satu orang: Tibi, Bassam. The Challenge of Fundamentalism. London: University Of California Press, 1998.

Contoh jika ditulis oleh dua orang: Dwipayana, Ari, dan Suroto Eko. Membangun Good Governance di Desa. Yogyakarta: IRE Press, 2003.

2. Cara Menulis Daftar Pustaka yang Bersumber dari Jurnal
Jika menggunakan jurnal sebagai sumber rujukan, maka susunan penulisan daftar pustakanya adalah:

[Nama belakang penulis, nama depan penulis. “Judul artikel jurnal.” Nama jurnal volume, nomor/issue (tahun terbit): halaman.]

Contoh: Sulismadi. “Model Penguatan Kapasitas Pemerintah Desa.” Jurnal Sosial Politik dan Humaniora 05, no. 2 (2017):2017.

3. Cara Menulis Daftar Pustaka yang Bersumber dari Website
Jika mengambil rujukan dari suatu website di internet seperti artikel dan sebagainya, maka format daftar pustakanya adalah:

[nama belakang penulis, nama depan penulis. “judul artikel” website artikel. Tanggal diakses. Link URL website.]

Contoh: Ridlo, Muhammad. “Sekolah terbaik di jakarta” Diakses pada kamis 26 Desember 2021. URL.

4. Cara Menulis Daftar Pustaka yang Bersumber dari Skripsi
Jika menggunakan Skripsi sebagai bahan rujukan, maka format penulisa daftar pustakanya adalah:

[Nama belakang penulis, nama depan penulis. “Judul pustaka.” Jenis pustaka, instansi penerbit, tahun terbit.]

Contoh: Nanda, Galang Kris, “Strategi Memilih Sekolah Terbaik di Tahun 2021.” Skripsi, Universitas Jenderal Soedirman, 2021.

Ada beragam referensi yang bisa dijadikan daftar pustaka. Oleh karena itu, detikers bisa melihat beragam contoh penulisan daftar pustaka yang baik. Berikut contoh daftar pustaka dilansir dari situs Manajemen Pertanian Lahan Kering Politeknik Pertanian Negeri Kupang:

Sumber Jurnal Ilmiah
1. Hartemink A.E. 2001. Biomass and Nutrient Accumulation of Piper aduncum and Imperata cylindrica Fallows in the Humid Lowlands of Papua New Guinea. Forest Ecology and Management 144(2001): 19-38.

2. Abdullah T. & A. Rauf. 2011. Karakteristik Populasi dan Serangan Penggerek Jagung Asia, Ostrinia furnacalis (Lepidoptera: Pyralidae), dan Hubungannya dengan Kehilangan Hasil. Jurnal Fitomedika 7(3): .

Sumber Prosiding Seminar/Pertemuan Ilmiah
3. Head G. 2004. Adapting Insect Resistance Management Strategy for Transgemic Bt Crops to Developing World Needs. Proceedings of International Seminar on Advanced Agricultural Engineering and Farm Work Operation, Bogor: August 2004. Hal. 16-20.

Sumber Buku Teks

4. Hartadi H., S. Reksohadiprodjo, A.D. Tillman. 2005. Tabel Komposisi Pakan untuk Indonesia, ed. ke-5. Gadjah Mada University Press, Yogyakarta. 145 hal.

Sumber Buku Bunga Rampai
5. Richana N. & Suarni. 2007. Teknologi Pengolahan Jagung. Dalam Jagung: Teknik Produksi dan Pengembangan, hal. . Pusat Penelitian dan Pengembangan Tanaman Pangan Departemen Pertanian, Jakarta.

Sumber Buku Terjemahan/Suntingan/Saduran
6. Borror D.J., C.A. Triplehorn, N.F. Jhonson. 1996. Pengenalan Pelajaran Serangga, ed. ke-6. Terjemahan: Soetiyono Partosoedjono. Gajah Mada University Press, Yogyakarta. 1083 hal.

Sumber Buku Dokumentasi Pemerintah
7. Direktorat Perlindungan Hortikultura. 2013. Pedoman Teknis Kegiatan Pengembangan Sistem Perlindungan Hortikultura Tahun 2014. Direktorat Jenderal Hortikulutura Kementerian Pertanian Republik Indonesia, Jakarta. 120 hal.

Sumber Buku Instansi Non Pemerintah atau Swasta Tanpa Nama Penulis
8. Ikatan Akuntansi Indonesia. 2009. Standar Akuntansi Keuangan, cet. ke-4. PT Salemba Empat. Jakarta. 1544 hal.BIOCert. 2014. Standar Pertanian Organik. PT BIOCert Indonesia, Bogor. 67 hal.

Sumber Leaflet/Brosur/Pamflet/Folder
9. Nurbani. 2011. Mengenal Musuh Alami Hama Tanaman Padi. Leaflet Nomor: 02/leaflet/bptp-kaltim/2011. Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Kalimantan Timur, Samarinda.

Sumber situs internet atau website
10. Dinas Peternakan Propinsi Jawa Timur. 2009. “Pemanfaatan Jerami Jagung Sebagai Pakan Ternak”. Diakses pada: 12 Januari 2012.

Sumber Lembar Informasi
11. Riyandoko, G. E. Sabastian, S. Anggrayani. 2015. Jati Sumber Peningkatan Penghidupan Petani Skala Kecil. Lembar Informasi Kanoppi Edisi 1-September 2015. World Agroforestry Centre (ICRAF) Southeast Asia Regional Program, Bogor-Indonesia.

Sumber Koran/Majalah
12. Primus J. 2017. “Ekspor Jagung Indonesia adalah Keniscayaan”. Kompas, 9 Februari 2017. Tersedia pada

Sumber Kamus Online
13. Collins English Dictionary. 2012. “Definition of Refugium”. HarperCollins. Tersedia pada Diakses pada 23 January 2012.

Sumber Karya Ilmiah yang Tidak Dipublikasikan
14. Markus R.Y. 2015. Teknik Pemberian Nutrisi pada Pembenihan Kentang G0 dengan Sistem Aeroponik di Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Lembang Kabupaten Bandung Barat Propinsi Jawa Barat. Laporan Praktik Kerja Lapangan. Program Studi MPLK Politeknik Pertanian Negeri Kupang, Kupang.

Sumber Makalah (Paper)
15. Santoso D. 2011. Tantangan Perguruan Tinggi Dalam Menghadapi Dinamika Global. Makalah. Disampaikan dalam Kegiatan Kuliah Umum, Universitas Muhamadiyah Malang: 3 Januari 2011.

Sumber Hasil Wawancara Pribadi
16. Dog S.D. 2008. “Balistik dalam Konsep Modern”. Hasil Wawancara Pribadi: 9 Juni 2008, University of West Cheam.

Sumber Peraturan Pemerintah, Undang-Undang, Keputusan Pemerintah
17. Peraturan Menteri Pertanian Republik Indonesia Nomor 07/Permentan/SR.140/9/2014 tentang Pengawasan Pestisida.

Sumber Video
18. Balai Penelitian Tanaman Buah Tropika & Ivani Juneid. 2017. Pemanfaatan Limbah Batang Pisang Sebagai Kompos Dalam Memenuhi Kebutuhan Nutrisi Tanaman [Video]. Badan Litbang Pertanian. Tersedia pada /watch?v=37ZN4SOhAt4.

Sumber Software (komputer atau unduhan)
19. IBM Corporation. 2012. IBM SPSS Statistics for Windows, Version 21.0 [Software]. IBM Corporation, New York.

20. Rosenberg M.S. & C.D. Anderson. 2011. PASSaGE: Pattern Analysis, Spatial Statistics, and Geographic Exegesis Version 2 [Software]. Methods in Ecology and Evolution 2(3): . Tersedia pada

Demikian informasi mengenai daftar pustaka dan contoh daftar pustaka. Selamat menulis karya ilmiah ya, detikers!

Simak Video “Ada Terduga Teroris, Standar Masuk MUI Dipertanyakan”
[Gambas:Video 20detik]
(hse/fds)