Blog

Tata Ruang Adalah Pengertian Umum Dan Menurut Para Ahli

Ruang adalah tempat di permukaan bumi, baik secara keseluruhan maupun hanya sebagian yang digunakan makhluk hidup untuk tinggal. Definisi ruang ini terdapat dalam studi geografi pada pendekatan dan analisa keruangan (1981) oleh Nursid Sumaatmadja.

Berbicara tentang ruang, ada yang namanya tata ruang. Dalam pendefinisian umum, Tata Ruang atau Spatial Plan adalah wujud struktur ruang dan pola ruang disusun secara nasional, regional, dan lokal.

Ruang diartikan dalam lingkup ruang darat, ruang laut, dan ruang udara, termasuk ruang di dalam bumi sebagai satu kesatuan wilayah, tempat hidup manusia dan makhluk lain, tempat melakukan kegiatan, dan memelihara kelangsungan hidup.

Untuk memahami lebih dalam tentang ruang, kita perlu mengambil beberapa pengertian ruang dari pendapat para ahli, lengkapnya sebagai berikut.

1. Tata Ruang Menurut Sujarto, 1992
Tata ruang adalah wujud struktural dan pola pemanfaatan ruang yang merupakan wadah kehidupan yang mencakup ruang daratan, ruang lautan dan ruang udara termasuk didalamnya tanah, air, udara dan benda lainnya serta daya, yang merupakan suatu keadaan kesatuan wilayah tempat manusia dan makhluk hidup lainnya melakukan kegiatan dan memelihara keberlangsungan hidupnya.

2. Tata Ruang Menurut Rapoport, 1980
Tata ruang adalah penataan segala sesuatu yang berada dalam ruang sebagai wadah penyelenggaraan kehidupan. Tata ruang pada hakikat merupakan lingkungan fisik dimana terdapat hubungan organisatoris antara berbagai macam objek dan manusia yang terpisah dalam ruang tertentu.

3. Tata Ruang Menurut Wetzling, 1978
Tata ruang terkait dengan segala sesuatu yang berada dalam ruang sebagai wadah penyelenggaraan kehidupan sehingga menunjukkan hasil distribusi tindakan manusia dan kegiatannya untuk mencapai tujuan,

Untuk menjelaskan lebih dalam tentang Tata Ruang, kita akan sedikit bergeser pada pembahasan Struktur ruang, Pola ruang, dan Tata ruang kota.

Struktur Ruang
Struktur ruang merupakan susunan pusat-pusat pemukiman dan sistem jaringan prasarana dan sarana yang berfungsi sebagai pendukung kegiatan sosial ekonomi masyarakat yang secara hierarkis memiliki hubungan fungsional.

Pola Ruang
Pola ruang adalah distribusi peruntukan ruang dalam suatu wilayah, meliputi peruntukan ruang untuk fungsi lindung dan peruntukan ruang untuk fungsi budidaya.

Tata Ruang Kota
Tata ruang kota memiliki definisi yang lebih kompleks dari tata ruang pedesaan. Tata ruang kota dibagi dalam banyak zona mulai dari perumahan, pemukiman, industri, pendidikan, wisata, hingga tempat pembuangan sampah,

Penutup
Itulah pembahasan seputar pengertian tata ruang dalam definisi umum dan pendapat para ahli secara lengkap. Kesimpulannya, tata ruang adalah wujud dari struktur ruang dan pola ruang yang disusun secara nasional, regional, dan lokal.