Blog

Tanggung Jawab Pengertian Manfaat Dan Contohnya

Laelitm.com – Tanggung Jawab merupakan salah satu sikap yang harus kita miliki dan bahkan harus dibentuk sejak dini. Sebab ketika sedari kecil kita diajarkan untuk bertanggung jawab dan memiliki rasa tanggung jawab, maka sikap ini akan terbawa hingga kita dewasa.

Ada banyak sekali manfaat yang bisa kita dapatkan jika kita memiliki rasa tanggung jawab, baik bagi diri sendiri, keluarga hingga pada Negara.

Pengertian Tanggung Jawab
Sebelum membahas lebih jelas mengenai tanggung jawab kami sudah merangkum pengertian tanggung jawab dari berbagai macam sudut pandang. Berikut ini penjelasannya :

Pengertian Tanggung Jawab Menurut KBBI
Apa yang dimaksud dengan tanggung jawab? Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) tanggung jawab merupakan keadaan dimana seseorang mempunyai kewajiban dalam menanggung segala sesuatu, atau menanggung segala akibatnya.

Pengertian Tanggung Jawab Secara Harfiah
Adapun menurut harfiah tanggung jawab merupakan sebagai keadaan seseorang wajib menanggung segala sesuatunya walaupun seseorang itu dituntut, dipersalahkan, diperkarakan serta hak yang berfungsi sebagai penerimaan beban yang diakibatkan oleh pihak lain.

Pengertian Tanggung Jawab Secara Umum
Jika pengertian tanggung jawab secara umum yaitu kesadaran seseorang akan perilakunya atau perbuatannya yang disengaja walaupun tidak sengaja. Tanggung jawab dilakukan dalam keadaan dimana seseorang itu sedang dalam kondisi sadar akan kewajibannya.

Jika seseorang mempunyai sifat tanggung jawab ini maka ia termasuk seseorang yang mempunyai kejujuran tinggi dan kepedulian yang tinggi.

Tetapi, jika seseorang kehilangan sifat tanggung jawabnya maka, ada pihak lain yang akan memaksakan tanggung jawab itu. Dengan begitu, tanggung jawab dapat dilihat dari dua sisi diantaranya dari sisi pihak yang berbuat dan dari sisi kepentingan pihak lain.

Manfaat Sikap Tanggung Jawab

Sikap tanggung jawab tentunya mempunyai manfaat yang begitu besar bagi kehidupan masyarakat. Berikut ini manfaat dari sikap bertanggung jawab diantaranya :

1.) Lebih Dihargai Orang Lain
Dengan adanya sifat tanggung jawab ini seseorang akan lebih dihargai oleh orang lain. Karena, dalam sikap tanggung jawab ini ia tidak akan melalaikan tugasnya dan akan bertanggung jawab jika, ia melakukan kesalahan dalam tugasnya. Jadi, orang tidak akan segan untuk meremehkannya melainkan orang lain akan lebih menghargainya.

2.) Mempunyai Ketelitian Tinggi
Biasanya, orang yang mempunyai sifat ini akan mempunya sifat teliti yang tinggi karena, ia akan lebih berhati-hati dalam menjalankan tugasnya.

3.) Akan Lebih Dipercaya Orang Lain
Kita pasti sudah tidak asing lagi mendengar kalimat orang baik akan mudah dipercaya orang lain. Karena sikap tanggung jawab termasuk sifat baik, maka seseorang yang memiliki sifat ini tentunya akan dipercaya oleh masyarakat.

Maupun dipercaya oleh organisasi tempatnya bergabung atau bahkan di tempat bekerjanya. Kepercayaan itu biasanya didapat dari upaya yang sudah dikerjakan oleh seseorang sebelumnya.

4.) Akan Mendorong Kesuksesannya
Sikap tanggung jawab tentunya akan menghasilkan kepuasaan sendiri maupun orang lain. Karena pastinya seseorang yang mempunyai sifat ini tidak akan asal-asalan dalam bekerja. Dan ia tidak akan pernah lari dalam masalahnya sampai ia menyelesaikan masalahnya.

Itulah beberapa manfaat dari tanggung jawab. Adapun contoh tanggung jawabbisa simak penjelasan berikutnya.

Jenis Jenis Tanggung Jawab Disertai Contoh

Tanggung jawab terbagi ke dalam beberapa jenis, berikut penjelasan disertai dengan contohnya :

1.) Tanggung Jawab Pada Diri Sendiri
Tanggung jawab ini meliputi tanggung jawab pada diri sendiri, hanya kita sendirilah yang tahu mengenai makna dan pencapaian apa saja yang harus diselesaikan. Demi menuntaskan tanggung jawab yang kita miliki terhadap diri kita sendiri.

Contoh dari tanggung jawab pada dirinya sendiri ialah jika ingin lulus kuliah tepat waktu dengan ipk yang diinginkan. Maka dia harus belajar dengan sangat giat dan bertanggung jawab pada waktu yang dimiliki.

Dia harus tahu kapan dia belajar dan kapan waktu dia bersantai agar keinginan dan tanggung jawab pada dirinya sendiri tercapai.

Jadi, ia harus bertanggung jawab pada dirinya sendiri karena tidak belajar sehingga nilai ipk nya tidak memuaskan.

2.) Tanggung Jawab Pada Keluarga
Tanggung jawab ini merupakan sebuah tanggung jawab yang harus dipenuhi oleh seseorang bagi keluarganya. Tanggung jawab jenis ini tidak melulu soal menjadi tulang punggung. Namun bisa seperti tanggung jawab seorang anak untuk menyelesaikan pendidikan dan membuat orang tua bangga.

Contoh dari tanggung jawab pada keluarga ialah seorang anak harus menghormati orang tuanya karena itu merupakan kewajiban seorang anak. Maka, dari itu anak harus bisa bertanggung jawab pada orang tuanya seperti, menghormatinya dan menyayanginya.

3.) Tanggung Jawab Pada Masyarakat
Sebagai makhluk sosial pastilah kita memiliki tanggung jawab yang harus dipenuhi dengan masyarakat di lingkungan kita tinggal.

Contoh tanggung jawab pada masyarakat ialah apabila ada seseorang yang tidak ikut kerja bakti Karena bermalas-malasan. Maka, ia akan ditegur oleh kepala desa atau masyarakat setempat karena, kerja bakti merupakan tanggung jawab seluruh anggota masyarakat.

4.) Tanggung Jawab pada Tuhan
Sesuai dengan Pancasila Sila Pertama : Ketuhanan yang Maha Esa, sehingga kita ini adalah makhluk ciptaan Tuhan yang memiliki tanggung jawab pada Tuhan kita.

Contoh tanggung jawab pada tuhan ialah setiap umat manusia yang beragama harus mematuhi kewajibannya yang diatur dalam agamanya. Tidak hanya dalam beribadah namun juga bersikap baik dan memiliki toleransi pada sesama.

5.) Tanggung Jawab kepada Bangsa dan Negara
Selain itu kita adalah seorang warga Negara yang tinggal di sebuah Negara dengan pemimpin dan aturan yang diteggakan oleh Negara tersebut. Oleh sebab itu kita memiliki tanggung jawab pada bangsa dan Negara sebagai warga Negara yang baik.

Contohnya adalah menjaga kesatuan dan persatuan dan mencintai tanah air. Tanggung jawab ini juga bisa ditunjukkan dengan memberikan prestasi yang membanggakan bagi Negara kita.

Atau hanya dengan melestarikan hingga mencintai warisan negeri ini pun termasuk dalam tanggung jawab kita sebagai warga Negara yang baik.

Demikian pembahasan mengenai pengertian, manfaat dan contoh tanggung jawab. Semoga dengan adanya artikel diatas, bisa menambah wawasan sahabat belajar.

Artikel Lainnya :