Blog

Studi Literatur Adalah Pengertian Umum Menurut Para Ahli

Studi Literatur – Istilah ini pastinya tidak asing bagi mahasiswa yang memang menjadi bab yang harus dikuasai dan penting dalam dunia perkuliahan. Studi literatur merupakan kegiatan yang berkaitan dengan pengumpulan data pustaka hingga mengolah bahan penelitian. Untuk penjelasan lebih lengkap tentang definisi studi literatur, simak berikut ini.

Pengertian Studi Literatur Secara Umum
> Studi literatur adalah serangkaian kegiatan yang berkenaan dengan metode pengumpulan data pustaka, membaca dan mencatat, serta mengolah bahan penelitian.

Studi literatur adalah mencari referensi teori yang relevan dengan permasalahan dan persoalan yang ditemukan atau diteliti.

Studi literatur juga didefinisikan sebagai cara untuk menyelesaikan persoalan dengan menelusuri sumber-sumber yang telah dibuat sebelumnya. Oleh karenanya, studi literatur juga familiar disebut sebagai studi pustaka.

Pengertian Studi Literatur Menurut Ahli
1. Danial dan Warsiah (2009:80)
Studi Literatur adalah penelitian yang dilakukan oleh peneliti dengan mengumpulkan sejumlah buku-buku, majalah yang berkaitan dengan masalah dan tujuan penelitian.

2. M. Nazir (1998:112)
Dalam buku yang berjudul Metode Penelitian karya M. Nazir, disebutkan bahwa Studi Literatur / Studi Kepustakaan adalah teknik pengumpulan data dengan mengadakan studi penelaahan terhadap buku-buku, literatur-literatur, catatan-catatan, serta laporan-laporan yang berkaitan dengan masalah yang dihadapi.

Menurut Nazir (1998:112), Studi kepustakaan merupakan langkah yang penting dimana setelah seorang peneliti menetapkan topik penelitian, langkah selanjutnya adalah melakukan kajian yang berhubungan dengan topik penelitian.

Peneliti perlu mengumpulkan berbagai informasi dari kepustakaan yang berhubungan. Sumber kepustakaan bisa didapat dari buku, jurnal, majalah, tesis dan disertasi, serta sumber-sumber lain seperti internet, koran, dsb.

3. Menurut J.Supranto
J. Supranto seperti dikutip Ruslan dalam bukunya Metode Penelitian Public Relations dan Komunikasi, bahwa studi kepustakaan adalah dilakukan mencari data atau informasi riset melalui membaca jurnal ilmiah, buku-buku referensi dan bahan-bahan publikasi yang tersedia di perpustakaan, Ruslan (2008:31).

Penutup
Kesimpulannya, studi literatur adalah serangkaian kegiatan yang berkaitan dengan pengumpulan data pustaka, membaca dan mencatat, serta mengolah bahan penelitian. Studi literatur juga dikenal sebagai studi kepustakaan.