Blog

Sosiologi Pengertian Menurut Para Ahli Ciri Dan Fungsi

Laelitm.com –Sosiologi merupakan salah satu bidang ilmu yang fokus untuk mempelajari mengenai manusia sebagai mahkluk sosial dan juga interaksi yang dilakukan antar manusia yang terjadi di lingkungan masyarakat.

Definisi dari sosiologi sendiri adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari mengenai sifat, perilaku dan juga perkembangan masyarakat, sehingga yang dipelajari di dalam sosiologi merupakan perilaku sosial individu dengan individu, individu dengan kelompok serta antara kelompok dengan kelompok.

Untuk pengertian umumnya sendiri, kata sosiologi berasal dari Bahasa Latin yakni Socius yang memiliki artik kawan dan logos yang berarti ilmu pengetahuan sehingga bisa pengertian dari sosiologi adalah ilmu yang membahas mengenai kehidupan manusia sebagai makhluk sosial.

Karena manusia merupakan makhluk sosial yang saling membutuhkan untuk bisa memenuhi kebutuhan hidupnya sehingga setiap manusia saling bergantung satu sama lain dan saling melengkapi. Dengan kata lain manusia tak bisa hidup sendiri.

Itu lah pengertian ilmu sosial secara umum, lalu apa sih, pengertian ilmu sosial menurut para ahli? Penasaran kan? Nih, pegertian ilmu sosial menurut para ahli yang sudah kami rangkum dari berbagai sumber informasi.

Pengertian Sosiologi Menurut Ahli
Para ahli telah memberikan definisi dan pengertian dari sisiologi sesuai dengan apa yang mereka katahui dan mereka kuasai. Hal ini pun sangat penting bagi sahabat belajar ketahui agar sahabat bisa semakin memahami tentang materi sosiologi dengan melihat pengertian dari beberapa ahli di bawah ini.

Langsung saja simak, pengertiannya di bawah ini :

1.) Allan Jhonson
Jika menurut Allah Jhonson, sosiologi merupakan ilmu yang secara khusus mempelajari mengenai kehidupan serta perilaku utamanya yang memiliki kaitan dengan suatu sistem sosial.

Dan bagaimana sistem tersebut dapat mempengaruhi orang dan juga bagaimana juga orang tersebut bisa terlibat di dalamnya sehingga dapat mempengaruhi sistem tersebut.

2.) Pitirim Sorokin
Sementara itu menurut Pitirim Sorokin sosiologi sendiri adalah ilmu yang mempelajari mengenai hubungan serta timbal balik di antara aneka macam gejala sosial, contohnya saja seperti gejala ekonomi, gejala keluarga, dan juga gejala moral.

Sosiologi juga merupakan ilmu yang mempelajari mengenai hubungan dan juga pengaruh timbal balik yang terjadi antara gejala gejala sosial dengan gejala non – sosial dan yang terakhir sosiologi merupakan ilmu yang mempelajari mengenai ciri – ciri umum dari semua jenis gejala – gejala sosial lain.

3.) William Kornblum
Menurut William Kornblum Sosiologi merupakan suatu upaya ilmiah yang dilakukan untuk mempelajari masyarakat dan juga perilaku sosial anggotanya dan juga menjadikan masyarakat yang bersangkutan di dalam berbagai kelompok dan kondisi.

4.) Roucek dan Warren
Roucek dan Warren mengungkapkan jika Sosiologi merupakan ilmu yang secara khusus mempelajari mengenai hubungan antara manusia di dalam sebuah kelompok.

5.) William F. Ogburn dan Mayer F. Nimkopf
William F. Ogburn dan Mayer F. Nimkopf berpendapat jika Sosiologi adalah penelitian yang dilakukan secara ilmiah terhadap interaksi sosial yang dilakukan dan hasilnya yakni organisasi sosial.

6.) A.A Von Dorn dan C.J. Lammers
Jika menurut J.A.A Von Dorn dan C.J. Lammers Sosiologi merupakan ilmu pengetahuan mengai struktur – struktur dan juga proses kemasyarakatn yang memiliki sifat stabil.

7.) Soerjono Soekanto
Menurut Soerjono Soekanto sosiologi yakni ilmu yang lebih memusatkan pada perhatian dan segi – segi kemasyarakatan yang memiliki sifat umum dan berusaha untuk mendapatkan pola – pola umum kehidupan bermasyarakat.

Ciri-Ciri Sosiologi

Sosiologi sendiri memiliki beberapa ciri-ciri yang membuatnya berbeda dan dapat dijadikan sebagai salah satu acuan. Dan berikut ini adalah ciri-ciri dari sosiologi yang wajib untuk sahabat belajar ketahui :

1.) Komulatif
Yakni disusun oleh dasar teori teori yang telah ada untuk kemudian diperbaiki, diperluas hingga diperkuat teori – teroi nya.

2.) Empiris
Yakni didasari oleh observasi atau pengamatan dan akal sehat yang hasilnya tidak memiliki sifat spekulasi atau pun menduga – duganya.

3.) Nonetis
Yakni pembahasan mengenai suatu masalah yang tak mempersoalkan mengenai baik atau pun buruk masalah tersebut akan tetapi lebih memiliki tujuan untuk menjelaskannya secara mendalam.

4.) Teoretis
Yakni selalu berusaha untuk menyusun secara abstraksi yang dikumpulkan dari hasil observasi yang konkret di lapangan dan abstraksi ini merupakan kerangka yang berasal dari unsur – unsur yang memiliki susunan secara logis dan memiliki tujuan untuk menjalankan hubungan sebab akibat hingga akhirnya menjadi sebuah teori.

Fungsi Sosiologi
Ilmu sosiologi tentunya memiliki fungsi yang sangat nyata terutama bagi manusia secara individu mau pun kelompok, dan berikut ini adalah fungsinya :

1.) Digunakan Untuk penelitian
Fungsi yang pertama adalah digunakan untuk penelitian karena tanpa adanya penelitian dan penyelidukan sosiologis maka tak akan bisa memperoleh perencanaan sosial yang efektif atau pun pemecahan masalah – masalah sosial dengan baik.

2.) Digunakan Untuk pembangunan
Sosiologi sangat berguna jika digunakan untuk memberikan data – data sosial yang sangat diperlukan tahap perencanaan, pelaksanaan atau pun penilaian pembangunan.

Sebagai makhluk sosial tentunya manusia saling membutuhkan satu sama lain, dan setiap manusia juga harus bisa bersikap dan berperilaku antara satu sama lain, di sini lah manfaat dari ilmu sosiologi yang bisa dipelajari untuk digunakan dalam bersosialisasi.

Semoga ulasan mengenai sosiologi di bawah ini bisa menambah ilmu pengetahuan bagi sahabat belajar, sampai jumpa pada pembahasan dan ulasan berikutnya.

Artikel Lainnya :