Blog

Skala Waktu Geologi Adalah Pembagian Dan Cara Penentuannya

Assalammualaikum, Selamat datang di Kelas IPS. Disini Ibu Guru akan membahas tentang pelajaran Geografi yaitu Tentang “Waktu Geologi“. Berikut dibawah ini penjelasannya:

Geologi adalah sebuah cabang ilmu geografi yang mempelajari tentang Bumi dan pun struktur lapisan Bumi. Mengapa insan perlu mempelajari geologi? Hal ini telah pasti sebab kita sebagai insan tinggal di planet Bumi. Oleh sebab itulah kita paling perlu mempelajari tentang Bumi bahkan umur Bumi sendiri. umur planet Bumi perlu guna kita ketahui dan lantas akan anda hubungkan dengan kejadian atau gejala alam yang muncul. Seperti halnya insan yang semakin lama bakal semakin lemah dan gampang terserang penyakit, Bumi pun pun demikian adanya.

Usia Bumi semakin tua maka bakal semakin melemah, maka tidak heran bilamana kita biasanya merasakan sekian banyak kejadian laksana bencana alam di Bumi. Hal ini juga bersangkutan dengan umur Bumi yang semakin tua dan semakin rapuh. Nah, kemudian bagaimana semua ilmuwan dapat menilai usia Bumi ya, sebenarnya kita seluruh tahu bahwa sebelum terciptanya insan Bumi telah ada lebih dulu. Dengan sekian banyak metode ilmu, pasti semua ilmuwan tidak akan kendala untuk memperkirakan usia Bumi. Dan dalam menilai usia Bumi, tidak lepas dari yang namanya Skala Waktu Geologi. Dalam peluang kali ini anda akan membicarakan mengenai Skala Waktu Geologi, yuk anda simak.

Apa Itu Skala Waktu Geologi?
Mengenai definisi skala masa-masa geologi, dari namanya saja barangkali kita sudah dapat menebak-nebak ya? Skala Waktu Geologi adalah skala yang dipakai oleh para berpengalaman geologi dan pun ilmuwan untuk menyatakan hubungan atau kebersangkutanan antar peristiwa yang terjadi di sepanjang sejarah Bumi. Dengan skala masa-masa geologi maka peristiwa yang terjadi pada masa lampau bakal dihubungkan atau ditelusuri hubungannya dengan peristiwa yang barangkali terjadi di masa- masa kini ini.

Hal ini sebab Bumi kita pun mengalami suatu pergerakan atau perubahan, contohnya saja pergerakan lapisan batuan ataupun lempeng- lempeng Bumi. Bisa disebutkan bahwa skala masa-masa geologi adalah sebuah penanggalan yang dipakai untuk mempelajari sejarah tentang Bumi. Periode masa-masa yang dipakai pun tidak lagi tahun ataupun abad, tetapi jutaan tahun.

Skala masa-masa geologi yang dipakai untuk menilai usia Bumi dan mengaitkan sekian banyak peristiwa dalam sejarah Bumi terdapat dua jenis, yakni Skala Waktu Relatif dan Skala Waktu Absolut. Penjelasan tentang masing- masing skala masa-masa geologi ialah sebagai berikut:

Skala Waktu Relatif
Skala masa-masa relatif adalah skala masa-masa yang dipakai menurut atas urutan lapisan- lapisan batuan beserta dengan perubahan kehidupan organisme di masa lalu. Skala ini terbentuk atas dasar peristiwa- peristiwa yang terjadi dalam pertumbuhan ilmu geologi tersebut sendiri. Skala masa-masa relatif dikembangkan kesatu kalinya pada abad ke 18 sampai abad 19 di Eropa.

Berdasarkan skala masa-masa relatif ini, Bumi dikelompokkan menjadi Eon (Masa), Eon dipecah menjadi Era (kurun), Era dipecah kedalam Period (zaman), dan Period dipecah menjadi Epoch (Kala). Dengan demikian nama- nama laksana Paleozoikum atau Kenozoikum ialah nama- nama yang memiliki makna tertentu, bukan asal kata saja.

Dalam urusan ini fosil dari makhluk purba digunakan sebagai dasar dari skala masa-masa geologi. Nama- nama dari seluruh Eon atau kurun dan pun Era atau masa diselesaikan dengan kata zoikum, urusan ini sebab pada kisaran masa-masa tersebut paling kenal kehidupan binatangnya.

Skala Waktu Absolut (Radiometrik)
Skala masa-masa yang berikutnya ialah skala masa-masa absolut atau radiometrik yang adalah skla yang ditentukan menurut pelarikan radioaktif dari unsur- bagian kimia yang terdapat dalam sekian banyak jenis-jenis batuan. Skala masa-masa absolut atau radiometrik ini berkembang dari ilmu pengetahuan fisika yang diterapkan untuk membalas permasalahan- persoalan yang timbul dalam bidang geologi.

Penentuan usia batuan dalam ribuan, jutaan bahkan milyaran tahun bisa dimungkinkan sesudah ditemukan bagian radiokatif. Para berpengalaman geologi atau imuwan memakai mineral yang secar alamiah berisi bagian radioaktif dan dapat digunakan untuk menghitung usia secara absolut dalam ukuran tahun suatu batuan.

Itulah kedua jenis skala wakti geologi yang bisa digunakan, dari uraian diatas tampak bahwa cara atau dasar pijak yang digunakan kedua skala berbeda- beda.

Berdasarkan uraian jenis- jenis skala diatas, kita memahami bahwa terdapat dua teknik menilai usia Bumi. Adapun teknik penentuan ini ialah sebagai berikut:

* Menggunakan fosil dari makhluk purba. Hal ini dipakai sebagai dasar pengukuran dari skala masa-masa relatif yang mengandalkan fosil- fosil dari makhluk purba baik hewan maupun bakteri.
* Menggunakan isotop radioaktif yang adalahkandungan kimia yang ada dalam batuan. Penentuan menurut isotop ini dinilai mempunyai tingkat kekeliruan yang relatif paling kecil.

Demikian Penjelasan Pelajaran IPS-Geografi Tentang Skala Waktu Geologi adalah: Pembagian dan Cara Penentuannya

Semoga Materi Pada Hari ini Bermanfaat Bagi Siswa-Siswi, Terima Kasih !!!

Baca Juga :