Blog

Seni Rupa Pengertian Unsur Jenis Dan Fungsinya

Apa itu seni rupa? Sering kali kita merasa tergugah atas fenomena keindahan yang timbul akibat rasa puas, rasa haru atau rasa senang berkat suatu keindahan yang dilihat atau didengar. Keindahan tentu dapat ditemui di mana saja baik di alam, di lingkungan sekitar bahkan di ruang kelas sekalipun. Suatu keindahan pun beragam, ada keindahan yang diciptakan oleh tuhan yang disebut dengan keindahan alam dan keindahan hasil ciptaan manusia yang biasa disebut keindahan seni.

Namun, keindahan karya seni tidak selalu berarti menggambarkan hal yang benar benar indah atau bagus. Karya seni dapat menunjukan hal yang buruk, jelek, tragis, mengejutkan, membingungkan dan bahkan menjijikan. Maka dari itu, sebagian pakar menamainya dengan istilah estetik atau aesthetic.

Seni berasal dari Bahasa Melayu yang artinya tipis, amat halus. Namun, sebagian pakar juga yang berpendapat bahwa kata seni justru berasal dari Bahasa Sanskerta yaitu san yang artinya hal yang berkaitan dengan pemberian persembahan atau sesajen dalam bentuk tarian, nyanyian atau pun pembuatan bangunan untuk dewa sesuai dengan ajaran Agama Hindu. Kata san kemudian berubah menjadi sani dan akhirnya menjadi seni.

> Menurut Ensiklopedia Indonesia, seni rupa adalah penciptaan segala hal atau benda yang memiliki bentuk yang indah sehingga orang merasa senang saat melihat atau mendengarnya.

Everymen’s Encyclopedia mendefinisikan seni rupa sebagai segala sesuatu yang dilakukan bukan untuk memenuhi kebutuhan pokok melainkan dilakukan semata untuk kemewahan, kenikmatan, atau kebutuhan spiritual.

Haukinberpendapat bahwa seni rupa merupakan imajinasi jiwa seseorang yang diekspresikan melalui bentuk indah sehingga dapat terungkapkan dan dinikmati oleh orang lain dan biasa ditunjukan dalam pameran seni.

Unsur Seni Rupa
Seni rupa terbentuk dari berbagai unsur fisik, unsur fisik tersebut merupakan unsur yang dapat dilihat oleh mata seperti bentuk, warna, tekstur dan ruang yang disusun secara artistik dengan mempertimbangkan prinsip penyusunan sehingga membentuk wujud baru yang disebut seni rupa.

Seni rupa menurut wujudnya
Berbagai unsur yang membentuk seni rupa disusun sehingga menciptakan karya dengan berbagai bentuk, dengan demikian karya seni rupa menurut wujudnya dibedakan menjadi:

Dua Dimensi
Seni rupa dua dimensi atau dwimatra hanya memiliki dimensi panjang dan lebar sehingga hanya dapat dinikmati satu arah saja. Contoh karya jenis ini yaitu lukisan, gambar, foto tenunan dan batik.

Tiga Dimensi
Seni Rupa tiga dimensi atau trimatra memiliki dimensi panjang, lebra dan tinggi atau memiliki kedalaman (volume/gempal) sehingga wujudnya dapat dinikmati dari berbagai arah. Contoh karya seni rupa jenis ini yaitu patung, bangunan, boneka dan jasa desain produk.

Empat Dimensi
Seni rupa empat dimensi atau seni rupa berbasis waktu (time-based art) merupakan fenomena baru dalam dunia seni rupa yang mencakup:

Video
Video yang dimaksud merupakan jenis video yang memuat karya seni yang terdiri dari gerak dan bunyi. Video dapat dilihat dari monitor atau diproyeksikan dengan cahaya ke media layar atau dinding.

Pertunjukan/happening
Dalam pertunjukan akan melibatkan perupa yang sedang beraksi. Aksi perupa kemudian direkam dalam foto atau video, tetapi yang merupakan karya seni tetaplah merupakan perupa itu sendiri.

Media Baru yang Interaktif
Seperti namanya, seni rupa jenis ini akan menggunakan media baru yang menarik seperti seni rupa digital, animasi komputer, robotika yang dimanfaatkan untuk mengeksplorasi potensi teknologi sehingga menghasilkan karya seni.

Seni rupa menurut fungsinya
Seni rupa menurut fungsinya dibedakan menjadi karya seni rupa terapan (applied art) dan karya seni rupa murni (fine art). Karya seni rupa terapan (applied art) merupakan karya seni rupa yang diciptakan untuk memiliki fungsi atau kegunaan tertentu yang bersifat praktis. Sedangkan Karya seni rupa murni (fine art) merupakan karya seni yang dibuat semata untuk keindahan dan tidak diciptakan untuk memenuhi kegunaan lain yang bersifat praktis.

Referensi:

Salam, Sofyan dkk. 2020. Pengetahuan Dasar Seni Rupa. Badan Penerbit UNM: Makassar.

Palwanti, Muheri. 2020. Pembelajaran SMA Seni Budaya. Direktorat SMA, Direktorat Jendral PAUD, DIKDAS dan DIKMEN: Jakarta.