Blog

Sekilas Metodologi Penelitian Pendidikan

Apa itu Metodologi penelitian

Pengertian MetodePenelitian– Untuk mencapai tujuan dan dapat menentukan jawaban atas permasalahan. Dalam metode penelitian memiliki beberapa macam-macam yakni metode kualitatif, metode kuantitatif, metode ekspos facto, metode survei, dan metode deskriptif.

Lalu, apa yang dimaksud dengan metode penelitian? Apa sajakah jenis-jenis dan pengertian metode tersebut? Dalam Ulasan ini akan menjelaskan secara singkat dan jelas. Yuukk… Simak penjelasan nya sebagai berikut.

Apa itu Metode ?
Kata dalam sebuah metode berasal dari dalam bahasa Latin dan dari bahasa Yunani,methodusdari sebuah kata meta, yang berarti ke atau di atas, dan sebuah katahodos, yang berarti dalam suatu cara atau jalan.

Pengertian Metodemerupakan sebuah metode atau proses sistematis yang mencapai tujuan tersebut yakni efisiensi, dalam sebuah urutan langkah-langkah reguler.

Metode ini secara harfiah dengan menggambarkan cara di mana dalam suatu entitas akan dibangun atau dicapai. Secara metodis, dengan mendekati dalam suatu bidang yang memiliki sebuah arti yakni untuk memenuhi atau memahaminya dengan cara merencanakan, secara logis dapat mengatur dalam berbagai bagian atau fase, dan membangun dengan sebanyak mungkin dengan menghubungkan.

Pengertian Metode Penelitian
Metode Penelitianmerupakan metode atau proses yang dapat dipilih dengan secara khusus sebagai memecahkan berbagai masalah yang dapat diangkat dalam suatu penelitian.

Sedangkan pengertian metodologi penelitian ialah ilmu yang dapat menjelaskan bagaimana suatu penelitian yang harus dilakukan.

Pendapat lain yakni bahwa harus dapat memahami sebuah metodologi dengan penelitian yakni dalam serangkaian langkah terstruktur atau sistematis yang peneliti lakukan sebagai menemukan pada jawaban yang tepat sebagai pertanyaan terhadap objek sebuah penelitian. Terdapat langkah-langkah dalam sistematis adalah:

* Proses mengidentifikasi dan merumuskan sebuah masalah.
* Penyusunan sebuah kerangka dengan berpikir.
* Merumuskan dengan cara hipotesis.
* Dapat mendiskusikan sebuah masalah.
* Dapat membuat membuat saran dan kesimpulan.

Memiliki sebuah tujuan ialah agar para peneliti mendapatkan penelitian yang tepat, dipertimbangkan, dan dapat menyelesaikan sebuah masalah yang akan pelajari.

Metode Penelitian Menurut Para Ahli
Untuk lebih memahami apa itu pengertian dalam sebuah metode penelitian, dari beberapa para ahli akan mengartikan sebagai berikut:

1. Menurut Prof. M.E. Winarno
Menurut Prof. M.E. Winarno, metodologi penelitian merupakan sebuah kegiatan ilmiah yang dapat dilakukan dengan teknik yang sistematis dan cermat.

2. Menurut Prof. Dr. Sugiyono
Menurut Prof. Dr. Sugiyono, dalam memahami sebuah metode penelitian merupakan suatu cara ilmiah sebagai mendapatkan data pada penggunaan dan tujuan tertentu.

3. Menurut Muhammad Nasir
Menurut Muhammad Nasir, memahami metode penelitian merupakan sebuah metode yang paling penting yakni dimana para peneliti dapat mencapai sebuah tujuan dan dapat menemukan jawaban sebagai masalah yang akan di ajukan.

4. Menurut Muhiddin Sirat
Menurut Muhiddin Sirat, metode penelitian merupakan sebuah cara untuk dapat memilih pada subjek masalah dan menentukan pada judul dalam sebuah investigasi.

5. Menurut Heri Rahyubi
Menurut Heri Rahyubi, metode penelitian merupakan sebuah model yang dapat digunakan dengan kegiatan belajar mengajar sebagai mencapai sebuah proses dalam pembelajaran yang secara baik.

Macam – Macam Metode Penelitian
Pada umumnya, dalam sebuah metode dalam penelitian dapat dibagi menjadi berbagai jenis dalam sebuah metode penelitian yang berbeda yakni ialah:

1. Metode Kuantitatif
Metode kuantitatif merupakan sebuah bentuk penelitian yang bersifat terstruktur sistematis, dan terperinci. Dalam sebuah penerapan dalam metode penelitian ini adalah pada penggunaan tabel, angka, grafik, dan grafik untuk menampilkan hasil informasi atau data yang dapat diperoleh.

2. Metode Kualitatif
Metode kualitatif merupakan sebuah metode investigasi yang memberikan penjelasan dengan analisis. Dalam praktiknya, metode ini memiliki sifat yakni subyektif karena dalam sebuah proses penelitian akan lebih terlihat dan lebih berfokus terhadap fondasi teoritis.

Dalam metode penelitian ini dapat disebut dengan sebuah metode etnografi, karena sangat sering sekali digunakan sebagai mengamati dalam kondisi budaya dan sosial.

3. Metode Deskriptif
Metode deskripsi merupakan sebuah metode penelitian yang memiliki sebuah tujuan sebagai menjelaskan dalam suatu peristiwa yang akan terjadi baik di masa kini dan di masa lalu. Metode pemeriksaan ini dapat dibagi menjadi dua metode yakni Cross Sectional(waktu tertentu)dan Longitudinal(sepanjang waktu).

4. Metode Ekspos Facto
Metode Facto-Exposure merupakan sebuah metode dalam pemeriksaan sebagai menyelidiki dalam hubungan sebab akibat dari suatu kejadian atau peristiwa.

Karena adanya hubungan sebab dan akibat, kemungkinan baru dapat ditemukan dengan sebagai indikator dalam sebuah secara proses penelitian.

5. Metode Survei
Metode survei dapat digunakan sebagai memperoleh dalam sebuah hasil dalam penelitian yang bentuk opini atau pendapat orang lain dan berinteraksi langsung dengan objek yang akan diamati.

Tujuan utama dari metode tersebut ialah sebagai memperoleh gambaran umum yang melalui sampel dengan beberapa orang.