Blog

Secara Umum Dan Menurut Para Ahli

Analisis merupakan istilah yang sudah banyak digunakan dalam berbagai bidang ilmu pengetahuan, seperti ilmu bahasa, sosial, ekonomi bisnis, pengetahuan alam, manajemen, akuntansi, dan lainnya.

Ya, kata ini memang sudah tidak asing lagi, bukan termasuk istilah baru, dan mungkin sering Anda dengar.

Namun, tahukah Anda apa sebenarnya pengertian analisis? Silahkan simak ulasan lengkapnya dari Cryptowi dibawah ini.

Istilah analisis berasal dari bahasa Yunani Kuno “analusis”, yang memiliki arti “melepaskan”.

Dalam bentuk kalimat, analisis diartikan sebagai sebuah proses pemeriksaan dan evaluasi dari data atau informasi yang kompleks menjadi bagian-bagian yang lebih kecil untuk mempelajarinya lebih dalam dan bagaimana bagian-bagian ini berhubungan satu sama lain.

Simak Juga: Pengertian Jasa

Selain pengertian secara umum, analisis juga memiliki beberapa pengertian lain menurut sejumlah ahli.

Enam di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Komaruddin

Komaruddin mendefinisikan analisis sebagai suatu tindakan berfikir dalam mengklarifikasikan satu keseluruhan yang koheren menjadi komponen-komponen yang lebih kecil, dengan maksud untuk mengenal hubungan setiap komponen, tanda-tanda komponen, serta fungsi dari masing-masing komponen.

2. Wiradi

Menurut Wiradi, arti analisis adalah suatu tindakan atau kegiatan memisahkan, memilah, dan mengklarifikasikan sesuatu, yang kemudian dikelompokkan menurut parameter tertentu.

Setelah itu, masing-masing komponen tersebut dicari maknanya, ditafsirkan, dan dicari kaitannya.

3. Dwi Prastowo Darminto

Dwi Prastowo Darminto mengartikan istilah analisis sebagai suatu aksi memerinci suatu subjek/objek tertentu menjadi beberapa bagian.

Setiap bagian tersebut diamati, lalu dicari hubungannya dengan bagian lain yang terhubung, dengan tujuan mendapatkan definisi yang tepat dan agar mudah dipahami secara keseluruhan.

4. Syahrul

Syahrul menuturkan istilah analisis sebagai suatu kesibukan melihat dan mengevaluasi keadaan dari ayat-ayat atau pos-pos dalam bidang akuntansi untuk selanjutnya dicari kemungkinan perbedaan yang muncul.

5. Rifka Julianty

Rifka Julianty berpendapat bahwa deskripsi analisis adalah aktivitas pemerincian suatu pokok menjadi beberapa bagian dan dikaji setiap bagiannya.

Selanjutnya dicari hubungan antar bagian tersebut dan membuat penafsiran yang tepat agar pokok yang dimaksud dapat didefinisikan dan dipahami secara benar.

6. Mohammad Afdi Nizar

Menurut Mohammad Afdi Nizar, analisis adalah evaluasi atau pemeriksaan dari ayat-ayat yang berhubungan dengan akuntansi untuk mengungkap dan memahami hubungan sebab-akibat, sehingga memberikan dasar untuk pemecahan masalah dan pengambilan keputusan.

Simak Juga: Pengertian Kinerja

Perbedaan Analisis dan Analisa

Apa sih sebenarnya perbedaan analisis dan analisa? Atau, manakah penulisan yang baku?

Pertanyaan semacam ini sering dilontarkan karena istilah analisis dan analisis memang cukup membingungkan.

Meskipun terlihat sama, tapi Anda tidak boleh salah menggunakan atau mengartikannya ya.

Berdasarkan penjelasan pada poin-poin sebelumnya, bisa dikatakan bahwa “analisis” adalah kata benda yang merujuk pada pemeriksaan terperinci atau studi tentang sesuatu atau seseorang.

Jika Anda berpikir tentang analisis sebagai kata kerja, artinya seseorang atau sekelompok orang sedang memeriksa secara metodis.

Contohnya adalah:

» Jeni telah menyelesaikan analisis data untuk proyek penelitiannya.

» Dokter masuk ke ruang rapat untuk mendiskusikan analisisnya tentang hasil tes dari pasian A.

» Apakah menurut Anda analisis pemerintah terhadap kondisi ekonomi benar?

» Kali ini saya mendapatkan tugas untuk membuat analisis drama Hamlet by William Shakespeare.

Sedangkan “analisa” adalah bentuk jamak dari kata analisis.

Jadi, ketika Anda merujuk ke lebih dari satu analisis, Anda bisa menggunakan kata “analisa”.

Contohnya:

» Setelah tiga ilmuwan berbeda menyelesaikan analisa data, hasil penelitian siap dipublikasikan.

» Teknisi x-ray dan tim dokter menyelesaikan analia terpisah dari gambar-gambar x-ray sebelum pasien diberitahu bahwa tulangnya patah cukup banyak.

» Ada beberapa analisa berbeda tentang kondisi ekonomi saat ini.

» Joni menghabiskan waktu satu minggu penuh bersama profesornya untuk menyelesaikan analisa data mengenai bakteri A.

Penggunaan Kata Analisis dalam Istilah

Seperti yang sudah dijelaskan, kata analisis sudah sangat biasa digunakan dalam berbagai bidang dan kalangan, termasuk bahasa dan bisnis.

1. Istilah Analisis dalam Bisnis
Analisis bisnis sendiri adalah serangkaian tugas dan teknik yang digunakan untuk bekerja sebagai penghubung di antara para pemangku kepentingan untuk memahami struktur, kebijakan, dan operasi organisasi, serta merekomendasikan solusi yang memungkinkan organisasi untuk mencapai tujuannya.

Berikut adalah daftar istilah yang menggunakan kata analisis dalam lingkungan bisnis:

» Analisis SWOT

SWOT adalah singkatan dari Strength (kekuatan), Weakness (kelemahan), Opportunity (kesempatan), dan Threats (ancaman).

Analisis SWOT adalah teknik perencanaan strategis yang digunakan untuk membantu seseorang atau organisasi untuk mengidentifikasi kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman yang terkait dengan persaingan bisnis atau perencanaan proyek.

» Analisis Pasar

Analisis pasar adalah kegiatan yang mengumpulkan informasi tentang industri, pelanggan, pesaing, dan variabel pasar lainnya.

Anda juga dapat menentukan hubungan antara penawaran dan permintaan untuk produk atau layanan tertentu.

Berdasarkan analisis ini, Anda dapat membuat keputusan yang lebih tepat tentang kemungkinan strategi pemasaran.

» Analisis Jabatan

Analisis jabatan atau disebut juga dengan analisis pekerjaan adalah proses sistematis yang digunakan untuk mengidentifikasi tugas, tanggung jawab, dan kondisi kerja, yang terkait dengan keterampilan kerja, pengetahuan, kemampuan, dan karakteristik lain yang diperlukan untuk melakukan suatu pekerjaan.

» CBAP

CBAP (Certified Business Analysis Professional) adalah sertifikat gelar yang diberikan kepada para profesional yang mengikuti dan lulus ujian CBAP.

2. Istilah Analisis dalam Bahasa
Analisis Bahasa adalah cara penulis menyampaikan makna melalui teknik bahasa, seperti kiasan, struktur kalimat, nada dan pilihan kata.

Dua istilah yang menggunakan kata analisis dalam bidang ilmu ini adalah:

» Analisis wacana: (disebut juga dengan studi wacana) adalah cara menguraikan penggunaan bahasa tertulis, vokal, atau isyarat, atau peristiwa semiotik yang signifikan.

» Analisis deduktif: metode analitik yang bertujuan untuk menguji kategori, konsep, model, teori atau hipotesis yang sudah ada ke dalam konteks baru dan dengan data baru.

Simak Juga: Pengertian Penelitian

Jika Anda berada di lingkungan orang-orang intelek, mengetahui pengertian analisis serta memahami perbedaan analisis dan analisa adalah hal yang cukup penting. Jadi, Anda dapat menggunakannya dengan benar, baik dalam berbicara maupun menulis.