Blog

Pohon Talok malah Berbagi untuk Burung-burung

Pohon Talok malah Berbagi untuk Burung-burung

Gampang menemukan pohon Talok atau Kersen atau Cerry, pun semainya (anakan) seringkali kita dapatkan pada talang air di atap rumah atau merekat pada retakan dinding rumah. Tantangannya yakni menemu-kenali macam macam burung yang mencecap nektar, menelan buah, atau sekadar berlindung di kerimbunan daunnya. Dari sekedar berselancar foto di web kumpulan foto biodiversitas Indonesia terbesar dikala ini, juga pada group facebook kelompok sosial Banten Wildlife Photographer, ditambah sedikit melirik web kelompok sosial pengamat burung di negara tetangga setidaknya tercatat enam keluarga macam burung yang merasakan buah imut berwarna merah diantara daun-daun hijau yang berambut ini: 1) keluarga PYCNONOTIDAE (diantaranya Kutilang dan Trocokan), 2) keluarga COLUMBIDAE (diantaranya Punai gading), 3) Keluarga ZOSTEROPIDAE (diantaranya Kacamata umum dan Kacamata limau), 4) Keluarga NECTARINIIDAE (diantaranya Burung-madu sriganti dan Burung-madu kelapa), 5) Keluarga DICAEIDAE (diantaranya Cabai jawa dan Cabai bunga-api), dan pun 6) Keluarga CUCULIDAE (diantaranya Tuwur asia). Sebagian macam, pun mungkin seluruh macam yang merasakan buah talok ini sepertinya juga penikmat buah salam.

Tidak cuma macam macam,  Sukma Ali (seorang fotographer dari kelompok sosial Banten Wildlife Photographer ) pun benar-benar bisa merasakan drama kehidupan pada pohon talok yang ada di halaman rumahnya. Deretan fotonya juga memancing kawan-kawan fotographer lain untuk ikut mendokumentasikan burung-burung yang menghuni pohon talok disekitar rumahnya. Berterima kawan-kawan ini memberikan ijin pada kita untuk ikut merasakan sebuah drama kehidupan di pohon talok pada halaman rumah mereka. jadi mari kita turut merasakan… semoga cukup jadi alasan buat kita turut menanam pohon talok di halaman rumah kita. Atau sekiranya masih beratensi dengan macam-macam pohon yang lain, silahkan lanjut mencari disini.

Induk Cabai jawa memanen buah talok

Hasil panen diberi ke salah satu si kecilnya

Hatinya babe juga ikutan panen di kebon tetangga @Robertus Prihandoko

Hatinya babe juga menyuapi si kecilnya

Sampai sang buah hati terkasih bisa memanen buah talok sendiri

…dan melanjutkan pengembaraannya ke kebon tetangga @Dedy Istanto

Berkenalan dengan kawan bagusnya si Burung-madu kelapa…@Dedy Istanto

Juga sahabat berbagi kenikmatan di pohon talok; si Punai gading

dan Trocokan… @Wisnu Prabowo

…pun dia juga meniru perkembangan jaman untuk berbagi cerita seputar kenikmatan buah talok dengan kawan-kawannya si burung kacamata limau di Nusa Tenggara

Ketika malam tiba…dia rehat dan membagi buah taloknya dengan mamalia yang juga dapat terbang…

Semoga kita-malah berkenan untuk terus berbagi …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *