Blog

Piramida Agung Giza 60 Fakta Menarik Untuk Membuat Anda Terpesona

Sama seperti Tujuh Keajaiban dunia zaman modern kita, ada Tujuh Keajaiban dunia kuno. Satu-satunya dari 7 keajaiban kuno yang sebagian besar berdiri utuh hari ini adalah Piramida Agung Giza yang meneriakkan kemahiran teknologi dan arsitektur Mesir kuno yang tetap tak tertandingi selama ribuan tahun. Nyatanya hanya manusia modern dengan segala peralatan dan teknologi canggihnya yang mampu mereplikasi piramida Giza. Keakuratan ilmiah yang ekstrim dari piramida sering melahirkan pertanyaan – “Apakah Piramida Agung Giza dibangun oleh orang Mesir atau apakah itu karya beberapa bentuk kehidupan di luar bumi, jauh lebih cerdas daripada orang-orang kuno?” Nah, karena kita tidak memiliki bukti alien bekerja, kita cukup senang untuk menerima bahwa orang Mesir kuno yang membuatnya.

Pada artikel ini kita akan melihat 60 fakta menarik Piramida Agung Giza dan dalam prosesnya melihat ke dalam ketepatan matematika yang menakjubkan yang dicapai. Namun, ada beberapa pertanyaan yang tidak dapat kami jawab – pertanyaan yang pernah diajukan oleh Erich Von Daniken yang terkenal. Kita akan membahas pertanyaan di akhir artikel ini tetapi sampai saat itu, mari kita pelajari tentang keajaiban kuno ini.

Fakta Menarik Piramida Agung Giza: . Menurut ahli Mesir Kuno, Piramida Agung Giza adalah sebuah makam, dirancang dan dibangun untuk Firaun Khufu dari Dinasti ke-4 Mesir.
2. Karena dibangun untuk Khufu, piramida ini juga dikenal sebagai Piramida Khufu .
3. Piramida Besar ini adalah salah satu dari 3 piramida yang dibangun di Giza dan merupakan yang terbesar dari semuanya. Selama 3.800 tahun berturut -turut , piramida ini tetap menjadi struktur tertinggi di dunia yang dibuat oleh manusia.
4. Dua piramida besar lainnya (tidak sebesar yang ini) dibangun untuk Firaun Menkaure dan Firaun Khafre.
5. Sejauh menyangkut ukuran Piramida Agung Giza, tinggi aslinya adalah 481 kaki atau 146,5 meter . Namun, karena erosi selama 3.800 tahun yang disebabkan oleh unsur-unsur alam seperti hujan dan angin, piramida kehilangan sebagian ketinggiannya dari puncak dan saat ini tingginya 455 kaki, yaitu 138,8 meter.
6. Para ahli mengatakan bahwa dibutuhkan sekitar 23 tahun untuk menyelesaikan struktur besar ini dan berat keseluruhan struktur diperkirakan sekitar 5,9 juta ton .
7. Basis Piramida Besar adalah bujur sangkar sempurna dan setiap sisi bujur sangkar berukuran 756 kaki . Basisnya membentang lebih dari 13 hektar tanah dan cukup besar untuk menampung hampir 10 lapangan sepak bola.
8. Setiap sisi piramida mencakup area seluas 5,5 hektar . Jadi untuk keempat sisinya, luas permukaan seluruhnya adalah 22 hektar.
9. Mulai hari ini, untuk mencapai puncak atau puncak piramida, Anda harus menaiki 203 anak tangga .
10. Pekerjaan konstruksi piramida ini dimulai pada c. 2580 SM dan selesai pada c. 2557 SM .

Fakta Menarik Piramida Agung Giza: . Para ahli memperkirakan bahwa hampir 2,3 juta balok batu telah digunakan untuk membangun struktur masif ini dengan berat rata-rata setiap balok batu adalah 7 ton . Beberapa balok batu seberat 30 ton dan beberapa beratnya lebih dari 50 ton.
2. Luas total yang dicakup oleh dasar piramida adalah 592.000 ft2 atau 55.000 m2.
3. Ketika piramida dibangun, seluruh struktur tertutup dengan apa yang dikenal sebagai batu selubung . Casing stone sebenarnya adalah batugamping yang dipoles dengan sangat baik.
4. Menurut para ahli, sekitar 144.000 batu selubung digunakan . Masing-masing batu selubung ini memiliki ketebalan hampir 100 inci .
5. Batu selubung ini juga sangat rata . Begitu datar sehingga dalam istilah matematika, keakuratan kerataan batu berada pada 1/100 atau 0,01 inci dari garis lurus sempurna . Berat rata-rata setiap batu selubung mencapai 20 ton.
6. Batu selubung sangat berkilau sehingga memantulkan sinar matahari sedemikian rupa sehingga seluruh struktur tampak seperti permata putih besar yang berkilauan di siang hari.
7. Hanya beberapa dari batu selubung ini yang tersisa hari ini di dekat dasar piramida. Sisanya dipindahkan setelah gempa besar yang terjadi pada abad ke-14 mengguncang piramida dan melonggarkan batu selubung .
8. Orang- orang Arab kemudian merobek batu selubung itu dan menggunakannya untuk membangun masjid .
9. Sejauh keindahan Piramida Agung diperhatikan dalam kemuliaan penuhnya, dikatakan bahwa batu selubung yang sangat dipoles berfungsi sebagai cermin raksasa , yang menyebabkan pantulan cahaya yang begitu kuat dan cemerlang sehingga pantulan itu dapat dengan mudah dilihat dari bulan. Yah, sama sekali tidak ada cara untuk memverifikasi ini.
10. Karena pantulan yang cemerlang dari batu selubung itulah Piramida Agung dinamai oleh orang Mesir sebagai ‘ Ikhet ‘ yang dalam bahasa Inggris berarti ‘ Cahaya Agung ‘.

Fakta Menarik Piramida Agung Giza: . Dikatakan bahwa desain konstruksi bola dan soket digunakan untuk fondasi landasan piramida untuk membantunya menghadapi gempa bumi dan pemuaian panas bumi .
2. Para ilmuwan telah dibuat bingung oleh mortar yang digunakan untuk pembangunan piramida. Mortar jauh lebih kuat daripada batu yang digunakan dan meskipun para ilmuwan telah benar-benar menganalisis komposisi kimia mortar, mereka belum dapat mereproduksinya .
3. Piramida Besar adalah satu-satunya piramida di dunia yang memiliki wajah sedikit cekung di keempat sisinya .
4. Fakta lain yang membingungkan adalah bahwa meskipun kita mengatakan bahwa Piramida Besar memiliki empat sisi, sebenarnya ia memiliki delapan sisi . Masing-masing dari empat sisi, ada lekukan presisi laser yang membagi setiap wajah menjadi dua bagian .
5. Dari tanah, pemirsa tidak akan melihat lekukan dan karenanya, mereka hanya dapat melihat empat wajah. Untuk melihat lekukan dan semua 8 wajah piramida , seseorang harus terbang ke udara dan itu juga ketika kondisi pencahayaan sempurna untuk membuat 8 wajah terlihat.
6. 8 wajah Piramida Besar hanya terlihat selama ekuinoks musim gugur dan ekuinoks musim semi saat fajar maupun saat matahari terbenam . Itu adalah saat-saat matahari memberikan bayangan pada piramida, membuat lekukan terlihat dengan jelas dari udara.
7. Di dalam piramida , suhu dipertahankan pada 20 derajat Celcius atau 68 derajat Fahrenheit. Suhu ini tidak pernah berubah dan sebenarnya sama dengan suhu rata-rata bumi .
8. Piramida Besar adalah yang terakhir dari tiga piramida yang dibangun oleh orang Mesir dengan pintu putar . Namun, pintu putar itu tidak lagi ada di piramida. Dua piramida lainnya dengan pintu putar adalah milik Sneferu – ayah Khufu dan Huni – kakek Khufu.
9. Menurut beberapa laporan, pintu putar Piramida Besar pernah memiliki berat 20 ton sebelum piramida dibobol untuk pertama kalinya. Menurut l
aporan itu, pintu itu bukan hanya pintu putar besar tetapi sangat seimbang dengan kecocokan yang begitu sempurna sehingga setelah ditutup, sangat sulit untuk mengetahui bahwa ada pintu di tempatnya dengan melihatnya dari bagian luar . Ini terjadi karena tidak ada celah atau retakan yang berarti yang dengan mudah memberikan lempengan batu seberat 20 ton itu sebagai pintu. . Meskipun pintunya sangat berat dan sangat sulit untuk dideteksi dari luar, pintu itu sangat mudah dibuka dari dalam dengan kekuatan yang sangat kecil. Itu bisa dengan mudah dibuka hanya dengan mendorong pintu dari dalam menggunakan tangan kosong.

Fakta Menarik Piramida Agung Giza: . Menurut para ahli, peti granit yang terletak di dalam Kamar Raja sangat besar sehingga tidak mungkin untuk membawanya ke dalam dari salah satu lorong piramida setelah pembangunan piramida selesai. Oleh karena itu, para ahli berpendapat bahwa peti itu sebenarnya ditempatkan di sana saat piramida sedang dibangun .
2. Analisis lebih lanjut dari peti mengungkapkan sesuatu yang sangat menarik. Semuanya terbuat dari satu blok granit . Untuk mencapai hal ini orang Mesir kuno akan membutuhkan sekitar 8 kaki sampai 9 kaki gergaji yang terbuat dari perunggu . Bukan hanya itu, gigi gergaji seharusnya memiliki safir yang dipasang untuk memotong granit.
3. Yang lebih membingungkan lagi adalah kenyataan bahwa mereka membutuhkan bor berbentuk tabung yang terbuat dari perunggu dan dilengkapi dengan batu safir untuk melubangi bagian dalam blok granit . Juga, bor ini seharusnya digunakan secara vertikal, mengerahkan setidaknya 2 ton kekuatan pengeboran .
4. Para ahli telah menempatkan peti di bawah mikroskop untuk mengetahui bahwa bor tubular perlu menjadi bor titik tetap , jika tidak, membuat peti dari satu blok grafit benar-benar tidak mungkin.
5. Piramida Agung Giza memiliki beberapa ilmu matematika, geologi dan astronomi yang luar biasa di dalamnya. Misalnya, jika massa total piramida dikalikan 10 pangkat 8 (10 8 ), yang sebenarnya kita dapatkan adalah massa yang sedikit lebih besar dari massa bumi.
6. Semua ukuran Piramida Agung Khufu berada di Piramida Inci . Bahkan peti granit yang ada di kamar Raja menggunakan satuan ukuran yang sama. Dasar peti memiliki keliling 135. inci piramida . Menggandakan nilai ini dan mengalikannya dengan 108 memberi kita jari-jari matahari , yaitu 427.316 mil.
7. Piramida Besar berada tepat di atas pusat massa daratan bumi atau pusat geografis bumi . Sumbu timur-barat piramida sesuai dengan paralel daratan terpanjang di bumi. Paralel ini melewati Asia, Afrika, dan Amerika. Di sisi lain dan, meridian darat terpanjang di bumi yang diketahui melewati Antartika, Europa, Afrika dan Asia juga berjalan langsung melalui piramida. Jadi, Piramida Agung Giza sebenarnya adalah tempat di mana paralel dan meridian saling berpotongan.
8. Apa kemungkinan Piramida secara tidak sengaja dibangun di pusat geografis bumi? Nah itu 1 dari 3 miliar (1 dibagi 3 miliar kemungkinannya) karena sebenarnya ada miliaran situs di planet bumi yang bisa menampung Piramida Besar.
9. Satu- satunya cara agar permukaan bumi dapat menahan beban berat Piramida Besar adalah jika ada gunung padat yang hanya terbuat dari batu terletak tepat di bawah piramida di bawah permukaan. Nah, itu sebenarnya apa itu! Sebuah gunung granit datar yang kokoh terletak tepat di bawah permukaan bumi tempat Piramida Agung berdiri .
10. Jika dibandingkan dengan bangunan Empire Estate , Piramida Besar 30 kali lebih besar dari bangunan. Dengan kata lain, total material yang digunakan untuk membangun Great Pyramid dapat digunakan untuk membangun 30 Empire Estate Buildings.

Fakta Menarik Piramida Agung Giza: . Kembali ke batu selubung yang kita bicarakan sebelumnya, masing-masing batu ini dipotong dengan sudut siku-siku yang hampir sempurna di keenam sisinya . Selain itu, masing-masing batu selubung ini ditempatkan dengan jarak 0,02 inci di antara mereka.
2. Kesenjangan ini tidak disengaja. Itu agak disengaja. Ruang atau celah antara dua batu selubung dimaksudkan untuk lem yang menahan batu selubung bersama -sama . Menariknya, teknologi abad ke-21 tidak mampu mencapai akurasi yang lebih besar dengan batu seberat 20 ton daripada yang telah dicapai dengan batu selubung Piramida Besar.
3. Oke, ini ada kejutan lagi. Ketinggian tanah rata-rata di atas permukaan laut adalah 5.449 inci . Pengukuran ini telah diberikan oleh komputer dan satelit modern. Menariknya, ketinggian persis piramida itu adalah 5.449 inci (bukan dalam inci piramida).
4. Seperti yang kami sebutkan sebelumnya, masing-masing dari empat sisi piramida cekung dan lekukan ini hanya terlihat dari udara. Namun kami tidak menyebutkan bahwa kelengkungan wajah cekung piramida persis sama dengan kelengkungan bumi .
5. Jika itu tidak cukup mengejutkan, inilah sesuatu yang lebih. Jika di setiap sisi piramida, kita mengukur alas dari sudut ke sudut sebagai garis lurus , kita mendapatkan 9.131 inci piramida . Untuk keempat sisi , ini akan mengukur 36.524 inci piramida (yang sebenarnya adalah keliling piramida). Nah, jika kita memindahkan titik desimal ke dua tempat ke kiri , yang kita dapatkan adalah 365,24 hasta piramida , yang merupakan panjang tepat tahun matahari menurut perhitungan modern .
6. Kita tahu bahwa (Pi) adalah hubungan universal antara diameter dan keliling lingkaran . Sekarang, jika keliling piramida dibagi dua kali tinggi puncak piramida , kita mendapatkan nilai 3.14159. Ini adalah. Kalau-kalau Anda bertanya-tanya, ketinggian sebenarnya dari Piramida Agung Giza (termasuk puncak yang sekarang hilang) adalah 5812,98 inci piramida .
7. Bukan berarti hanya ada dalam hubungan tinggi dan keliling piramida. Hal yang sama telah digunakan di banyak tempat di seluruh piramida. Bukan hanya Pi, Rasio Emas atau Phi, yang sama dengan 1,618 juga hadir dalam proporsi dasar Piramida Besar .
8. Cukup menarik, nilai fraktal kecepatan cahaya dalam ruang hampa juga dikodekan dalam struktur piramida . Ini adalah cara ilmiah untuk menjelaskan dalam artikel ini dan karenanya, kami akan melewatkan penjelasannya.
9. Piramida Besar sejajar dengan Utara Bumi yang sebenarnya (bukan Utara yang magnetis) dan kesejajaran ini sangat akurat dengan kesalahan hanya 3/60 satu derajat . Fakta yang diketahui bahwa posisi Kutub Utara bergeser dari waktu ke waktu dan karenanya, dapat disimpulkan bahwa ketika piramida dibangun, tidak ada kesalahan apa pun.
10. Mengingat sudut sisi piramida versus garis lintangnya, Piramida Agung tidak memberikan bayangan sama sekali selama tengah hari saat ekuinoks musim semi .

Fakta Menarik Piramida Agung Giza: . Menurut Egyptology alternatif , tiga piramida di Kompleks Piramida Giza (lihat # dan #4) sejajar atau diposisikan relatif terhadap posisi tiga bintang yang membentuk sabuk konstelasi Orion . . Robert Bauval yang pertama kali mengemukakan Teori Korelasi Orion menyatakan bahwa sama seperti tiga bintang di Sabuk Orion, ketiga piramida termasuk Piramida Agung Giza memiliki kemiringan ke arah barat daya .
3. Menurut Bauval, jika orientasi tiga piramida dalam kaitannya dengan sungai Nil sebenarnya menciptakan kembali orientasi tiga bintang Sabuk Orion ke galaksi Bima Sakti kita.
4. Bauval menyatakan bahwa penempatan ketiga Piramida serta ukurannya bukanlah akibat dari masalah geografis atau ego dari ketiga firaun tersebut, melainkan lebih merupakan rencana desain yang disengaja dan rumit untuk menciptakan kembali Sabuk Orion di Bumi.
5. Apa yang disebut Jalur Turun (yang turun dari pintu masuk asli piramida yang ditempatkan secara vertikal di atas permukaan tanah) diarahkan ke Alpha Draconis , yang dulunya adalah Bintang Kutub atau Bintang Utara selama c. SM . Sejak saat itu tidak ada bintang lain yang berada dalam keselarasan sempurna dengan Jalur Turun.
6. Poros selatan Kamar Raja menunjuk langsung ke Zeta Orionis atau Al Nitak – sebuah bintang di Sabuk Orion sekitar tahun 2450 SM.
7. Meskipun dikatakan bahwa Piramida Agung Giza seharusnya menjadi makam Khufu , sama sekali tidak ada indikasi bahwa tubuh firaun beserta kekayaannya dimasukkan ke dalam piramida . Peti granit atau sarkofagus di dalam kamar Raja tidak memiliki tanda-tanda yang menunjukkan bahwa itu benar-benar ditempati pada suatu saat.
8. Selain itu, tidak ada hieroglif yang ditemukan di dalam Piramida Agung kecuali beberapa di cat merah , yang sampai saat ini diketahui tidak asli . Dikatakan bahwa Kolonel Howard Vyse, yang sedang dalam perjalanan terakhirnya ke Mesir, terlalu ingin namanya terukir sebagai seorang Eyptologist, tetapi ketika dia menemukan bahwa piramida itu sama sekali tidak memiliki apa pun yang dapat disebut sebagai penemuan monumental, dia masuk ke dalam roh. batu atau lubang udara di atas Kamar Raja dan menggunakan cat merah untuk membuat beberapa hieroglif. Menariknya, simbol Ra – dewa Mesir yang terkenal itu sebenarnya salah dicat. Tidak ada orang Mesir yang begitu bodoh untuk mendapatkan simbol Ra salah.
9. Sama sekali tidak ada catatan yang ditemukan tentang Piramida Besar . Tidak ada artefak, tidak ada inventaris, tidak ada gambar atau gambar – tidak ada apa-apa . Orang Mesir dikenal karena meletakkan sejarah bergambar dari segala sesuatu seperti pertanian, kelahiran, kematian, doa, pengorbanan, tenun, pembalseman… mereka meninggalkan sejarah 3000 tahun untuk kita uraikan. Bagaimana bisa, mereka tidak meninggalkan catatan apapun tentang Piramida Besar dan dua piramida lainnya di kompleks Giza. Ini agak aneh!
10. Piramida Agung Giza begitu besar sehingga jika semua batu piramida diambil dan digunakan untuk membangun tembok, tembok setinggi 3 kaki dan tebal 1 kaki dapat dibangun di seluruh Prancis .

Benarkah Orang Mesir Membangun Piramida Agung Giza?
Itu adalah sesuatu yang monumental yang sedang kita bicarakan! Namun pertanyaan yang banyak diajukan hingga saat ini adalah ‘Apakah orang Mesir benar-benar membangun Piramida Agung Giza?’ Nah, ada beberapa masalah yang perlu kita hadapi jika kita percaya bahwa ya, orang Mesir membuatnya sekitar 4000 tahun yang lalu. Apa masalahnya? Mari kita lihat beberapa poin menarik yang ditanyakan oleh Erich Von Daniken dan beberapa orang lainnya dan itu benar-benar masuk akal.

Masalah Pertama : Butuh 23 tahun untuk menyelesaikan piramida (ada yang bilang butuh 30 tahun dan ada yang bilang butuh 20 tahun). Ada masalah kecil di sini. 2,5 Juta blok batu masing-masing dengan berat antara 7 dan 50 ton dan memiliki pemotongan presisi laser. Ini benar-benar akan mengambil 1 blok batu tersebut untuk menjadi fit setiap 2,5 menit selama 7 hari dalam seminggu dan 365 hari setahun terus menerus selama 23 tahun. Belum lagi, ada beberapa masalah serius dalam memotong batu dengan presisi ekstrim dan mengangkutnya dalam jarak yang signifikan dan kemudian menumpuknya di atas satu sama lain (masalah serius dalam menggerakkan balok batu sebesar itu). Berapa banyak pria yang dibutuhkan untuk bekerja? Mungkin jutaan orang. Sayangnya, total populasi seluruh planet pada masa itu berkisar antara 3 dan 7 juta. Bagaimana orang Mesir berhasil membuat begitu banyak orang bekerja sekaligus? Jadi, apakah orang Mesir benar-benar membangun Piramida Agung Giza. Kami sangat meragukan itu.

Masalah Kedua : Masalah selanjutnya adalah Pi dan Phi. Benarkah orang Mesir kuno tahu tentang nilai-nilai itu? Bahkan jika mereka melakukannya, menerapkan hal yang sama dalam struktur yang begitu masif dengan akurasi seperti itu benar-benar sesuatu yang tidak dapat diterima.

Masalah Ketiga : Masalah berikutnya adalah mengapa orang Mesir tidak meninggalkan catatan, tidak ada artefak, tidak ada hieroglif di Piramida Besar. Mereka adalah bangsa yang bangga dan suka pamer dan merekam segalanya. Piramida Besar pasti sesuai dengan tagihan tetapi kenapa mereka tidak meninggalkan catatan apa pun?

Masalah Keempat : Bagaimana orang Mesir kuno mengetahui Utara yang sebenarnya, pusat geografis bumi (seperti yang kami sebutkan sebelumnya bahwa kemungkinan membangun Piramida Besar di lokasi itu adalah 1 dari 3 miliar) dan bagaimana mereka memiliki pengetahuan tentang konstruksi bola dan soket untuk menangani ekspansi panas dan gempa bumi? Menemukan Utara yang sebenarnya berarti mengetahui bahwa bumi itu bulat. Konsep bumi bulat sebenarnya adalah konsep yang baru berumur beberapa ratus tahun. Parahnya lagi, masih banyak orang yang masih percaya dan berpendapat bahwa bumi itu datar (teori bumi datar).

Masalah Kelima : Piramida mengkodekan kecepatan fraktal cahaya, pengukuran yang tepat dari kelengkungan dan jari-jari bumi, jari-jari matahari , tinggi rata-rata benua, suhu rata-rata bumi dan informasi geologi, matematika dan astronomi lainnya. Budaya yang begitu kuno mengetahui semua informasi ini dan benar-benar menyatukannya dalam satu struktur adalah sesuatu yang sulit dicerna bahkan dengan pil pencernaan paling efektif yang pernah dibuat oleh sains.

Jadi, apakah orang Mesir benar-benar membangun Piramida Agung Giza atau adakah budaya kuno dan sangat maju lainnya yang entah bagaimana musnah dari muka bumi di balik mega struktur ini? Atau, apakah itu pekerjaan kekuatan supernatural atau mungkin kecerdasan luar angkasa? Siapapun yang membangun Piramida Agung Giza pasti memiliki pengetahuan yang sangat maju. Sedemikian majunya bahkan dengan teknologi modern abad ke-21, umat manusia belum berhasil mereplikasi Piramida Agung Khufu dengan presisi seperti itu. Ada terlalu banyak misteri tentang piramida dan kita mungkin tidak akan pernah bisa memecahkannya. Atau, akankah suatu hari nanti kita memecahkan kode misteri? Bagaimana menurut anda?

Sumber: 1 , 2 , 3 , 4 , 5 , 6 , 7 , 8 , 9 , 10 , 11 , 12

Apa pengusir kucing buatan sendiri yang bagus? Apa pengusir kucing terbaik untuk taman? Apa yang akan dilakukan cuka pada tanaman? Apa yang beracun bagi anjing dan kucing? Apa yang terjadi jika Anda makan Jade? Apa yang terjadi jika kucing Anda memakan tanaman giok? Apakah ada sukulen yang beracun bagi kucing? Apakah ada sukulen yang beracun? Apakah Aloe Vera Gel beracun bagi kucing? Apakah batu giok hijau beracun? Apakah batu giok putih beracun? Apakah cabai rawit menjauhkan kucing? Apakah cabai rawit menyakiti sukulen? Apakah cuka berbahaya bagi sukulen? Apakah Gollum Jade beracun? Apakah Jade aman di dalam air? Apakah Jade aman untuk dimasukkan ke dalam air? Apakah Jade beracun bagi manusia? Apakah Jade tanaman indoor yang bagus? Apakah kaktus beracun? Apakah kucing suka bau lavender? Apakah kucing tertarik pada tanaman batu giok? Apakah lavender beracun bagi kucing? Apakah lidah buaya beracun? Apakah minyak lavender aman untuk dicium kucing? Apakah Pilea aman untuk kucing? Apakah semua sukulen bisa dimakan? Apakah Succulents aman untuk anjing dan kucing? Apakah Succulents kucing aman? Apakah succulents tanaman indoor yang baik? Apakah sukulen kaktus aman untuk kucing? Apakah sukulen tongkat api beracun? Apakah tanaman giok baik untuk kesehatan? Apakah tanaman giok beracun bagi hewan peliharaan? Apakah tanaman giok beracun bagi kucing? Apakah tanaman giok Gollum beracun bagi kucing? Apakah tanaman giok hipoalergenik? Apakah tanaman giok merupakan pembersih udara? Apakah tanaman giok tanaman indoor atau outdoor? Apakah tanaman lidah buaya beracun bagi anjing? Apakah tanaman uang Cina beracun bagi kucing? Apakah tanaman uang Cina beracun? Apakah untaian pisang beracun bagi kucing? Bagaimana Anda menghentikan kucing saya memakan tanaman saya? Bagaimana Anda menjauhkan kucing dari sukulen? Bagaimana Anda menjauhkan kucing dari tanaman Anda? Bagaimana jika anjing saya memakan tanaman giok? Bagaimana jika kucing saya makan lidah buaya? Bau apa yang dibenci kucing? Bisakah Anda alergi terhadap tanaman giok? Bisakah Anda memiliki tanaman dengan kucing? Bisakah Anda menaruh sukulen asli di atas kue? Bisakah Anda menggunakan gel lidah buaya pada kucing? Bisakah kucing berada di sekitar lavender kering? Bisakah saya meletakkan tanaman giok saya di luar? Bisakah tanaman giok membuat Anda sakit? Di mana Anda harus meletakkan tanaman giok di rumah Anda? Mengapa kucing saya memakan pohon uang saya? Mengapa kucing saya terobsesi dengan makan tanaman? Racun apa yang bisa menyebabkan gagal ginjal pada kucing? Racun apa yang menyebabkan penyakit ginjal pada kucing? Seberapa beracun tanaman batu giok? Tanaman apa yang menyebabkan gagal ginjal pada kucing? Toksisitas tanaman apa yang menyebabkan gagal ginjal?